Aktris, penyanyi, penulis skrip, sekaligus sutradara asal Prancis, Jeanne Moreau pernah bilang, "To go out with the setting sun on an empty beach is to truly embrace your solitude". Pantai memang memiliki banyak hal khas yang mudah dirindukan. Pasir putihnya, desiran ombaknya, suara percikannya, apalagi sunset-nya entah kenapa, seperti punya 'kekuatan' magis untuk membawa kita keluar sejenak dari zona kepenatan sehari-hari ke zona rileks yang paling tidak, bisa membuat kita menyunggingkan senyum.

Kalau ke pantai, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah foto-foto. Setiap sisi dan sudutnya, layak diabadikan melalui foto, baik sendirian, maupun bersama teman-teman untuk mengabadikan persahabatan atau orang-orang tersayang untuk mengabadikan momen. Agar masa-masa tersebut tak lekang dari memori. Berikut beberapa ide berfoto yang mungkin bisa kamu coba di liburan selanjutnya.

1. Sunset Silhouette

Sunset Silhouette via http://favim.fr

Tema ini harus kamu lakukan saat matahari mulai terbenam. Mengambil prinsip backlight dari sinar matahari yang berwarna kuning keemasan, kamu tinggal mengatur posisi dan angle yang pas untuk menghasilkan siluet yang apik! Bisa dengan melihat ke samping, sehingga siluet wajah terlihat jelas. Berdiri bersama teman-teman, atau bahkan melompat bersama.

2. Sandy Foot Print

Sandy Footprints via http://fineartamerica.com

Meskipun tidak sespesifik sidik jari, telapak kaki kamu juga unik-unik loh bentuknya. Tema yang ini paling cocok dilakukan di tepi garis pantai yang baru saja dibasahi arus ombak karena lapisan pasirnya yang masih lunak. Cukup pijakkan kaki kamu cukup dalam di pasir yang masih lunak dan voila, sekarang telapak kaki kamu sudah tercetak di pasir. Tambahkan hiasan berupa kerang-kerang atau batu laut, lalu abadikan dengan jepretan kamera.

3. Foot Steps

Advertisement

Serupa dengan tema sebelumnya, namun kali ini, melangkahlah di sepanjang garis pantai. Agar lebih artistik, bentuklah pola-pola langkah kaki secara acak, mulai dari yang jaraknya pendek-pendek, hingga yang jaraknya jauh-jauh. Ambilah angle dimana cahaya matahari atau birunya pantai masih tertangkap oleh kameramu.

4. Friendship on Sand

Feet on Beach via http://www.dreamstime.com

Kalau kebetulan kamu berkunjung bersama teman-teman, ajak teman-temanmu berkeliling membentuk lingkaran. Di tengah lingkaran, kamu bisa menuliskan kata "friendship" atau "persahabatan". Selanjutnya tinggal foto dengan fokus ke bagian tengah lingkaran.

5. Air Jump

Jumping with Joy via http://www.flytographer.com

Tema yang ini susah-susah gampang, karena momen dan posenya benar-benar harus pas. Ajak teman-temanmu berbaris, lalu dengan aba-aba, melompat setinggi-tingginya untuk kemudian dicapture oleh kamera. Hasil jepretan yang pas adalah ketika posemu seolah melayang di udara. Eits, dan jangan lupa tersenyum agar hasilnya lebih oke. 🙂

6. Sand Drawing

Sand Drawing via http://kristigriem.com

Kalau kamu jago menggambar, kamu bisa mencoba sand drawing. Semakin rumit gambarnya, semakin bagus untuk di foto. Tapi kalau kamu tidak terlalu jago menggambar, jangan khawatir! Kamu bisa menulis kata atau quotes yang bikin semangat. Foto, lalu letakkan di meja kerjamu untuk menyemangati hari.

7. Sand Bury

Selain ditulis-tulisi, gunakan pasir untuk mengubur temanmu, lalu kreasikan menjadi bentuk-bentuk yang lucu, seperti putri duyung, kadal, atau octopus. Berekspresilah, agar fotomu semakin menarik dan unik untuk dikenang.

8. Alphabet

Beach, group, ocean via http://favim.com

Tema ini paling cocok digunakan untuk berfoto keroyokan. Semakin banyak orangnya, semakin panjang kata-kata yang dapat kamu buat. Tapi efeknya, foto yang diambil semakin jauh jaraknya. Berfoto dengan 5-8 orang membuat sebuah kata penyemangat atau jargon gank, mungkin bisa dipertimbangkan. Agar foto yang diambil tidak terlalu jauh, sehingga wajah kamu dan teman-temanmu tetap terlihat jelas.