Membahas tempat wisata mungkin banyak dari kita yang tidak memasukkan kota Jakarta sebagai destinasi wisata yang akan kita tuju. Bandung, Pucak Bogor, Jogja dan tempat-tempat lain di luar Jakarta-lah yang masih favorit dari kebanyakan kita.

Padahal kita tidak perlu jauh-jauh dan menghabiskan banyak waktu di perjalanan, bermacet-macet ria dan tidak perlu berburu tiket murah ditengah malam. Karena di Jakarta pun banyak tempat-tempat indah yang sangat harus kita kunjungi. Kepulauan Seribu.

Apalagi untuk kamu pecinta laut, mau snorkeling atau diving di tempat bagus tapi waktu liburan dan bugdet yang sangat minim. Disinilah jawabannya.

Agar kamu tidak penasaran berikut tempat wisata-wisata Jakarta yang wajib kamu kunjungi:

 

1. Pulau Tidung

jembatan cinta

jembatan cinta via https://www.google.co.id

Pulau tidung terkenal dengan Jembatan Cinta yang menghubungkan Tidung Besar dan Tidung Kecil. Konon pasangan yang melompat bersama dari atas jembatan ini akan langgeng hingga ajal memisahkan. Tempat ini juga menjadi tempat uji nyali bagi anda yang berani lompat dari ketinggian kurang lebih 6 meter dari atas permukaan laut. Apakah anda berani ?

2. Pulau Pari

pantai perawan

pantai perawan via https://www.google.co.id

Pulau Pari yang pada awalnya tidak berpenghuni, kini menjadi salah satu primadona wisata di Kepulauan Seribu dengan pantai indahnya Pasir Perawan. Pulau Pari juga menjadi sentra budidaya rumput laut yang menopang kehidupan warga, serta terdapat tempat penelitian biota laut yang disebut LIPI.

Ragam kegiatan bisa dilakukan di Pulau Pari, seperti menikmati hangatnya sunrise untuk memulai hari Anda, lalu lanjut bersnorkeling melihat indahnya gugusan karang bawah laut. Setelah beristirahat sejenak, Anda bisa bersantai dengan sepeda menuju Pantai Pasir Perawan yang hanya berjarak 5 menit dari penginapan, bermain voli atau sekedar menikmati kesegaran es kelapa muda di sebuah kafe sederhana, dan semburat cahaya kemerahan langit saat sunset di Pantai Pasir Perawan akan menjadi saat tak terlupakan dalam liburan Anda.

3. Pulau Pramuka

bawah laut pramuka

bawah laut pramuka via https://www.facebook.com

Di pulau ini terdapat sarana edukasi fauna yaitu pelestarian penyu Sisik yang saat ini jumlahnya sangat sedikit, dan disini kita dapat bermain serta berfoto dengan penyu. Sarana di Pulau Pramuka cukup memadai, mulai dari masjid, rumah sakit, sekolah, dermaga, TPI (Tempat Pelelangan Ikan), villa dan penginapan bagi wisatawan.

Keindahan panorama bawah laut di Pulau Pramuka sangat cocok bagi yang mencintai dunia laut, karena terumbu karang, dan ikan-ikan hias di sini sangat memikat mata hati pecintanya. Yang tidak kalah menariknya, kita dapat melihat langsung monumen bawah laut beserta terumbu karang buatan manusia yang memperindah pemandangan pesona Pulau Pramuka.

4. Pulau Harapan

pulau gosong, pulau harapan

pulau gosong, pulau harapan via https://www.google.co.id

Pulau ini masih jarang tersentuh oleh wisatawan ini memang terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang membuat pecinta bawah laut ingin berlama-lama menghabiskan waktunya di pulau ini. Selain itu, pesisir pantai yang bersih serta pemandangan indahnya membuat kita lupakan penatnya kehidupan kota.

Di pulau Harapan juga terdapat penangkaran Elang Bondol dan kita bisa melihat uniknya salah satu jenis elang yang benar-benar dijaga kelestariannya ini. Apabila berkunjung ke Pulau Harapan, kita juga bisa mengeksplor lebih jauh dengan mengunjungi pulau Bira, pulau Bulat (yang konon katanya pulau ini memang berbentuk bulat), pulau Magaran dan pulau Putri yang letaknya tidak jauh dari pulau Harapan.

 

5. Pulau Bidadari

pulau bidadari

pulau bidadari via https://www.google.co.id

Pulau Bidadari, merupakan pulau resort yang paling dekat dengan Jakarta, dimana jarak tempuh dari Jakarta sampai tujuan hanya 20 menit dengan menggunakan speedboat. Dan dikelilingi oleh beberapa pulau yang mempunyai nilai sejarah dari jaman dulu sampai dengan sekarang.

6. Pulau Macan

resort pulau macan

resort pulau macan via https://www.google.co.id

Pulau Macan, merupakan salah satu pulau resort yang masih alami, dengan desain cottages yang alami dan menyatu dengan alam sehingga sangat nyaman sekali bagi pasangan, keluarga atau bagi perusahaan – perusahaan yang ingin mengadakan gathering atau liburan akhir tahun.

7. Pulau Pantara

pulau pantara

pulau pantara via https://www.google.co.id

Pulau Pantara, merupakan salah satu pulau dikepulauan seribu yang mempunyai keindahan bawah laut dan darat yang yang tidak kalah dengan beberapa kepulauan yang lain yang ada dikepulauan seribu. Dengan fasilitas dan pelayanan sekelas hotel mewah yang ad adi Jakarta membuat Pulau Pantara merupakan salah satu primadona bagi para wisatawan yang menginginkan liburan dipulau tanpa harus menempuh jarak yang cukup jauh dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

8. Pulau Pelangi

pulau pelangi

pulau pelangi via https://www.google.co.id

Pulau pelangi, merupakan salah satu kepulauan seribu yang terletak di sebelah utara pantai Jakarta yang terdiri dari 110 pulau yang membentang sepanjang 45 km sebelah utara ke laut Jawa. Pulau Pelangi didirikan pada tahun 1990 sebagai salah satu resort pribadi yang memiliki beberapa jenis resort/ bungalow yang cocok untuk berlibur dan tidak jauh dari Jakarta, sekitar 90 menit dari kota Jakarta yang ramai.

 

Nah, itulah 8 tempat wisata bahari di Jakarta yang  sangat direkomendasikan bagi kamu travelers yang tidak memilik banyak waktu liburan. Semoga kamu baik-baik selalu, dan ingat! Jangan melakukan hal yang membahayakan atau merusak apapun. Kamu boleh selfie atau foto-foto, tapi ingat bahwa tempat wisata bukan milikmu saja. Ada orang lain disekitarmu, jadi jangan egois ya…Selamat MENIKMATI. 

Oh ya, bila kamu punya rekomendasi lain, silahkan share di kolom komentar :)