Salatiga, kota yang terletak persis di bawah lereng Gunung Merbabu. Salatiga menjadi kota yang sejuk dan dingin. Kota yang berjarak 49 km dari selatan Kota Semarang dan 52 km dari utara Kota Surakarta.

Kota Salatiga hanya memilik 4 kecamatan, yaitu Argomulyo, Tingkir, Sidomukti, dan Sidorejo. Walau sebagai kota kecil dan sederhana, Salatiga juga tidak kalah dalam menawarkan beberapa keindahan untuk dijadikan tempat wisata bagi keluarga. Supaya kalian nggak penasaran, yuk kita lihat beberapa tempat wisata yang patut kamu coba saat berada di kota ini.

1. Sendang atau Mata Air Senjoyo

Mata Air Senjoyo via https://dennypedia.com

Sendang atau Mata Air senjoyo memang sudah nggak asing lagi bagi penduduk lokalnya sob, mungkin karena harga yang bersahabat. Tempat wisata ini dapat dinikmati berbagai kalangan. Wisata air ini cocok bagi tempat bermain anak dan keluarga, selain suasananya yang sejuk, Senjoyo juga menawarkan kejernihan airnya. Wisata ini terletak di jalan Senjoyo, Gendongan, Tingkir, Kota Salatiga. Jadi, nggak ada salahnya kok jika kalian yang sedang berada di Kota Salatiga untuk mengunjungi Sendang Senjoyo.

2. Wisata Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening via http://hellosemarang.com

Wisata Bukit Cinta adalah salah satu wisata yang ada di Kota Salatiga, lokasinya hampir berdekatan dengan Rawa Pening, ini cukup menjanjikan deh buat kalian para wisatawan. Ehm, ehm, walau namanya cukup membawa sebuah keharmonisan, tapi sobat jangan salah tafsir ya. Karena mitos yang beredar, jika kalian membawa pacar atau pasangan yang belum sah, maka konon hubungan kalian akan berakhir.

Advertisement

Wisata ini cocok deh buat keluarga, dengan suasana yang sejuk, indah, kalian bisa merasa nyaman dengan keasriannya.

3. Kolam Renang Kalitaman

Kolam Renang Kalitaman juga salah satu wisata di Kota Salatiga, tempat wisata ini juga cocok buat keluarga khususnya anak-anak, tempat liburan atau menghabiskan libur akhir pekan.

Kolam Renang Kalitaman memang seadanya, tapi cocok buat menghibur si buah hati untuk berlibur. Selain harga yang bersahabat, cuacanya juga cukup sejuk. Kolam Renang Kalitaman termasuk wisata tertua lho sob, wisata kolam renang pertama di Kota Salatiga.

4. Wisata Arrowhead Park

Arrowhead Park via http://www.kotasalatiga.com

Arrowhead Park juga merupakan wisata selanjutnya di Salatiga, lokasi wisata ini berada di tengah-tengah Desa Tegal Waton atau persis di depan pacuan kuda Salatiga. Wisata ini juga dikelilingi deretan gunung, jadi menambah nyaman suasana dengan sejuknya udara yang bebas polusi serta staf-staf handal yang mampu memanjakan dalam berkuda. Wisata ini memang ekstrim, bagi kalian yang ingin menguji adrenalin, kamu bisa mencoba datang ke Arrowhead Park. Berkuda ala koboy dan berkuda ala profesional.

5. Objek Wisata Alam Merbabu

Jika anda hobi mendaki, coba kalian taklukkan keindahan Gunung Merbabu. Di sini kalian bisa menikmati indahnya pemandangan, indahnya lampu-lampu Kota Salatiga saat malam. Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung paling indah di Indonesia, suasana yang asri serta sejuk membuat kalian selalu ingin kembali lagi. Pokoknya kalian nggak akan kecewa deh saat berada di puncak Gunung Merbabu, tapi jangan lupa ya buat siapin fisik yang kuat, karena ketinggian Gunung Merbabu ini lebih dari 3000 meter lho, jadi cukup sulit untuk mendakinya.

6. Wisata Kopeng

Wisata Kopeng, Kota Salatiga memamg indentik dengan nama ini, letaknya yang berada di perbatasan antara Magelang dan Salatiga, menjadi daya tarik sendiri. Beragam hiburan membuat anda tidak mau untuk segera pulang. Jika kalian kenal dengan kawasan Puncak di Bandung, maka Kopeng pun sama. Suasananya asri, sejuk, serta dingin saat malam. Jadi, disarankan jika anda yang ingin menginap dan menyewa villa, sebaiknya memilih yang ada fasilitas penghangatnya. 

Di sini anda dapat melihat pemandangan yang asri dengan pohon pinus, game, camping serta membeli bunga sebagai oleh-oleh. Letaknya yang persis di lereng Gunung Merbabu, membuat anda merasa nyaman dan segar. Jadi, nggak ada salahnya kan jika anda mencobanya.

7. Wahana Atlantic Dreamland

Atlantic Dreamland via http://www.akcayatour.com

Wahana ini sangat cocok untuk keluarga yang wajib anda kunjungi. Tempat bermain yang sangat memanjakan anak anda, dengan fasilitas seperti wahana kolam renang, waterboom, water toys, jet coaster, circular track, bom-bom car, game center, dan lainnya. Miniya Ancol yang terletak di jalan Soekarno-Hatta ini sangat ramai didatangi pengunjung lokal maupun luar daerah, terlebih saat hari libur. Banyaknya permainan yang sangat memanjakan, bisa-bisa membuat anak anda ingin dan ingin lagi berkunjung. Suasana di tempat ini sejuk, bersih, dan toilet yang bersih serta restoran dengan harga terjangkau. Jadi, wahana ini sangat dianjurkan buat anda dan keluarga.

8. Wisata Kuliner

Setelah anda merasakan wisata dalam hal pemandangan, anda juga dimanjakan dengam wisata kuliner di Kota Salatiga. Jika anda ingin menikmati hidangan kuliner khas Salatiga, anda bisa langsung ke Jalan Jendral Sudirman atau di Jalan Fatmawati. Di sana anda akan dimanjakan dengan beragam kuliner dengan harga yang cukup terjangkau.

Anda juga bisa mencicipi makanan ringan khas Salatiga atau bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh. Jadi, jika anda yang sedang berada atau sedang melintasi Kota Salatiga, nggak ada salahnya kok sekedar singgah dan menikmati kuliner di kota ini.

 

Seru ya sepertinya jalan-jalan ke Kota Salatiga. Kalau ada waktu libur pasti langsung jadi daftar tunggu destinasi selanjutnya.