Selain dikenal dengan drama-dramanya yang bikin baper, Korea Selatan juga dikenal dengan variety show-nya yang bagus-bagus. Salah satunya adalah Running Man. Sejak tayang tahun 2011 lalu, hingga sekarang Running Man sudah mencapai hampir 300 episode. Running Man tidak hanya populer di Asia, namun juga dikenal di luar Asia. Variety show ini menampilkan beberapa permainan yang dilakukan individu, maupun pertim. Selain konsep misi yang seru, para member Running Man yang kocak juga membuat acara ini layak tonton. Selain itu, ada beberapa alasan lain untuk menyukai tontonan ini. Cekidot guys...
 

1. Sarana Tertawa Lepas, Penghibur Diri

Berada dalam satu tim denganmu semua sempurna, terkecuali wajah kamu. Glek, ini lagi memuji atau menghina :v via http://kaktusoais.blogspot.com

Bagi para mahasiswa atau yang sudah bekerja banyak menjadikan Running Man sebagai tontonan wajib untuk menghilangkan stress. Dalam setiap episodenya ada saja scene yang menampilkan ulah konyol para member atau celetukannya yang mengocok perut. Jae Suk yang banyak omong, Kwang Soo dengan dancenya yang aneh, Haha dengan sifatnya sebagai playboy dan kekanak-kanakan, Ji Hyo dengan quick temper-nya, Jong Kook yang sangat kuat namun lemah dihadapan guest perempuan, dan banyak tingkah aneh lainnya yang dijamin bikin kita tertawa lepas.

Aku udah download running man nih, mau nonton ga?. Mayan buat pelarian diri sementara dari skripsi 😀

2. Menjadi Diri Sendiri

Peacefull icon via http://okepop.com

Advertisement

Bagi yang sering nonton Running Man pasti hafal dengan keunikan masing-masing member. Ya, entah itu sudah diatur atau tidak yang jelas mereka benar-benar sudah melekat dengan ciri khas tersebut, dan tentunya tidak pernah tertukar. Dalam perjalanan misi yang harus mereka lalui, secara tidak sadar karakter dari masing-masing member ini terbentuk. Sebut saja salah satu member yaitu Kang Gary. Gary dikenal dengan wajahnya yang datar dan tanpa ekspresi, peacefullness. Justru karena keunikannya, Gary yang berwajah datar ini sering memenangkan misi photoshoot.

Gary adalah member yang kadang lambat dalam membaca instruksi atau memecahkan misi. Selain itu Gary juga member yang paling tidak bisa berbohong karena ia tidak akan bisa menyembunyikan rahasia dari member lain. Keunikan ini diangkat menjadi sebuah episode yang menjadikan Gary sebagai fake spy. Padahal dalam misi ini para member yang lain sudah mengetahui misi yang diberikan kepada Gary. Jadilah Gary berusaha yang menyembunyikan identitasnya sebagai spy, dan ekspresinya yang aneh membuat member yang lain tidak tahan menahan tawa.

Gary yang cenderung lambat dalam membaca misi tidak berusaha menjadi seperti member lain seperti Kim Jong Kook yang selalu berambisi. Ya, disini kita belajar bagaimana kelemahan menjadi keunikan bahkan kelebihan :D.

3. Solidaritas dan Respect Sesama Member

Forgive me nuna 😀 via http://kaktusoais.blogspot.com

Setiap misi yang diberika menuntut para member untuk bersaing dengan member lain dan tak jarang adu kekuatan fisik. Nah, dalam adu fisik biasanya ada saja member yang jatuh secara tidak sengaja atau bahkan kadang kelihatan jatuh dengan keras. Walaupun mereka bersaing, tetap saja setelah itu mereka saling memeluk dan meminta maaf.

Terkadang juga ada adegan yang tidak sopan untuk dilakukan oleh member yang lebih muda kepada yang lebih tua, oleh karena itu mereka selalu mengakhiri adegan tersebut dengan meminta maaf. Di sini terlihat sekali respect diantara mereka.

4. Ikatan Partner yang Sudah Seperti Keluarga

Running Man sudah melalui lebih dari 200 episode dan sudah berjalan selama 6 Tahun. Sepanjang waktu tersebut tentu intensitas pertemuan antar member juga sering. Tidak heran jika kemudian mereka tampil lebih seperti keluarga. Alasan tersebutlah kemudian para fans memberikan nama tersendiri untuk para member yang terlihat dekat. Seperti hubungan Ji Hyo dan Kwang Soo yang seperti hubungan kakak-adik yang dikenal dengan sebutan Kwangmongsiblings.

LKS : Noona! Noona!!
SJH : Kwang Soo-yah!
LKS : I missed you!!
(hug)

5. Berlapang Dada Menerima Kekalahan

The winner is ….. via http://kaktusoais.blogspot.com

Setiap episode Running Man biasanya terdiri dari beberapa misi yang harus dilewati para member. Jadi member yang memenangkan beberapa misi di awal belum tentu adalah pemenang di misi akhir. Apalagi salah satu tim atau member kadang melakukan tak tik licik atau bahkan menipu yang lain, dan itu dihalalkan di Running Man. Ketika tim yang tidak disangka-sangka memenangkan misi akhir, maka member yang lain harus menerima dengan lapang dada. Ini terlihat dari mereka yang selalu memberikan apreseasi dan ucapan selamat kepada member yang menang di akhir acara.

6. Belajar Kompetitif, Negosiasi dan Menciptakan Strategi

Jongkook’s Strategy via http://2.bp.blogspot.com

Tidak peduli betapa mustahilnya misi yang harus dilewati, para member terlihat sangat bersaing dengan sekuat tenaga. Terkadang juga adu taktik. Ya, di Running Man tidak hanya kekuatan fisik yang di adu, tetapi juga ketepatan strategi yang diambil oleh masing-masing member. Jika ada misi yang kelihatannya tidak bisa dipecahkan sendiri maka mereka kadang juga bergabung dengan member lain untuk bekerja sama. Walaupun di akhir nanti tetap hanya ada satu pemenang.

7. Menjadi Wanita Pemberani dan Pejuang

Tidak Menyerah via http://4.bp.blogspot.com

Nah, untuk caption satu ini Ji Hyo nuna adalah iconnya. Sebagai satu-satunya member perempuan, Ji Hyo malah bukan member yang bisa dianggap enteng. Selain kekuatannya yang setara dengan kekuatan member pria, Ji Hyo juga pintar membaca misi sehingga disebut ace-nya Running Man. Ketimbang dianggap sebagai perempuan yang lemah, Ji Hyo malah sering tampil kompetitif dan mengalahkan member lain.

Pada episode awal-awal Ji Hyo masih menggunakan make-up, namun akhir-akhir ini dia lebih tidak peduli tampil polos. Kenaturalannya malah membuat dia terlihat lebih cantik. Dan tentu saja dia sering memenangkan misi hingga akhir.

8. Kerjasama Antar Anggota Tim

Running Man Teamwork via http://1.soompi.io

Selain pertarungan individu, juga ada pertarungan tim yang dibagi menjadi beberapa orang. Disini dapat dilihat kerjasama mereka dalam tim untuk menyelesaikan misi. Bahkan ada misi yang memang mengandalkan kekompakan tim.

9. Totalitas

Setiap minggu Running Man selalu muncul dengan misi yang sangat beragam. Tak jarang, misi tersebus dikemas dengan tema unik yang tentu memerlukan properti yang tidak main-main pula. Sebagai contoh : pada episode Superhero, para member benar-benar tampil seperti Superhero yang ada di film, make-up yang sempurna sehingga para member juga bertingkah seperti Superhero yang dimaksud. Pemberitahuan misi lewat hologram juga terlihat sangat keren.

Pada episode yang mengangkat tema Sherlock Holmes syuting diadakan pada sebuah kapal pesiar yang besar, dan para member memakai kostum detektif ala sherlock holmes. Episode lain yang misinya berlokasi di swimming pool, biasanya telah disiapkan tiang-tiang besi besar tempat misi berlangsung. Bahkan beberapa episode yang berlokasi di luar negeri juga menampilkan konsep yang matang.

Selain totalitas PD (Production Team) dan pemain, kinerja VJ yang mendampingi setiap member ketika syuting juga patut diacungi jempol. Dari salah satu sumber diketahui bahwa total VJ yang terlibat dalam satu kali syuting Running Man yaitu tidak kurang dari 20 VJ. Para VJ juga terlihat maksimal berlari disamping member pada setiap misi yang mengedepankan adu kecepatan. Selain itu gambar juga diambil dari atas menggunakan helikopter.

Terlihat sekali, betapa para tim produksi berusaha maksimal dalam setiap episode yang ditampilkan di Running Man. Point ini mungkin perlu di contek oleh para produksi di TV-TV kita 🙂

Nah, itulah beberapa alasan mengapa harus menyukai Running Man. Ada 7+ alasan, angka 7 sendiri adalah jumlah member Running Man :).