“Dulu waktu gue masih sekolah sama kuliah, makan banyak badan tetep langsing. Kok sekarang body jadi blewer gini, ya.”

Pernahkah kamu mengucapkan hal ini pada dirimu sendiri atau sekadar bergumam dalam hati?

Tak bisa disangkal lagi kalau laju pertambahan lingkar perutmu sering tak kamu sadari. Akibatnya, kamu baru merasakan dampaknya saat celana atau baju terasa sesak. Atau ketika kamu tak mampu lagi melihat ujung jempol kakimu saat berdiri tegak. Sebenarnya apa sih yang membuat kamu makin tambun di usia produktif?

Sembilan alasan yang Hipwee kemukakan ini tentu jadi jawaban sahih dari pertanyaan tersebut :

 

1. Wah, Metabolisme Tubuhmu Melambat !

Makin tua, tubuhmu makin tak perkasa.

Makin tua, tubuhmu makin tak perkasa. via http://cbsnews.com

Metabolisme tubuhmu tidak seprima dulu kala kamu masih dalam proses menuntut ilmu. Metabolisme tersebut jadi kian melambat seiring dengan bertambahnya usia. Tubuhmu jadi tidak memiliki kemampuan yang maksimal untuk membakar kalori. Kalau dalam 1 tahun saja kamu mengalami kenaikan berat badan sebanyak 1 kg, dalam 10 tahun berarti beratmu sudah bertambah 10kg!

Itu baru bertambah 1 kg secara konstan tiap tahun. Jika pertambahannya lebih dari itu, sudah dipastikan bentuk tubuhmu akan berubah.

2. Zaman Susah Dulu Sih Sering Jalan Kaki

Jangan malu berjalan kaki, sebab itu bukan pertanda hidup susah.

Jangan malu berjalan kaki, sebab itu bukan pertanda hidup susah. via http://duajurai.com

Dulu waktu masih jadi pelajar dengan isi dompet pas-pasan, kamu harus rela berjalan kaki untuk jarak yang jauh. Mau pergi ke rumah teman, ke tempat les, atau pergi ke tukang fotokopi, semua dilakukan dengan berjalan kaki.

Mandi peluh yang kamu lakukan hampir setiap hari itu rupanya memberikan banyak manfaat bagi kesehatanmu. Walaupun tampangmu waktu itu khas pelajar kumal dengan kulit berwarna gelap, kamu yang dahulu tak perlu khawatir dengan bentuk tubuhmu.

3. Sudah Punya Kendaraan Keren Masih Jalan Kaki? Gak Mungkinlah !

Haruskah makin malas bergerak kalau sudah punya kendaraan pribadi?

Haruskah makin malas bergerak kalau sudah punya kendaraan pribadi? via http://hello-pet.com

Setelah menamatkan pendidikan, kamu mendapatkan pekerjaan yang mapan. Kamu pun bisa mewujudkan impian memiliki kendaraan keren, mulai dari motor besar hingga mobil mewah. Saat sudah memiliki kendaraan keren, secara otomatis gaya hidupmu pun berubah. Kamu pasti lebih sering naik turun kendaraan untuk menghindari macet, menghemat waktu, atau menjauh dari teriknya sinar matahari.

Padahal lupa dengan kebiasaan jalan kakimu semasa dulu justru pencetus yang bikin perutmu makin maju.

4. Punya Penghasilan Sendiri, Berarti Bebas Membeli Segalanya.

Sekarang mau beli makanan apa saja, kamu bisa!

Sekarang mau beli makanan apa saja, kamu bisa! via http://bodybuilding.com

Kemapananmu memang menakjubkan. Kamu sudah berhasil membiayai dirimu secara mandiri, bahkan mungkin memberikan sedikit uang jajan untuk orangtua atau adikmu. Kamu sekarang bisa beli apa saja sesukamu, termasuk membeli makanan yang enak dan mahal. Aneka jenis makanan yang belum sempat kamu cicipi sewaktu kecil dulu membuatmu jadi kalap dan ingin mencoba semuanya.

Eksplorasi terhadap sesuatu yang baru memang sah-sah saja, bro, sis. Tetapi jangan mengorbankan kesehatan dan uangmu hanya demi timbunan lemak di tubuh, ya.

5. Kini Kamu Jarang Bertemu Sahabatmu

Begini ekspresi kamu saat sedang bermalas-malasan.

Begini ekspresi kamu saat sedang bermalas-malasan. via http://whatasinting.com

Ada saja alasan untuk pergi bermain bersama para sahabatmu saat masih sekolah atau kuliah dulu. Entah untuk bermain futsal, bermain bulutangkis, nge-band, atau kegiatan esktrakurikuler. Apa pun kegiatannya, berkumpul bersama sahabat jadi terasa makin seru. Dan tanpa kamu sadari kegiatan tersebut yang membantumu membakar kalori secara teratur.

Kini kamu menjadi pribadi yang lebih individualis dan lebih suka melakukan segala sesuatunya sendiri. Di akhir pekan atau hari libur kamu lebih memilih untuk berdiam diri di rumah, ngemil-ngemil manja di sofa empuk sambil menonton DVD serial drama atau film action favorit.

Hipwee tahu kamu sudah lelah menghadapi rutinitas harian yang memuakkan. Namun hari libur itu terlalu berharga untuk kamu nikmati sendirian. Apalagi menikmatinya sambil sibuk bermalas-malasan dan makan saja, that’s BIG NO !

6. Atau Justru Kamu Sering Bertemu Sahabatmu untuk ...

Berpuas tertawa sebelum gusar dengan jarum timbangan.

Berpuas tertawa sebelum gusar dengan jarum timbangan. via http://news.com.au

Sis, kata Vina ada resto baru di deket Mall yang biasa itu lho. Waiternya juga ganteng banget.

Wah, besok kita harus mampir ke situ!

Wisata kuliner. Inilah hobi kekinian anak muda zaman sekarang. Rasanya kadar kegaulan berkurang drastis kalau belum mencoba restoran atau tempat wisata kuliner yang sedang hits di kotamu. Kamu dan sahabatmu pun bersiap menyisihkan waktu untuk kembali meningkatkan kadar kegaulan.

Ah, sesungguhnya hobi kekinian seperti ini tidak terlalu baik lho, friends. Boleh sih meluangkan waktu senggang untuk bersantai dengan sahabat sembari mengunjungi tempat wisata kuliner yang baru. Tetapi jangan jadikan hobi ini sebagai rutinitas, ya. Sebab tak hanya membuat kantong jebol, persentase tumpukan lemak di tubuh juga bisa bertambah.

7. Ternyata Media Sosial Juga Berpengaruh

Jangan terlalu sering mencari informasi tempat makan di media sosial.

Jangan terlalu sering mencari informasi tempat makan di media sosial. via http://telegraph.co.uk

Menggunakan media sosial saat ini memang gampang, ya. Bermodalkan gawai dan koneksi jaringan internet, menjelajah di media sosial jadi kian praktis dan bisa dilakukan di mana saja. Media sosial juga membuat kamu mudah mengakses informasi terbaru tentang tempat wisata kuliner menarik di seluruh penjuru Indonesia. Bukan hanya tempat wisata kuliner, aneka produk makanan pun bisa dibeli secara online. Semua hanya dengan sentuhan ujung jarimu.

8. Mbak, Mas, Tolong Ambilin Ini Itu Dong !

Semakin cekatan asistenmu, semakin kamu malas bergerak.

Semakin cekatan asistenmu, semakin kamu malas bergerak. via http://Dontpanicmgmt.com

Satu lagi yang tak kalah berpengaruhnya pada berat badanmu yaitu mager alias malas gerak. Di rumah, ada asisten rumah tangga yang siap dimintai tolong untuk hal-hal kecil. Sedangkan di kantor kamu juga punya staf office boy dan office girl yang tak kalah rajin dan cekatan.

Tak baik lho setiap saat mengandalkan mereka untuk membantumu melakukan hal-hal kecil. Untuk urusan kecil seperti pergi beli makanan keluar rumah, mengurus kertas-kertas fotokopi, atau mengambil minum tentu kamu bisa melakukannya sendiri bukan?

9. Undangan Pesta Atau Meeting Sambil Makan Itu Rasanya ... Ah Sudahlah !

Makan secara cerdas saat ada undangan pesta atau rapat di restoran, ya.

Makan secara cerdas saat ada undangan pesta atau rapat di restoran, ya. via http://Sbs.com.au

Jangan menyerah dengan kalori hanya karena undangan pesta atau meeting di restoran, ya!

Kamu masih bisa kok menyiasatinya dengan mudah. Kamu dapat memilih makanan dengan porsi kecil, meminimalkan minuman yang manis, menyantap salad dengan dressing rendah kalori, atau memilih makanan yang banyak mengandung sayur-sayuran dan tidak digoreng.

 

Nah, sekarang tak ada alasan lagi untuk mangkir dari pola hidup sehat setelah membaca artikel Hipwee kali ini. Kamu sudah tahu apa alasan yang membuat tubuhmu melebar. Dan kamu juga pasti tahu bagaimana cara mengatasinya. Punya badan yang terus melebar bukan hanya tak sedap dipandang, namun juga akan mempengaruhi kualitas kesehatanmu.

Tanya saja pada dirimu sendiri. Kamu mau tampil kece hari ini dan tahun-tahun mendatang atau memilih menikmati hidup dengan makanan enak dan bermalas-malasan?