Banyak sebutan untuk Semarang, ada yang bilang Kota Lumpia, Kota sejarah bahkan Kota ATLAS, "Aman, Tertib, Lancar dan Asri". Tak bisa di pungkiri emang, selain kaya dengan sejarah, kota ini emang aman,lalu lintasnya tertib dan lancar, serta taman kota yang menjamur membuat kota ini tetap terlihat asri. Yuk, intip beberapa destinasi wisata di kota ini...

 

1. Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang

Jangan lewatkan ikon kota Semarang ini saat berkunjung ke sini...

Jangan lewatkan ikon kota Semarang ini saat berkunjung ke sini... via http://mahfudzirfan.blogspot.com

Belum ke Semarang namanya kalau belum ke Simpang Lima, ikonnya kota Semarang.Tempat yang merupakan alun-alun kota ini biasanya ramai saat malam hari. Simpang Lima Berlokasi di  persimpangan Jl. Pandanaran di sebelah barat, Jl. A. Yani di sebelah timur, Jl. Gajahmada dan Jl. Pahlawan di sebelah timur, sementara disebelah timur laut ada Jl.KH. Ahmad Dahlan.

Kemudahan akses serta banyaknya hotel dan tempat kuliner di kawasan tersebut membuat Simpanglima menjadi tempat wisata serta jantung kota atau pusat keramaian di kota Semarang.

2. Jangan Lupa Telusuri tiap Lorong demi Lorong di Lawang Sewu

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang via http://www.utiket.com

Semarang - Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan kuno peninggalan jaman belanda yang dibangun pada 1904. Semula gedung ini untuk kantor pusat perusahaan kereta api (trem) penjajah Belanda atau Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij (NIS). Gedung tiga lantai bergaya art deco (1850-1940) ini karya arsitek Belanda ternama, Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag. Lawang Sewu terletak di sisi timur Tugu Muda Semarang, atau di sudut jalan Pandanaran dan jalan Pemuda. Disebut Lawang Sewu (Seribu Pintu), ini dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Kenyataannya, pintu yang ada tidak sampai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu.

3. Berkunjung ke Gereja Blenduk di Kota Lama, membuatmu berasa sedang berkunjung ke Belanda

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk via http://www.triptrus.com

Gereja Blenduk ini berlokasi di kawasan Kota Lama Semarang, sering di kenal dengan sebutan The Little Netherland. Berdiri di antara sekian banyak bangunan ala Belanda, Gereja Blenduk ini masih berdiri kokoh serta terawat dan terjaga apik, bahkan sampai saat ini masih di gunakan secara aktif sebagai rumah ibadah.

Gereja Blenduk sudah berganti rupa beberapa kali. Mula-mula Gereja di bangun pada tahun 1753, berbentuk rumah panggung Jawa, dengan atap yang sesuai dengan arsitektur Jawa. Hal ini dapat dilihat pada peta kota Semarang tahun 1756 yang menunjukkan konfigurasi massa yang berbeda dari sekarang. Pada tahun 1787 rumah panggung ini dirombak total.  Tujuh tahun berikutnya diadakan kembali perubahan. Pada tahun 1894, gedung ini dibangun kembali oleh H.P.A. de Wilde dan W.Westmas dengan bentuk seperti sekarang ini. Yaitu dengan dua menara dan atap kubah.

4. Seolah Berkeliling Jawa Tengah saat Mengunjungi Puri Maerakaca, Taman Mini Jawa Tengah

Taman Mini Jawa Tengah

Taman Mini Jawa Tengah via https://www.facebook.com

Puri Maerakaca (read Maerokoco) berlokasi di area PRPP Jawa Tengah. Puri Maerakaca yang merupakan Pusat Rekreasi Taman Budaya Jawa Tengah ini, ibarat taman mininya provinsi Jawa Tengah karena di dalamnya terdapat 35 anjungan yang menjadi cerminan dari 35 kabupaten dan kotamadia yang ada di provinsi Jawa Tengah.

Tak hanya berisi 35 anjungan itu saja, di Puri Maerakaca ini juga terdapat miniatur peninggalan sejarah dan obyek wisata yang populer di Jawa Tengah seperti Candi Borobudur, Benteng Pendhem, Masjid Menara Kudus, Masjid Agung Demak dan lain-lain. Selain itu, Puri Maerakaca juga dilengkapi sarana rekreasi seperti becak air, perahu unik yang atapnya berbentuk daun, area permainan anak hingga outbond.

5. Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong via http://indonesiatraveldb.com

Klenteng Sam Po Kong berlokasi di daerah Simongan, Semarang. Selain merupakan tempat ibadah dan ziarah juga merupakan tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Tempat ini dikenal juga dengan sebutan Gedong Batu. Ada yang mengatakan nama ini dipakai karena asal mula tempat ini adalah sebuah gua batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu. Tetapi ada sebagian orang yang mengatakan bahwa sebenarnya asal kata yang benar adalah Kedong Batu, alias tumpukan batu-batu alam yang digunakan untuk membendung aliran sungai.

6. Megahnya Masjid Agung Jawa Tengah, bak Istana Taj Mahal di India

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah via https://www.google.com

MAJT, begitu kita biasanya menyebut Masjid ini. Gedung ini mulai di bangun pada tahun 2001 dan baru selesai secara keseluruhan di tahun 2006. Gaya Romawi terlihat dari bangunan 25 pilar dipelataran masjid. Pilar pilar bergaya koloseum Athena di Romawi dihiasi kaligrafi.

Daya tarik lain dari masjid ini adalah Menara Al Husna atau Al Husna Tower yang tingginya 99 meter. Bagian dasar dari menara ini terdapat Studio Radio Dais (Dakwah Islam). Sedangkan di lantai 2 dan lantai 3 digunakan sebagai Museum Kebudayaan Islam, dan di lantai 18 terdapat Kafe Muslim yang dapat berputar 360 derajat. Lantai 19 untuk menara pandang, dilengkapi 5 teropong yang bisa melihat kota Semarang.

Pastikan kamu mengunjungi MAJT saat berkunjung ke Semarang...

7. Jangan Lewatkan Malam di Semarang dengan Berkunjung ke Jembatan Biru Banjir Kanal Semarang Barat

Jembatan Biru

Jembatan Biru via https://www.google.com

Jembatan Biru, begitulah aku dan teman-teman biasanya menyebut jembatan ini. Lampunya yang menawan di atas sungai memberikan kesan anggun. Lampu yang berjajar sepanjang sungai menambah keindahan tempat ini. Di sepanjang sungai ini dilengkapi tempat duduk, diamana para pengunjung biasanya nongrong ditemani gemerlap lampu kota nan indah.

8. Jangan Lupa Berkuliner di Pasar Semawis, Kampung Chinanya Orang Semarang

Pasar Semawis

Pasar Semawis via https://www.google.com

Pasar Semawis merupakan pasar malam yang beroperasi setiap hari Jumat-Minggu. Pasar Semawis berlokasi di Komplek Pecinan Semarang. Kamu pecinta Chinese food bisa berburu kuliner di tempat ini.

9. Sekedar Nongkrong di Tugu Muda bersama Teman-Teman Juga Tak Kalah Menarik

Tugu Muda Semarang

Tugu Muda Semarang via http://wisatadisemarang.com

Sekedar Nongkrong di Tugu Muda bersama Teman-Teman Juga Tak Kalah Menarik. Tugu Muda berlokasi di sebrang Lawang Sewu.

10. Indahnya Lampu Kota Semarang Mampu Memanjakan Matamu dari Ketinggian Gombel

Lampu Kota

Lampu Kota via https://pbs.twimg.com

Memandang indahnya lampu kota Semarang dari ketinggian memang sungguh indah. Gombel berlokasi di Semarang atas, sekitar 30 menit dari pusat kota Semarang.

11. Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Semarangan di Pusat Oleh-Oleh Jl. Pandanaran

Pusat Oleh-oleh Pandanaran

Pusat Oleh-oleh Pandanaran via https://www.google.com

Di sepanjang Jl. Pandanaran berdiri banyak sekali toko oleh-oleh khas Semarang. Mulai dari Bandeng Presto, Wingko Babat, Jenang Kudus, de el el. Pastikan kamu beli oleh oleh di sini, selain harga yang sangat terjangkau,di pastikan service juga memuaskan.