Kencan pertama bagi orang yang sedang PDKT adalah kunci. Saat kencan pertama, di situ lah akan terlihat apakah si dia akan lanjut sama kamu, atau malah jadi illfeel dan mundur pelan-pelan. Supaya gak mundur, jangan sampe kamu melakukan 9 hal yang tabu dilakukan saat kencan pertama ini:

 

1. Bahas Masa Lalu

jangan bahas mantan

jangan bahas mantan via http://kelascinta.com

Ini udah jelas bikin si dia males sama kamu. Lagi mau asik-asiknya kencan, eh kamu malah ngomongin mantan. Padahal kan yang dia pengin adalah cerita tentang kalian. Bisa punah deh hubungan kamu sama dia. Apalagi kalo yang kamu bahas masa lalu yang gak penting-penting amat. Kayak misalnya, ngobrolin kisah perjuangan Wali Songo. Itu super duper gak penting! Kecuali gebetan kamu keturunan Sunan Kalijaga, mending cari topik lain deh.

2. Bawa Orang Tua

Mungkin waktu itu kamu abis nganterin si Mama berobat dan malemnya udah janjian sama si dia buat kencan. Masalahnya, ini kencan pertama kamu. Nah, kalo udah gitu, pastiin kamu anter pulang dulu si Mama. Kalo bisa sih izin telat aja ke dia, atau malah diundur aja. Jujur kan lebih baik. Daripada dengan adanya si Mama atau Papa malah bikin suasana kencan pertama kamu canggung. Bukannya saling cari tahu tentang kepribadian masing-masing, yang ada malah si dia diem-diem doang karena gak tahu harus ngomong apa.

Percakapan yang seharusnya seru jadi dihabiskan dengan dialog canggung antara si Mama sama dia:

"Itu kok makanannya gak dimakan?"

"Heee iya tante"

5 menit kemudian..

"Itu kok makanannya gak dimakan?"

"Heee iya tante.."

10 menit kemudian..

"Itu kok makanannya gak dimakan?"

"Heee iya tante.."

Begitu terus sampe restorannya tutup.

3. Bawa Temen Setongkrongan

Percaya sama diri sendiri aja

Percaya sama diri sendiri aja via https://www.youtube.com

Walaupun kamu orangnya penakut dan ini kencan pertama kamu, tapi pastikan kamu datang seorang diri. Gak perlu bawa orang lain. Apalagi temen satu tongkrongan. Helowh, ini kencan gitu lho, bukan kerja kelompoj. Jadi gak perlu rame-rame. Lagipula, bisa-bisa pas kencan kamu malah sibuk sendiri sama temen tongkrongan kamu dibanding dia. Kalo udah begitu, bisa-bisa dianya ngambek.

Tapi itu masih lebih baik sih daripada dia ngeliiat temen kamu yang lebih cakep terus naksir. Wah bisa berabe tuh!

4. Pamer Harta

gak usah pamer

gak usah pamer via http://www.harianaceh.co.id

Sumpah, sifat pamer-pamer begini mesti dihilangkan saat kamu kencan pertama. Walaupun kamu emang benaran tajir, tapi jangan tunjukkan harta kakmu. Jangan sampai kelihatan kalo kamu ngumbar-ngumbar kekayaan. Bisa-bisa malah dia nanti naksir kekayaan kamu doang. Terus akhirnya kamu diperalat. Hayoo?

Sekarang gini deh, kamu bayangin aja kalo dia yang pamer di KENCAN PERTAMA kamu. Pasti kamu males kan? Ngeliat dia dateng-dateng ngomong, "Maaf ya, rada telat. Tadi susah nyari parkiran untuk Jaguar aku. Akhirnya aku iket aja di pohon jambu depan."

Idih nyebelin banget kan.

5. Berpakaian Tidak Sesuai Tempatnya

berbusana biasa aja

berbusana biasa aja via http://pirdot.blogspot.co.id

Pastikan gaya berpakaian kamu cocok sama tempat kencan kamu. Kalo emang kencan pertama udah formal macam candle light dinner di gedung mahal, boleh deh pake baju rapih. Tapi kalo cuman kencan pertama biasa, gak usah lebay. Cukup pakai setelan kasual aja. Tapi ingat, jangan terlalu santai juga ya. Bagaimana pun juga ini kencan pertama, jadi tinggalkan sementara baju-baju kumel kamu. Apalagi datang dengan dandanan yang terlalu eksentrik. Seperti misalnya, make sarung yang dijadiin maling-malingan. Meskipun menarik, tapi yang ada begitu sampe tempat kencan kamu digerebek satpol PP. Disangka abis nyolong ayam tetangga.

6. Kesurupan

Ini saya pun tidak tahu cara mengantisipasinya. Kamu banyak-banyak berdoa aja semoga pas kencan pertama nanti gak ada yang kesurupan. Soalnya gak seru banget pas lagi romantis-romantisnya, lalu mata kamu tiba-tiba putih semua. Badan gemetaran, lalu kamu ngacak-ngacak restoran sambil jejeritan, "PERGI MANEHHH!! KUMAHA SIAAA?!"

Bisa-bisa besoknya si dia langsung pindah kewarganegaraan.

7. Merasa Memiliki

jangan sok akrab

jangan sok akrab via https://www.youtube.com

Sepede-pedenya kamu, jangan pernah sekalipun merasa telah memiliki dia. Bagaimana pun juga ini adalah kencan pertama kamu. Itu berarti: BELOM ADA STATUS! So, gak usah sok-sok mesra. Apalagi sampe ngelus pipi si dia. Yang ada dianya bakal ngamuk-ngamuk. Terlebih kalo kamu ngelusnya pake pisau daging.

8. Ngomel-Ngomel ke Pelayan

Kencan pertama adalah waktunya kita menunjukkan first impression. Ini adalah saat-saat si dia menilai kamu. Jadi jangan mau nilai kamu rusak di mata dia gara-gara kamu terlanjur bete dan ngomel ke pelayan. Kalau emang makanannya gak enak, jangan banting piring dan teriak, “MAKANAN APA INI? SEPERTI POPOK BAYI?!” Selain bakal dicap orang yang kasar, kamu akan dikira temennya chef Juna. Gak mau kehilangan dia kan? Makanya jangan ngomel-ngomel.

9. Obrolan yang Terlalu Serius

jangan serius-serius amat

jangan serius-serius amat via http://3.bp.blogspot.com

Kencan pertama seharusnya diisi dengan obrolan ringan tentang kisah hidup kalian berdua. Buatlah topik yang berhubungan dengan hobinya, misalnya. Cukup bikin obrolan yang gampang dan bikin dia tertawa. Jangan buat obrolan yang terlalu berat kayak misalnya, “Tadi aku juga di jalan kejebak macet. Kamu setuju gak dengan perevisian Undang-undang Lalu lintas tentang jalan darat no 53 yang dibuat sama Menteri Perhubungan?” Bukannya seru, yang ada si dia malah muntah denger kamu ngomong.