Apakah anda pernah dengar kata life hack? Itu loh melakukan sesuatu tidak seperti pada umumnya dan anti mainstream. Life hack ini sangat terkenal di luar negeri khususnya Amerika, sampai-sampai ada website khusus yang membahas tentang life hack. Sebelumnya, mungkin anda setuju dengan kami ketika sedang berselancar di internet, membaca artikel di sana-sini mencari saran simpel. Ternyata sudah tidak update dan kebanyakan tipsnya sama antar artikel. Selain tidak puas pastinya juga susah untuk diterapkan. Tenang, kali ini Tim Hipwee sudah mengumpulkan referensinya dari berbagai sumber dan langsung saja membagikan informasi 13 lifehack tentang kesehatan dan makanan. Berikut infonya

1. Minyak Goreng Untuk Menyehatkan Bibir

minyak goreng untuk bibir via http://falony.com

Hehe, belum pernah denger kan? minyak goreng kelapa yang selama ini kita gunakan hanya untuk menggoreng, eh ternyata bisa digunakan untuk melembutkan bibir. Tidak hanya melembutkan bibir saja loh ya, bagi kamu yang merasa bibirnya hitam patut untuk mencobanya karena mampu mengurangi warna kehitaman pada bibir. Bagaimana caranya? Cukup oleskan bibir secukupnya ke bibir, lalu diamkan kurang lebih 1 jam. Kemudian bersihkan minyak dengan kapas yang dicampur dengan air hangat supaya kulit kering pada bibir dan lemak sisa minyak tidak menempel. Lakukan usapan minyak kelapa setiap hari. Bibir yang kering dan kusam akan tampak lebih lembab dan segar.

2. Cuka Untuk Membuat Rambut Indah Bercahaya

cuka untuk rambut via http://facetofeet.com

Kayaknya kamu yang selama ini termakan iklan shampoo dan belum merasakan khasiatnya patut untuk mencobanya. Ternyata Campuran cuka apel dan air jeruk setelah dibalurkan di rambut bisa membuat rambut tampak indah bercahaya. Caranya mudah, Pertama, bilas rambut seperti biasa sampai bersih. Kemudian balurkan campuran cuka apel dan air jeruk. Tiriskan rambut selama 5-10 menit. Terakhir cuci rambut hingga bersih. Nah kini rambut anda tampak bersih bercahaya.

3. Cara Memeram Buah Agar Cepat Matang

cara buah cepat matang via http://hidupsimpel.com

Advertisement

Kayaknya sebentar lagi musim buah nih. Bagi kamu yang tidak sabar ingin merasakan buah yang matang ada cara praktis bagaimana cara mematangkan buah tersebut. Pertama kamu bungkus buah tersebut dengan kertas, kemudian letakkan di tempat kering yang langsung terkena sinar matahari. Panas akan membuat buah cepat matang. Cara ini lebih praktis dibandingkan jika kita memeramnya di tempat gelap atau lembab. Cara lain yang bisa dipraktikkan adalah silahkan bungkus buah yang akan diperam bersama sebuah pisang dalam kantong plastik. Enzim yang ada pada pisang akan mempercepat buah tersebut untuk matang.

4. Kamar Mandi Harum dan Mengusir Kecoa

harum dan mengusir kecoak via http://ikea.com

Kamar mandi kamu bau? Atau lupa untuk membeli pewangi? Ternyata biji bunga lavender atau bunga melati ampuh untuk membuat kamar mandi menjadi wangi. Tak hanya harum saja, bahkan keharumannya bisa untuk mengusir kecoa dan sejenisnya. Caranya mudah, ambil bunga melati kering, biji bunga lavender, dan garam untuk memasak. Masukkan ke dalam botol. Taruh di pojok kloset kamar mandi atau laci. Wangi-wangian ini mampu mengusir kecoa dan membuat kamar mandi terasa lebih segar.

5. Cara Mudah Mengupas Wortel, Tanpa Ribet

kupas wortel tanpa ribet via http://shapeme.com

Biasanya sih kita mengalami kesulitan saat mengupas wortel. Apalagi wortel tersebut sudah tua sehingga kulitnya keras. Untuk mengatasi hal ini, silahkan rendam wortel dalam air mendidih selama kurang lebih 5 menit. Kemudian keluarkan dan rendam lagi dengan air dingin sebentar. Dengan cara ini kulit wortel akan lebih mudah dikupas.

6. Mata Tidak Perih Saat Mengiris Bawang

mengiris bawang tanpa rasa perih di mata via http://perutgendut.com

Saat mengupas dan mengiris bawang mata kita sering terasa perih, bahkan kadang-kadang hingga mengeluarkan air mata. Cara mengatasinya sangat mudah. Pertama nyalakan lilin beraroma, tepat dekat anda saat sedang memotong atau mengupas bawang. Nyala lilin ini untuk menyerap air atau aroma yang dikeluarkan bawang. Dengan cara ini mata anda tidak akan terasa pedih dan berair. Cara kedua yang tidak kalah simpel adalah mengupas bawang di kucuran air atau keran. Gas yang dihasilkan oleh bawang akan segera hilang oleh air. Dan cara Terakhir, kalau tidak ingin ribet pakai kacamata seperti gambar diatas.

7. Mengatasi Bau Kaki

solusi bau kaki via http://okezone.com

Setelah seharian beraktivitas biasanya kaki akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, karena kaki lembap dan berkeringat. Untuk menghilangkan bau tersebut sangat mudah. Siapkan air hangat sebanyak 1 ember, campur dengan 5 sendok makan serbuk teh. Rendam kaki selama kurang lebih 1-5 menit. Bilas kaki dengan air sampai bersih, ulangi hingga bau kaki hilang.

8. Menyimpan Telur Agar Tetap Awet

telur tetap awet via http://tokopembesarpayudara.com

Biasanya, supaya telur tidak cepat busuk, harus disimpan dalam lemari es. Namun, bila tidak ada lemari es, ada cara lain yang dapat dilakukan. Pertama telur dicuci bersih, kemudian di rendam dalam air kapur sirih. Biarkan selama kurang lebih 5 jam. Angkat telur di tempat yang telah kita siapkan. Cara ini akan membuat telur bertahan sampai sebulan.

9. Menghilangkan Bau Amis Daging Pada Papan Potong

bau amis pada papan potong via http://liyasyamel.blogpspot.com

Papan potong yang digunakan setelah memotong daging, baunya pasti amis menyengat dan sulit dihilangkan. Ada tips khusus mengatasinya. Olesi papan potong dengan campuran soda dan air hangat. Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu cuci papan potong dengan air dan sabun cuci hingga tidak berbau amis.