Kata siapa masak itu ribet? Kata siapa bikin makanan enak ala kafe nggak bisa dilakukan di indekos-an? Masak makanan ala kafe yang enak dan hits bisa kok dilakukan di indekosmu. Coba cek aja deh beberapa resep dari Webtoon asal Thailand ini. Enak dan nggak pakai ribet!

 

1. Roti India

Untuk membuatnya kamu cuma perlu menyiapkan pisang, roti tawar, minyak goreng, dan telur, sedangkan jumlahnya disesuaikan dengan selera kamu aja, ya.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memipihkan roti pakai gelas kaca sampai benar-benar tipis. Selanjutnya, pisang dipotong tipis dan diletakkan di atas roti tawar. Lipat roti tawar jadi persegi panjang dan rekatkan pinggiran roti supaya pisangnya tidak keluar. Setelah itu, celupkan roti ke dalam telur yang sudah dikocok terlebih dahulu dan kemudian goreng hingga cokelat keemasan. Sajikan selagi hangat dengan topping madu atau susu kental manis.

Gampang, kan?

2. French toast

Kalau kamu masih ada sisa roti tawar, telur, pisang, dan madu setelah membuat roti India, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat French Toast ala Webtoon Lazy Cooking ini. Selain bahan-bahan tadi, ada tambahan bahan lain yaitu susu segar murni (bisa pakai susu full cream) dan mentega.

Cara membuatnya sederhana, kok. Mula-mula pisang dipotong tipis-tipis, lalu digoreng dengan mentega sampai matang kemudian ditiriskan. Roti tawar dipotong bentuk persegi. Telur dipecah dan dimasukkan ke dalam mangkok, tuangkan susu, dan ditambahkan sedikit garam. Kamu bisa menambahkan gula supaya rotinya punya tambahan rasa. Setelah itu, telur diaduk hingga tercampur rata. Roti yang telah dipotong tadi dicelupkan ke dalam telur dan digoreng dalam mentega yang telah leleh hingga berwarna cokelat keemasan. Setelah matang, roti ditiriskan.

Selanjutnya siapkan mangkok dan masukkan pisang yang sudah digoreng tadi ke dalamnya. Letakkan potongan roti goreng di atasnya. Kamu bisa menambahkan es krim sebagai topping-nya. Terakhir, tuangkan madu secukupnya. Kamu bisa memakannya dengan buah masam seperti stroberi atau buah naga, terutama bila kamu tidak terlalu suka dengan makanan manis. Selamat mencoba!

3. Roti daging telur dikukus

Bahannya hanya tiga macam sesuai dengan judulnya, roti tawar, telur, dan daging kemasan (bisa pakai sosis biasa atau daging burger kemasan). Cara membuatnya pun tak kalah mudah. Pertama, letakkan roti sebagai dasaran ke dalam mangkok. Letakkan irisan sosis di atasnya sehingga berbentuk mangkuk. Masukkan telur (sebaiknya pakai telur ukuran kecil supaya tidak tumpah). Kamu bisa menambahkan garam kalau mau telurnya mempunyai rasa. Kukus selama beberapa menit sampai matang (bisa dikukus biasa atau pakai microwave). Sajikan dengan segelas susu hangat. Hmmm, nyam nyam!

4. Telur goreng spesial

Bahannya adalah saus ikan, rajangan wortel, rajangan daun bawang, daging cincang (bisa diganti dengan sosis cincang), 3 butir telur, dan minyak goreng, sayur untuk campuran telurnya bisa diganti sesukamu.

Mula-mula pecahkan dua telur ke dalam mangkok. Masukkan semua bahan-bahannya dan dibumbui dengan saus ikan atau saus lain sesuai dengan seleramu. Kalau nggak mau pakai saus, bisa pakai garam dan merica saja. Kocok hingga semua bahan tercampur sempurna. Panaskan penggorengan dan masukkan minyak goreng secukupnya. Tuangkan telurnya dan ratakan ke semua sisi penggorengan agar lebar. Sebelum telur dadarnya matang, bolongi bagian tengahnya. Pecahkan telur sebutir dan tambahkan ke bagian bolong tersebut. Tunggu hingga telur dadarnya berwarna cokelat keemasan dengan telur setengah matang. Kalau kamu suka dengan telur mata sapi, balikkan telur dadarnya sehingga matangnya merata.

Walla, telur goreng spesialnya sudah jadi!

5. Pisang masak susu

Kamu hanya perlu tiga bahan untuk membuatnya. Pisang, susu segar, dan madu. Tuangkan susu ke dalam panci dan tunggu hingga mendidih. Potong pisangnya sesukamu, kemudian masukkan ke dalam panci hingga pisangnya lunak. Tuangkan madu dengan perlahan-lahan sesuai seleramu. Kalau kamu nggak suka madu, kamu bisa pakai gula. Sajikan di dalam mangkok kecil. Simple banget, kan?

6. Tokyo pancake

Bahan- bahan yang kamu butuhkan adalah tepung pancake (bisa pakai tepung serba guna), susu, sosis, keju lembaran, dan keju.

Masukkan tepung pancake (tepung serba guna), sebutir telur, satu kotak kecil susu segar ke dalam mangkok, kemudian kocok hingga tercampur semua adonannya. Masak adonannya di atas api kecil sedang. Kamu bisa menggunakan sendok sup untuk menuangkan adonannya ke atas penggorengan dan membentuknya menjadi lingkaran. Susun lembaran keju dan sosis di atas adonan (bisa juga pakai daging). Setelah itu, gulung kulit pancake dan masak hingga kecokelatan. Tokyo Pancake-nya sudah jadi!

7. Sunny egg pizza

Dari namanya bisa ketebak, kan, ya bahan yang digunakan apa. Yap! Telur. Selain itu, bahan yang akan digunakan adalah nasi, saos tomat (bisa pakai saus sambal kalau suka pedas), saos bumbu (pakai garam dan merica saja biar nggak ribet), irisan sosis, keju mozzarella (bisa pakai cheddar melt), dan irisan daging.

Langkah pertama adalah kocok telur dan nasi di dalam mangkok hingga merata, kemudian goreng di api kecil sedang. Setelah berwarna agak kecokelatan, oleskan saos tomat atau saos sambal di atas permukaannya. Susun irisan sosis dan daging serta keju di atasnya. Tunggu hingga keju meleleh seluruhnya. Untuk topping-nya kamu bisa gunakan potongan seledri. Sajikan selagi hangat!

Sunny egg pizza-nya sudah jadi. Selamat mencoba!

8. Boiled egg sandwich rolls

Kalau mau buat sandwich ini ada empat bahan yang kamu perlukan, yaitu roti gandum, mentimun, telur rebus, dan mayones.

Cara buatnya juga sederhana. Cacah telur rebus dan masukkan ke dalam mangkok kecil, kemudian tambahkan mayones dan sedikit garam. Aduk hingga adonan tercampur rata. Setelah itu, timun dipotong memanjang. Untuk pelapisnya, roti gandum dipotong bagian pinggirannya kemudian buat rotinya jadi gepeng. Setelah itu, letakkan adonan telur dan mayones ke atas roti, kemudian tambahkan irisan mentimun di atasnya. Kamu bisa pakai sayuran lain kalau tidak suka mentimun atau diganti dengan daging. Gulung rotinya kemudian potong rotinya jadi tiga bagian sama besar. Selesai.

Sandwich telur mentimun siap dihidangkan!

9. Bingsu mangga

Penggemar K-Pop dan K-Drama pasti paham banget, hehehe. Yap! Bingsu adalah makanan dari Korea Selatan, sejenis dengan es campur di Indonesia.

Nah, kamu bisa kok buat bingsu sendiri di indekos-an. Bahannya nggak ribet juga. Kamu cuma perlu susu segar (bisa pakai susu full cream), susu kental manis, mangga (bisa diganti dengan buah lain sesukamu), potongan butter cake (pakai roti tawar juga bisa), kantong zip-lock (pakai plastik es batu juga bisa).

Cara buatnya gini, nih. Mula-mula tuangkan susu segar ke dalam mangkok, kemudian tambahkan susu kental manis sebanyak tiga sendok, boleh lebih sesuai seleramu. Aduk sampai tercampur semuanya, kemudian masukkan ke kantong zip-lock. Setelah itu masukkan ke dalam freezer selama 3-4 jam atau sampai susunya membeku.

Setelah tiga jam, potong mangga atau buah lain berbentuk dadu kecil. Susu yang telah beku dikeluarkan dari freezer dan dihancurkan/ditumbuk, kemudian masukkan ke dalam mangkok kecil atau gelas. Masukkan potongan butter cake dan potongan buah mangga. Tambahkan lagi es susu tumbuknya. Lalu hias bingsunya dengan topping potongan buah mangga dan butter cake sisanya. Bisa juga ditambah dengan susu kental manis cokelat.

Makan bingsunya sebelum meleleh. Hmmm, pasti segar!