Ditengah hiruk-pikuknya perkotaan, wisata ke alam terbuka tentunya menjadi alternatif liburan yang menyenangkan. Salah satu destinasi wisata alam yang banyak digemari orang adalah pantai. Bagi kalian para pecinta pantai, hunting pantai-pantai yang indah pasti menjadi suatu agenda wajib.

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri hanya untuk menikmati pantai yang cantik, di Indonesia pun banyak pantai-pantai cantik yang menggoda untuk minta dijelajahi. Berikut 10 pantai yang wajib kalian kunjungi jika ingin mencari ketenangan sejenak menghilang dari kesibukan di kota besar.

1. Pulau Pangabatang

Ketenangan kental terasa sejauh mata memandang via http://mashaissomasha.blogspot.co.id

Pesona keindahan pantai yang terhampar sepanjang Pulau Pangabatang di Teluk Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur ini pasti mengundang decak kagum para traveler yang datang. Bukan hanya keindahan bentangan pasir putih dikelilingi jernihnya lautan serta beratapkan langit cerah yang disuguhkan Pangabatang tapi juga beragam kekayaan biota bawah laut yang dapat kalian nikmati.

2. Pulau Pahawang

Jangan lewatkan snorkeling di Pahawang via http://pulaupahawang.com

Pantai yang berada disekitar pulau ini bukan satu-satunya alasan untuk kalian berlibur ke Pahawang. Jika kalian hobi snorkeling, Pulau Pahawang di Lampung menyimpan keindahan bawah laut yang sangat menawan. Untuk menikmati suguhan keindahan pulau ini, kalian cukup menyebrang dari Pantai Klara dan kalian akan segera menjumpai suasana yang dalam sekejap mengubah mood menjadi susah move on dari liburan.

3. Pulau Maratua

Advertisement

Tak kalah dengan Maldives, Indonesia juga punya Maratua via http://latitudes.nu

Pulau Maratua merupakan salah satu pulau yang terkenal di Kepulauan Derawan, Kalimantan. Beningnya air laut yang menjilati pasir-pasir putih di pantai serta water villa yang ditawarkan di pulau ini sangat memanjakan para traveler. Segala keindahan yang dipaparkan Maratua tak kalah dengan Maldives, sehingga wajar jika Maratua ini dianggap sebagai “Maldives”-nya Indonesia.

4. Pulau Ndaa

Berjalan santai di pantai menikmati keindahan sekeliling via http://kakabantravelservices.blogspot.co.id

Keindahan Wakatobi memang sangat terkenal di Indonesia, salah satunya adalah Pulau Ndaa yang dapat dicapai dengan menyebrang kapal selama 1 jam dari Pulau Tomia. Meski tak berpenghuni, pulau ini memiliki eksotisme tersendiri dengan pantai yang dipenuhi bentangan pasir putih dan air laut yang tenang. Ketenangan air laut di pulau ini sangat menggoda para traveler yang datang untuk berenang mencicipi keindahan yang terpapar.

5. Pantai Bira

Eksotisme yang terpancar tak lekang oleh teriknya matahari via http://xrep.blogspot.co.id

Pesona alam Indonesia tak diragukan lagi, Pantai Bira atau yang biasa dikenal juga dengan Tanjung Bira juga menyimpan keindahan pantai yang mampu membuat para traveler terpukau. Berlokasi di Sulawesi Selatan, pantai yang satu ini cukup terkenal dan banyak dikunjungi oleh para traveler. Tak jauh dari Tanjung Bira hanya berjarak kurang lebih 20 menit, kalian dapat menjumpai Pulau Liukang Loe yang lebih sepi dan bersih. Di pulau ini memang lebih jarang pepohonannya, jadi siap-siap saja kulit lebih gosong ya jika mampir ke pulau cantik ini.

6. Pantai Ora

Meski terpencil tapi semua terbayar ketika tiba di Pantai Ora via https://indonesia.tripcanvas.co

Sebagai salah satu pantai di Maluku Tengah, Pantai Ora menyimpan ketenangan yang sangat cocok bagi kalian yang ingin menghindar dari keramaian kota. Kekayaan biota laut yang ada di pantai ini pun menambah nilai keindahan yang ditawarkan kepada para traveler. Eksotisme keindahan yang dipancarkan Pantai Ora mampu menyandingkan dirinya dengan Pantai Boracay di Filipina ataupun Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik.

7. Pantai Mandorak

Perpaduan harmonis keelokan tebing dan deburan ombak yang menghantam via http://fadilahharokah.blogspot.co.id

Bertolak ke Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, sebuah pantai tersembunyi siap memanjakan mata kalian ketika tiba di pantai ini. Pantai Mandorak memang letaknya cukup tersembunyi sehingga untuk mencapainya dibutuhkan sedikit perjuangan. Namun ketika tiba, para traveler akan segera disambut keelokan tebing-tebing yang terkena hempasan ombak serta hamparan luas lautan tosca yang menandakan jernihnya air. Ketika hari mulai beranjak senja, jangan lewatkan keindahan pemandangan matahari yang akan terbenam di pantai ini.

8. Pantai Nihiwatu

God’s Left yang banyak menjadi incaran turis asing via http://edition.cnn.com

Nusa Tenggara Timur tidak hanya menyimpan Pantai Mandorak sebagai pesona alamnya, tapi juga memiliki salah satu pantai terbaik di Asia. Pantai cantik berpasir putih dengan bentangan sepanjang 2.5 km ini adalah Pantai Nihiwatu. Patut berbangga bahwa ternyata Pantai Nihiwatu ini menyandang gelar pantai tercantik ke 17 dari 100 pantai di dunia versi CNN. Pantai ini merupakan incaran para surfer dari berbagai belahan dunia yang ingin mencoba keganasan ombaknya yang dijuluki God’s Left.

9. Pantai Bosnik

Memandang lautan lepas tak pernah membuat bosan via http://mytravelingphotograph.blogspot.co.id

Seakan tak habis pesona keindahan pantai di Indonesia, Pantai Bosnik di Pulau Biak pun menyuguhkan nuansa alam yang sangat menawan bagi para traveler. Gradasi warna air laut dan lembutnya pasir putih yang bebas dinikmati siapa saja merupakan daya tarik tersendiri bagi para pecinta pantai. Memandang laut lepas sambil menikmati hembusan angin pantai yang menerpa, segala penat dijamin akan terangkat seketika.