Mungkin kamu lelah? Bener sih, lelah. Lelah hati, lebih tepatnya.

Nggak apa-apa kok. Lelah hati itu wajar aja, apalagi di tengah kesibukan tiada henti seperti urusan sekolah, kuliah, ekskul, sibuk kejar target, deadline, termasuk masa lalu yang terus menghantui.

Cuma sayangnya, waktu liburan kadang cuma ada saat weekend. Pengen travelling, tapi berat diongkos. Kalaupun tetap ingin berpergian, waktunya sempit, dan ujung-ujungnya malah kecapekan akibat perjalanan jauh. Nggak lega kan? Karena alasan tadi pun, kita jadi lebih milih tidur atau males-malesan aja di rumah. Dan yah,.. ujung-ujungnya tetap jadi lelah jiwa yang tak berkesudahan.

Terus gimana dong? Menurut Karen Salmansohn, seorang designer dan penulis yang rajin berbagi tips di laman Facebooknya ini, ada kok cara sederhana agar kita bisa melepaskan stress tanpa perlu buang banyak waktu, energi dan biaya. Coba deh disimak:

 

1. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Lho, kok perbanyak makan buah dan sayur? Bener kok. Selama ini kita pasti lebih sering makan makanan instan, dan sebenarnya itu bisa bikin tubuh kita jenuh. Makan buah dan sayur jelas bermanfaat buat mendetox tubuh kamu. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Kalau jiwa kita kuat, pasti lebih mudah mengelola stres, dan pikiran pun ikutan fresh. Nah, coba deh ganti camilan kita yang mengandung gula, garam, dan bahan pengawet dengan buah-buahan. Dijamin kenyang, tapi tetap sehat, aman, dan halal. 

2. Cukup Minum Air

Selain makanan sehat, minum air putih secara teratur juga penting. Apalagi kalau kita sedang gelisah atau banyak beban pikiran, minum air bisa membantu melancarkan aliran darah, jadi kita lebih relaks. 

3. Lebih banyak main di alam terbuka

main ke taman yuk

main ke taman yuk via https://www.bluemaize.net

Ini jelas oke banget buat merefresh pikiran. Nggak perlu terlalu jauh seperti ke pantai, gunung, pulau terpencil, atau bahkan menyepi di gua. Coba sesekali kita jalan-jalan atau bersepeda di sekitar rumah, sekalian mengenal lingkungan yang telah lama kita abaikan. Hehe. Siapa tahu ketemu jodoh. 

4. Meditasi

Lakukan meditasi secara rutin, 10 menit per hari. Nggak perlu pakai ribet. Kamu cukup cari tempat buat sendirian, misalnya di kamar. Lalu duduk tenang, diam, pejamkan mata, dan jangan pikirkan apapun. Dengarkan suara-suara di sekitar kamu, seperti suasana rumah, angin yang berhembus, meongan kucing, kendaraan lewat, apapun itu. Lama kelamaan kamu pasti seperti bisa merasakan keheningan yang kamu ciptakan sendiri. Pasti deh, setelah itu pikiran kamu yang agak kacau jadi lebih teratur. 

5. Olahraga

Do exercise

Do exercise via http://www.123rf.com

Olahraga itu penting, Guys. Tapi kadang kita sibuk atau malas olahraga. Nggak perlu susah-susah deh, kita bisa olahraga ringan yang bisa diterapkan di rumah kayak push up dan sit up. Coba lakukan secara rutin, minimal 10 menit perhari. Lebih oke lagi kalau kamu mau meluangkan waktu untuk jogging, berenang, atau bersepeda.

6. Kurangi Penggunaan Gadget

No gadget day

No gadget day via https://dailymail.co.uk

Terkadang, sumber stres kita itu karena terlalu banyak dan sering memakai gadget, ataupun peralatan elektronik lainnya seperti TV dan komputer. Coba deh, di kala libur atau senggang, kamu matikan dulu ponsel kamu. Nggak usah buka laptop kalau memang nggak butuh. Termasuk pula, hindari nonton TV karena banyak acara yang cuma bikin kesel. Kamu bisa ganti aktivitas ini dengan membaca, minum teh, ngopi, olahraga, jalan-jalan, ngobrol sama teman, dan lain sebagainya. Percaya deh, nggak pakai gadget itu damai banget. 

7. Let go things you can’t control

Sesekali, kamu perlu tarik nafas sebentar, dan biarkan semua terjadi apa adanya. Hidup sudah ada yang atur, dan kamu pun sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan masalah. Jadi nggak ada salahnya kalau kita biarkan hidup mengalir apa adanya. Let it go.. Let it go...

8. Pikirkan Hal-hal yang menyenangkan

Selama ini kamu terlalu sibuk menyenangkan orang lain, jadi lupa membahagiakan diri sendiri. Udahlah sob, mulai sekarang pikirkan yang indah-indah aja ya. 

9. Habiskan waktu dengan orang-orang tercinta

quality time with friends

quality time with friends via https://www.wisegeek.com

Terakhir, dan nggak kalah penting, luangkan waktu untuk kumpul dengan orang-orang yang kamu cintai. Nggak harus pacar kok. Bisa keluarga kamu, saudara, atau teman-teman kamu. Main bareng orang-orang yang kamu sukai bakalan bikin kamu happy, apalagi kalau udah saling cerita, ada aja yang bisa bikin ketawa tanpa henti.

Nah, sekarang coba deh lakuin hal sederhana tadi buat mengobati lelah hatimu. Nggak perlu semuanya dalam satu waktu, pilih aja mana yang kamu suka. Asalkan kamu bahagia, stres kamu juga bisa hilang kok. Dan yang paling penting energi kamu terisi kembali dan siap menjalani kehidupan kamu dengan lebih positif. Selamat mencoba.