Rutinitas harian yang melelahkan telah usai. Siang telah berganti malam. Saatnya beristirahat! Tubuh pun sudah berbaring di atas kasur dengan nyaman, siap untuk terlelap. Setidaknya kita bisa mendapatkan tidur yang efektif kurang lebih tujuh jam agar esok hari bisa menjalani rutinitas harian dengan tubuh yang lebih segar. Tapi apa yang terjadi? Mata sulit terpejam. Gelisah. Guling sana, guling sini. Otak mulai memutar ulang beberapa rentetan kejadian, kekhawatiran akan hari esok, dan lain-lain. Seperti tak ingin berhenti bekerja. Padahal tubuh lelah sekali. Ingin rasanya terpejam barang sesaat untuk mengistirahatkan tubuh beserta seluruh komponennya.

Setiap orang pasti pernah merasakan hal ini. Sulit tidur bahkan tidak tidur sama sekali. Akhirnya, tubuh menjadi lemas, lesu, tak bersemangat dan kurang fit. Tidur menjadi tidak teratur, padahal rutinitas harian tidak berubah, selalu menuntut tubuh “siap kerja” setiap harinya. Jika hal ini terjadi berulang kali, tubuh yang tidak fit tersebut bisa menjadi penyebab datangnya berbagai macam penyakit, mulai dari sekedar flu ringan, sampai yang paling mengerikan adalah kematian mendadak.

Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesulitan tidur.

 

1. 1. Membersihkan diri sebelum tidur.

Membersihkan diri

Membersihkan diri via http://tampilsehatcantik.com

 

Bersihkanlah wajah dan bagian tubuh lain yang dirasa perlu sebelum beranjak tidur. Tidak perlu mandi, karena mandi pada malam hari kurang baik untuk kesehatan. Untuk para wanita, bersihkanlah make-up anda terlebih dahulu, selain baik untuk kesehatan kulit wajah, membersihkan make-up sebelum tidur mampu membuat wajah lebih rileks sehingga tidur bisa menjadi lebih nyaman. 

2. 2. Mematikan atau meredupkan lampu kamar.

Mematikan lampu kamar

Mematikan lampu kamar via http://static.republika.co.id

Berbagai sumber menyatakan bahwa sulit tidur berkaitan erat dengan sistem pencahayaan di dalam ruangan. Cahaya yang terang mempengaruhi otak agar tidak berhenti bekerja. Akibatnya otak tidak akan berhenti memikirkan berbagai hal hingga mengganggu ketenangan dalam tubuh. Tubuh menjadi susah rileks sehingga tidur pun menjadi sulit. Cobalah untuk mematikan lampu kamar jika sebelumnya anda tidur dengan keadaan lampu menyala. Jika mungkin anda belum terbiasa atau merasa takut pada suasana kamar yang gelap, membeli sebuah lampu tidur bisa menjadi pilihan. Lampu tidur sudah didesain sedemikian rupa sehingga anda bisa mendapatkan tingkat pencahayaan yang sesuai dengan keinginan dan kenyamanan anda.

3. 3. Meminum segelas susu hangat.

Meminum sesuatu yang hangat dapat membuat perasaan nyaman seketika. Susu adalah salah satu yang disarankan. beberapa senyawa yang terkandung didalamnya seperti Triptofan dan Melatonin, dapat membuat perasaan lebih rileks dan nyaman. Senyawa-senyawa ini juga dipercaya dapat merangsang datangnya rasa kantuk secara alami.

4. 4. Membaca buku.

Membaca novel atau cerita ringan sebelum tidur dapat mengundang rasa kantuk. Selain untuk hiburan dan menambah pengetahuan, hal sederhana ini juga sering dilakukan oleh orang tua kepada anak-anak mereka. Membacakan sebuah cerita sederhana atau dongeng sebelum tidur dipercaya dapat merangsang rasa kantuk anak datang lebih cepat sehingga waktu beristirahat mereka lebih banyak dan efektif. Hal ini tentu saja memberi dampak positif bagi perkembangan dan pertumbuhan tubuh anak.

5. 5. Menghitung mundur.

Cobalah untuk rileks. Anda bisa merapikan seprai, mengatur posisi bantal senyaman mungkin, memakai selimut jika dirasa perlu, lalu mulailah menghitung mundur. Anda bisa mulai dari angka seratus, kemudian lanjut ke sembilan puluh sembilan, sembilan puluh delapan, dan seterusnya hingga anda terlelap dengan sendirinya.

6. 6. Menjauhkan segala jenis gadget sebelum tidur.

Kita ketahui bersama, orang-orang yang hidup di zaman modern saat ini sangat sulit terlepas dari gadget. Terlepas dari sisi positif dan negatif dari penggunaan gadget secara berlebihan, perangkat ini juga berpengaruh dalam hal kesulitan tidur. Pastikan gadget seperti ponsel, tablet, laptop dan segala fiturnya dalam keadaan offline saat akan tidur. Selain karena efek radiasi jangka panjang yang sangat membahayakan tubuh, berhubungan terus menerus dengan gadget, bahkan saat anda sudah berada diatas tempat tidur memaksa kinerja otak bekerja tanpa henti. Hal-hal menarik yang terdapat dalam gadget, sosial media misalnya, membuat anda kecanduan dan mengesampingkan hal yang sangat dibutuhkan, yakni beristirahat.

7. 7. Menciptakan suasana kamar yang nyaman.

Kamar nyaman

Kamar nyaman via http://hunianrumah.com

Tidak perlu terlalu banyak menaruh perabotan di dalam kamar. Kamar yang terasa lapang dengan sirkulasi udara yang baik tentu akan terasa nyaman digunakan untuk beristirahat. Jika tidak terlalu diperlukan, televisi atau tumpukan barang-barang yang seharusnya bisa diletakkan di ruangan lain, bisa dibereskan ulang. Kembali ke fungsi kamar tidur sesungguhnya. Kamar tidur untuk tidur, bukan untuk menonton TV hingga larut malam atau mengerjakan tugas kuliah dan laporan kantor.  Jika dirasa perlu, cat kamar tidur juga bisa diganti sesuai keinginan. Bisa juga menghiasi kamar dengan wallpaper khusus yang sekarang sudah banyak dijual dimana-mana. Perhatikan juga kebersihan kamar. Debu, sampah, serangga dan lain sebagainya. Pastikan untuk membersihkan kamar secara rutin.

8. 8. Konsultasi dokter.

Jika sulit tidur tetap terjadi, atau mungkin kesehatan anda sedang terganggu sehingga memungkinkan menjadi pemicu utama sulit tidur, anda sangat disarankan untuk menemui dokter agar sesegera mungkin mendapatkan solusi yang tepat untuk masalah tidur anda. Penggunaan obat tidur secara sembarangan dalam jangka waktu yang panjang sangat tidak disarankan tanpa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

9. 9. Berdo’a

Tips terakhir, jangan lupa berdo’a kepada Sang Pencipta sebelum tidur. Mintalah diberi ketenangan serta dijauhkan dari rasa gelisah sehingga tidur bisa jadi lebih mudah. Semoga bermanfaat dan anda bisa mendapatkan tidur yang cukup serta berkualitas.