Sudah hampir musim semi di Korea! Yang paling ditunggu tentunya adalah mekarnya cherry blossom atau yang juga dikenal sebagai Sakura, dan hanya ada di Jepang dan Korea. Tidak hanya turis internasional yang menunggu mekarnya Cherry Blossom, tapi juga penduduk lokal: mereka sudah menyiapkan berbagai festival cherry blossom yang sudah disesuaikan dengan timing mekarnya Cherry Blossom per daerah! Persiapan yang benar termasuk penting karena cherry blossom ini saat mekar hanya bertahan sekitar 1-2 minggu sebelum rontok kembali. Apa saja festival-festival itu dan kapan saja mekarnya bunga-bunga musim di semi di Korea Selatan? yuk, kita lihat!

1. 11-19 Maret: Gwangyang Maehwa (Apricot) Festival 2017 & Ssanggyesa Temple

Gwanyang International Maehwa Festival via https://www.trazy.com

Tujuan wisata musim semi ini terletak di provinsi Jeollanam-do, di barat daya dari Korea. Di salah satu desanya, Maehwa Village, diselenggarakan Gwanyang International Maehwa Festival yang terkenal dengan luasnya bunga apricot. Selain itu, letaknya juga berdekatan dengan Sssanggyesa Temple dimana terdapat 6 km jalan yang dipenuhi dengan pohon cherry blossom yang sudah berusia lebih dari 600 tahun! 

2. 18-26 Maret: Gurye Sansuyu Festival 2017 & Hwaeomsa Temple

Gurye Sansuyu Festival via https://www.trazy.com

Gurye Sansuyu Festival ini termasuk yang cukup unik, yaitu melihat pohon cornelian cherry dengan nuansa kuning yang sedang mekar. Festival ini hanya diadakan satu kali untuk setiap tahunnya, dan letaknya juga berdekatan dengan Hwaeomsa Temple yang merupakan salah satu warisan kebudayaan Korea dengan umur lebih dari 1000 tahun.

3. 1-3 April: Hwagae Cherry Blossom Festival 2017 & Ssanggyesa Temple

Hwagae Cherry Blossom Festival via https://www.trazy.com

Advertisement

Di Hwagae Cherry Blossom Festival ini kita dapat menikmati gabungan dari cherry blossom berwarna pink dan putih yang cantik pada jalan sepanjang 4 kilometer. Pada saat mekar, kelopak dari bunga cherry blossom ini akan berjatuhan mengenaimu! Lokasi festival ini juga berdekatan dengan Ssaenggyesa Temple yang terkenal. 

4. 1-10 April: Jinhae Cherry Blossom Festival 2017

Jinhae Cherry Blossom Festival via https://www.trazy.com

Jinhae Cherry Blossom Festival adalah yang paling ditunggu dan paling direkomendasikan oleh orang Korea sendiri, dengan jajaran 350.000 pohon cherry blossom yang menunggu untuk dinikmati. Puncak dari pemandangannya ada di dekat Gyeonghwa Station, dimana cherry blossom ini tersebar sepanjang mata memandang: sangat cantik!

5. 1-9 April: Gyeongju Cherry Blossom Festival

Gyeongju Cherry Blossom Festival via https://www.trazy.com

Gyeongju Cherry Blossom Festival terletak di provinsi yang terkenal dengan wisata sejarahnya dan warisan budaya. Festival ini diadakan di Bomun Tourist Complex yang termasuk dalam daftar "50 tempat tercantik untuk dikunjungi di Korea" oleh CNN. Gyejongju Cherry Blossom Festival dinilai sebagai destinasi terbaik kedua untuk festival cherry blossom, setelah Jinhae Cherry Blossom Festival Di dekat tempat festival ini juga ada Gyeongju World Amusement Park dan Gyeongju Teddy Bear Museum!

6. 16 April-9 Mei: Taean Tulip Festival

Taean Tulip Festival via https://www.trazy.com

Yang satu ini bukan sakura tetapi bunga yang tidak kalah cantiknya: tulip. Bukan cuma 1-2 jenis saja loh, tapi ada sampai 1.5 juta tulip dari berbagai spesies yang ada! Taean Tulip Festival ini juga dinobatkan sebagai salah satu dari 5 festival tulip terbaik oleh World Tulip Summit Society (WTSS)

7. 31 Maret-9 April: Jeju Island

Cherry Blossom di Jeju via https://www.trazy.com

Walaupun tidak ada festival khusus untuk cherry blossom, tapi Jeju Island sebagai pulau terindah di Korea selalu menjadi destinasi favorit turis untuk menikmati cherry blossom. Kepadatan penduduk yang masih rendah di pulau ini juga menjadi salah satu poin yang menarik, karena kamu bisa menikmati hamparan pohon cherry blossom yang mekar seakan-akan di pulau pribadi milik sendiri!

8. 28 Maret-9 April: Busan Cherry Blossom

Cherry Blossom di Busan via https://www.trazy.com

Setelah Jeju Island, Busan adalah destinasi wisata terbaik kedua untuk menikmati indahnya alam di Korea. Letaknya yang identik dengan berbagai pantai cantik seperti Haeundae Beach, Gwangalli Beach, dan yang lainnya memberi kamu kesempatan untuk tidak hanya menikmati cherry blossom yang sedang mekar dengan cantiknya tapi juga bermain ke pantai dan berbagai wisata yang juga sudah tercatat sebagai UNESCO World Heritage!

9. 5-16 April: Seoul Cherry Blossom

Cherry Blossom di Seoul via https://www.trazy.com

Seoul tentunya adalah destinasi yang pasti dikunjungi oleh setiap wisatawan, terutama karena letak Incheon International Airport dan juga pusat perbelanjaan. Terutama bagi kamu yang mempunyai keterbatasan waktu di Korea dan sulit untuk mengunjungi daerah yang cukup jauh, menikmati Cherry Blossom di Seoul juga tidak kalah cantiknya! Tempat yang paling terkenal untuk cherry blossom adalah di Yeouido Hangang Park, jajaran pohon cherry blossom sepanjang jalan yang panjang dan  terletak di samping Sungai Han yang sudah tidak asing lagi. Walaupun mungkin untuk yang jomblo harus hati-hati baper, karena tempat ini sangat banyak dipenuhi oleh pasangan-pasangan! Ssst… Tidak jarang orang Korea merasa wajib untuk memiliki pasangan di waktu musim semi ini walau hanya untuk menemani pergi menikmati cherry blossom, loh. Dan yang single biasanya mengurung diri di rumah…

Bagaimana? Sudah tertarik untuk mencicipi pemandangan cherry blossom yang bermekaran di Korea? Untuk informasi yang lebih lengkap dapat dilihat disini