Mahasiswa Baru atau yang lebih akrab di sebut MABA menjadi trend sosmed antara bulan Agustus, September dan Oktober. Jadi MABA itu kebangaan, dapet kenalan senior ganteng dan cantik. Dapet almamater, nim trus disebut MAHASISWA lagi!

meski terkadang kita lupa bahwa kewajiban MABA ternyata lebih berat ketimbang MAHASISWA lama.

Itu sebabnya abaikan 10 sikap ini agar kita jadi MABA yang berguna bukan sia-sia. Karena apa yang kita lakukan di awal akan berpengaruh di akhir. 🙂

 

 

 

1. MENGELUH!

putrialfatih.blogspot.com

putrialfatih.blogspot.com via http://putrialfatih.blogspot.com

Abaikan "MENGELUH" karena satu kata ini akan membuat kuliahmu seperti terpenjara oleh waktu dan tugas. Namanya juga MAHASISWA jadi wajar kalau banyak tugas. Kewajiban kita adalah menyelesaikannya, bukankah kita yang butuh nilai?

Jika semester satu atau 'JUNIOR' saja sudah doyan MENGELUH palagi jika sudah jadi SENIOR mungkin kamu sudah menerbitkan lima buku dengan judul yang sama yaitu "MENGELUH".

MENGELUH tidak akan menyelesaikan tugasmu!

Semakin sering MENGELUH maka semakin menumpuk tugas yang tidak terselesaikan. Alhasil, nilai tidak keluar, tidak tuntas, mata kuliah mengulang, IPK rendah tujuan akhirnya pasti jadi MAHASISWA ABADI!

 

 

2. MALAS!

putrialfatih.blogspot.com

putrialfatih.blogspot.com via http://putrialfatih.blogspot.com

Ini adalah penyakit manusia yang tidak akan pernah punah meski peradaban semakin modern. MALAS adalah ciri khas MABA ketika DOSEN memberikan tugas. Terlebih jika tugas yang diberikan tidak sesuai dengan kemampuan.

"Ah, males mau ngerjain, bilang aja susah jadi gak bisa mengerjakan."

Kalimat paling umum dan selalu terdengar. Kenapa sih? Ada yang salah dengan tugas yang diberikan?

Malas juga masuk dalam daftar kehadiran. Yang harusnya 16 pertemuan, eh yang di paraf hanya lima kali. Yang 11 kemana? "Di paraf tukang nasi goreng/warkop/dsb."

Come on guys. Kuliah itu bukan cuma sekedar mejeng dan pamer tittle. Banyak pelajaran yang bakal kalian dapetin kalau kalian mengabaikan RASA MALAS dan Mengeluh!

 

 

3. MALU!

putrialfatih.blogspot.com

putrialfatih.blogspot.com via http://putrialfatih.blogspot.com

"Temenin ke perpus yok!"

"Nggak ah, malu!"

Kenapa sih harus malu? Kan sudah resmi jadi bagian dari lembaga pendidikan. Memang yang namanya MABA kan masih polos banget, jadi wajar kalau malu. Tapi, kalau malunya sudah kelewat batas kewajaran ya itu sudah tidak bisa ditoleri lagi.

Karena MABA harus lebih aktif dan dinamis. Jangan diam kayak SISWA. Yang ada temen lain libur kamu masuk kuliah sendiri karena nggak tahu jadwal. So, tetap malu tetapi jangan keterlaluan. Malu kalau melakukan sesuatu yang salah. Kalau ke perpus, kantor, dll ya jangan malu dong. Emang kamu mau kelaperan gara-gara malu ke kantin? Nggak kan?

 

 

4. TAKUT!

putrialfatih.blogspot.com

putrialfatih.blogspot.com via http://putrialfatih.blogspot.com

"Buruan jawab pertanyaan Bapak/Ibu."

"Nggak ah, takut salah."

Weks! Kalau takut salah kapan benernya? Bukannya kita harus salah terlebih dahulu untuk mendapatkan sebuah kebenaran?

Jadi buat apa takut salah? Karena semakin banyak kamu salah maka semakin banyak kebenaran yang akan kamu dapatkan.

So, jangan takut salah lagi yaa. Jangan juga takut sama dosen/senior.

 

 

5. TIDAK PERCAYA DIRI!

putrialfatih.blogspot.com

putrialfatih.blogspot.com via http://putrialfatih.blogspot.com

PD- Percaya Diri.

Ah, nanti pasti dibilang CAPER/CARMUK kalau terlalu PD.

Yeee, yang bilang gitu berarti mereka iri dengan keberanianmu. Jadi jangan takut/malu menunjukan kepercayaan diri kamu. Kuliah juga bertujuan mengembangkan potensi terpendam kamu loh.