Tidak bisa dipungkiri di jaman yang serba cepat ini mengharuskan kita selalu bergerak cepat pula. tak hanya bagi para karyawan perusahaan saja. namun, bagi kita anak muda pun dituntut seperti itu. jika sudah begitu, bukankah rasa bosan, suntuk, galau dan segudang perasaan pesimis itu kerap muncul?. nah, mungkin kamu bisa coba beberapa hal sepertinya. 

 

1. Gunakan waktu luang untuk berkreasi sesukamu

amplop surat yang tak berguna bisa jadi suatu kreasi lho

amplop surat yang tak berguna bisa jadi suatu kreasi lho via http://sabilarama.wordpress.com

Gabut karena sudah semester akhir? Gagal terus ketemu dosen? Malas mencicil draft skripsi ataupun makalah lainnya?

Hmm, sepertinya kamu butuh sedikit refreshing. Gimana caranya? Banyak,salah satunya saat gabut yang sering nggak jelas itu dapat menghasilkan suatu produk lho. Coba bayangkan jika satu minggu kamu punya 4 hari luang. Sementara  1 harinya kamu bisa menghasilkan 1 karya, betapa produktifnya hidupmu. Ingat, ketika kita sudah meninggal nanti bukan gelar yang akan dikenang oleh khalayak tapi karya kita.

Oke, contoh kecil yang bisa kalian coba yaitu iseng-iseng dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di kamarmu. Sejumlah lipatan-lipatan kecil dapat kamu rangkai menjadi suatu bentuk yang unik. Begitupun dengan perkakas sisa, tak mustahil kan jika suatu saat ide-ide isengmu itu dikembangkan menjadi sebuah usaha?.

2. Bahagiakan dirimu dengan pergi ke tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi

bahagia itu sederhana kok

bahagia itu sederhana kok via http://people.desktopnexus.com

Galau? Malas? Suntuk? Wake up girls, hidup itu bukan untuk malas-malasan. Oleh karena kita diberi hidup oleh Tuhan maka harus digunakan sebaik-baiknya. Memang ada saat kita mengalami down terhadap suatu hal hingga dapat mengganggu komunikasi kita dengan orang lain. Kuncinya, bahagiakan dirimu sendiri. ya, bahagiakan. Gimana caranya?

Nah, kamu bisa naik gunung, pergi ke pantai, museum, taman nasional, pameran buku, festival ataupun pasar mingguan. Cukup pergi sendiri jika kamu merasa lebih bahagia tidak ada  kawan. Lepaskan dan bebaskan segala sesak dalam dada agar ia menguap bersama udara. Bahagia atau tidaknya hidupmu hanya kamu yang menentukan. So, make it happy and enjoy the procces. 

3. Tersenyumlah kepada orang-orang yang ada di sekelilingmu

Tersenyum itu cukup gampang kok. tarik urat-urat pipimu kesamping sedikit saja

Tersenyum itu cukup gampang kok. tarik urat-urat pipimu kesamping sedikit saja via http://google.com

Senyum, cheers..nah mungkin ini yang harus dikatakan buat kamu yang susah senyum kali ya. Senyum itu ga susah kok, tapi yang susah itu tersenyum secara ikhlas. Gimana cara tahunya? Gampang, ketika senyum itu masih terus merekah pada seseorang bahkan ketika yang diberi senyum sudah pergi. Pernah lihat kan?

 

Sebisa mungkin berikan senyuman terbaik pada orang-orang yang ada disekelilingmu. Entah sedang berada di kampus, pasar, jalan atau dimanapun kamu pergi. Sebuah senyuman memang sederhana namun bisa bermakna penting bagi seseorang. Mereka yang menerima senyuman bisa merasa bahagia, dihormati, dan dihargai. Selain itu, agama juga menyatakan bahwa senyuman yang ikhlas kepada saudara adalah suatu sedekah. Then, smile and always keep your smile to the others.

4. Lakukan segala hal dengan ikhlas dan lapang dada

bukan ikhlas jika masih sakit

bukan ikhlas jika masih sakit via http://www.kaskus.co.id

“udah dijalanin aja yang ikhlas, siapa tahu ada hikmahnya.. ”.

“hm.. iya ikhlas”.

memang ikhlas itu harus diucapkan ya? Dan diikuti dengan dengusan? Absolutely NO. Bilang ikhlas emang gampang banget tapi realitanya? Ya, ikhlas memang susah banget. Kata orang, enam kata tapi enam tahun buat menjalaninya.

Kalo kamu percaya sama Tuhanmu dengan segala apa yang terjadi pada hidupmu. Pasti kamu akan berserah diri pada-Nya dan menjalankan sesuatu sesuai jalurnya. Jika kamu menghadapi suatu masalah tidak usah dipaksa, diperlambat maupun dipercepat. Toh, tidak akan mengurangi esensi dari permasalahan itu kan?. kamu akan merasakan berat sekali di awal memulainya. Namun, semakin berlanjut kamu akan menikmati bahkan sengaja meresapi setiap detik hal yang dikerjakan. Itu adalah salah satu rasa ikhlas yang tercipta secara perlahan di dirimu. 

5. Gunakan waktu luang untuk menghubungi saudara dan kerabat lainnya

perbaiki komunikasi yang lama tidak terjalin

perbaiki komunikasi yang lama tidak terjalin via http://www.pusatcinta.com

punya pacar LDR? kerabat yang jarang diberi kabar? atau kerabat jauh yang lama tak disapa?. sepertinya waktu gabutmu bisa lho dimanfaatkan untuk sekedar bertanya tentang kabar mereka. butuh waktu 10 menit saja untuk hanya berkirim kabar. manfaatnya kamu bisa lebih dekat dengan mereka, dan mereka pun senang. bahkan pada relasi bisnis pun itu dapat membuatmu bisa lebih dipercaya oleh Si Bos.