Ada yang bilang kalau kamu cinta harus cemburu. Cemburu itu tandanya kamu cinta dan harus memilikinya. Apakah kamu juga termasuk orang yang percaya dengan kata-kata tersebut?

Cemburu itu berasal dari ego mu untuk memiliki pasanganmu sepenuhnya, mengatur dan mengendalikan hidupnya.

Kamu hanya mengikatnya dengan aturan-aturanmu. Dan ketakutan terbesar yang ada di pikiranmu saat kamu cemburu adalah kamu akan takut kehilangan dia.

Dan dengan ketakutan mu itu, kamu justru memaksanya untuk setia pada mu dengan sifat cemburu mu.

Padahal dalam sebuah hubungan yang sehat harus ada rasa tanggungjawab dan kepercayaan dari kesadaran masing-masing, bukan dari paksaan salah satu pihak.

Sesuatu yang berasal dari paksaan tidak akan menimbulkan kesadaran untuk melakukan hal yang seharusnya.

Hentikan kecemburuan dan sifat over posesif mu sebelum kamu benar-benar kehilangannya dengan 5 cara ini:

1. Percaya diri dan Berikan Kepercayaan Penuh Pada Pasanganmu

Inilah hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengakhiri sifat cemburu mu.

Kecemburuan yang kamu rasakan selama ini adalah karena kurangnya rasa percaya dirimu sehingga kamu takut pasanganmu akan berselingkuh dengan orang yang lebih baik dari kamu.

Bukankah dia sudah memilihmu? Itu tandanya kamu pantas untuknya dan yang terbaik menurutnya, dengan kepercayaan yang kamu berikan, dia akan sadar dengan sendirinya bahwa ada kamu yang percaya penuh dengannya. Dia akan sadar dengan sendirinya tanpa paksaan darimu.  

2. Sadarlah bahwa ketika dia sudah memilihmu, itu karena kamu memang yang terbaik dari semua pilihan yang dia punya

progress-not-perfection via https://www.getmealplans.com

Kamu sudah memilikinya kan? Kenapa harus takut dia mengkhianatimu? 

Semakin kamu ketakutan kehilangan dia, semakin dia memanfaatkan ketakutanmu itu untuk melakukan apa yang kamu takutkan.

Tapi dengan kepercayaan dirimu melepaskan dan membebaskannya, justru nanti dia yang akan memintamu untuk mengikatnya, bukan kamu memaksa mengikatnya dengan aturan mu.  

3. Sadarlah jika dia memang cinta kepadamu, dia tidak akan pernah mengkhianati kepercayaan mu

tujuh-manfaat-ajaib-dari-berpegangan-tangan via https://www.kancyl.com

Saat kamu melepaskan dan membebaskannya karena rasa percaya mu bahwa dia bisa bertanggungjawab dengan hubungan kalian, tapi dia malah mengkhianati kepercayaan mu dan meninggalkanmu, itu tandanya dia tidak pantas untukmu.

Untuk apa mempercayai orang yang tidak bisa kamu percaya? 

Cinta adalah kepercayaan, kalau dia sudah tidak bisa kamu percaya, berarti dia sudah tidak cinta.  

4. Belajarlah mencintai diri mu sendiri

belajar-mencintai-diri-sendiri via http://maknahidupdamai.blogspot.co.id

Belajarlah mencintai apa yang ada pada dirimu, syukuri semua yang kamu miliki dan yang terjadi pada dirimu. Dengan bersyukur kamu bisa bahagia, bahagia yang kamu ciptakan sendiri.

Saat kamu bisa menciptakan bahagiamu sendirinya, kamu akan menarik untuk dijadikan sumber kebahagiaan oleh orang disekitar mu, terutama pasanganmu. Dan dia akan sangat menggantungkan kebahagiaannya pada kamu. Jadi justru dia yang akan merasa takut kehilangan kamu.  

5. Ingat ya, tidak cemburu bukan berarti kamu tidak peduli dan tidak perhatian lagi dengan pasanganmu

key-small-business-success-sales-caring-people via http://www.business2community.com

Kamu hanya memberikannya kebebasan yang bertanggungjawab, tapi kamu harus selalu memberinya perhatian dengan takaran sewajarnya. Jangan berlebihan apalagi cenderung meminta-minta untuk di perhatikan.

Mudahkan?

Dan jika kamu masih menemui pasangan yang sering cemburuan dan posesif, kamu bisa bagikan artikel ini untuk mereka. Bantu mereka, bagi bahagiamu.  

Kesimpulannya untuk menghentikan sifat posesif dan cemburu mu itu kamu harus lebih percaya diri dengan mulai menerima dan mensyukuri apa yang kamu miliki dan dapatkan sekarang, dengan begitu kamu akan mencintai dirimu sendiri dan mampu menciptakan bahagiamu sendiri karena kamu mampu membebaskan dirimu dari sifat cemburu.