Untuk kamu yang sempat singgah disini,dihatiku, dan membuatku bahagia begitu hebatnya. Namun semua kini tinggal kata-kata saja. Semua telah usai. Jalan lurus itu telah bertemu persimpanganya. Perasaan ini berhenti disini, kita tak dapat bersama lagi. Namun semua ini tak akan membuat langkahku juga terhenti. Karena hidupku dan jalanku harus tetap maju. Maka perpisahan ini tak akan membuatku berlama-lama pilu, kenapa? karena hal-hal ini..

 

1. Walaupun aku sendiri, tidak akan melunturkan nilaiku sebagai manusia

karena hidup kita berharga mamen

karena hidup kita berharga mamen via http://www.googleimage.com

Tidak ada yang salah atau benar tentang berpacaran atau lajang. Semua itu tidak akan merubah nilai kehidupan setiap insan. Karena aku pun tetap bisa berjalan, bernafas dan menjalani aktivitas seperti semua mahluk ciptaan Tuhan.

2. Walau gagal, setidaknya raga ini pernah mencoba

palingg ngga pernah nyoba

palingg ngga pernah nyoba via http://www.templesquare.com

Aku sadar bahwa diri ini tak mudah untuk jatuh cinta, dan menurutku kamu adalah manusia yang cukup beruntung karena kuberikan posisi dalam kehidupanku, dan aku pun juga beruntung sempat memilikimu. Walau tak bertahan lama paling tidak aku sempat belajar mencoba, mencoba untuk menyatukan 2 mahluk ciptaan Tuhan yang berbeda latar belakang dan raga. Paling tidak aku belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Agar di waktu selanjutnya hubungan yang terjalin akan terasa lebih sempurna.

3. Bumi ini tetap akan berputar walau tanpamu sekalipun

Santai ja lah ya :)

Santai ja lah ya :) via http://www.girlontumblr.com

Memang saat hidup ini kujalani bersamamu semua terasa lebih mudah. Namun bukan berarti tanpamu akan terasa susah. Karena dengan atau tanpamu bumi akan tetap berputar pada porosnya, matahari akan tetap mengelilingi bumi dan abang tukang baso akan tetep jualan di lapaknya. Perpisahan ini memang awalnya membuatku keki, tapi akupun sadari, aku punya kaki, dan aku bisa berdiri sendiri tanpa perlu genggaman tanganmu ataupun bersandar di bahu mu lagi.

4. Walau terluka, aku berjanji tak akan mau lama-lama merasakan sakitnya

jangan lama2, secukupnya ja

jangan lama2, secukupnya ja via http://www.happygirlontumblr.com

Dengan naluri manusia biasa, memang tak terpungkiri awalnya aku sangat terluka. Rasanya semua begitu jahat dan gelap adanya. Seakan aku tak mampu untuk bangun dan kembali tersenyum bahagia. Tapi aku pikir semua itu sia-sia karena hanya akan membuang waktuku saja. Dan ternyata aku mampu berdiri dan menjalani hari seperti sedia kala. Rasanya perpisahan 2 anak manusia ini tak membuatku pincang, buta sebelah mata atau tak bisa bernafas sempurna. Semua kurasa baik-baik saja.

Tak perlu lama-lama merenungi fakta bahwa kita tak lagi bersama.

Semua berlalu dengan mudahnya karena aku memang berniat menerima bagian dari cerita tentang kita yang harus sampai disini saja..

5. Kesendirian ini membuatku lebih fokus pada keluargaku

Jauh sebelum aku mengenalmu, aku lebih dulu mencintai keluarga dan sahabat2ku. Mereka yang lebih setia dan menerimaku apa adanya. menyadari saat kau mulai masuk dalam kehidupanku, rasanya aku tak lagi sering bertatap muka barang untuk minum kopi bersama mereka, mungkin karena rasa egoisku untuk menjadikanmu yang utama. Dengan tak adanya dirimu disini lagi rasanya waktu ku kembali pada keluarga dan sahabat2 tercinta.

6. Tak perlu gundah Tuhan selalu punya rencana

secukupnya ja ya

secukupnya ja ya via http://totalsororitymove.com

Aku mengerti bahwa Tuhan selalu punya rencana yang indah untuk setiap umatNya, termasuk aku yang tak pernah alpa dalam memanjat doa. Tentang kegagalan kita,pasti ini adalah bagian dari rencanaNya. Mungkin tak akan baik jika kita terus bersama, atau jodohmu sudah disiapkan diluar sana. Aku berterimakasih kepada Tuhanku karena telah menghentikanku pada cinta yang tak seharusnya.

7. Karna kita akan dipertemukan oleh cinta yang salah sebelum berlabuh pada cinta sesungguhnya

sabar ya,dek :p

sabar ya,dek :p via http://www.radiotimes.com

Sering aku mendengar istilah bahwa sebelum menemukan cinta yang tepat maka kita akan terlebih dahulu dipertemukan dengan cinta yang salah. Dan itu bukanlah sebuah retorika. Itu adalah panduan untuk hubungan cinta manusia. Bayangkan saja dari cinta monyet sampai saat kita dewasa pasti akan bertemu dengan orang-orang yang awalnya kita anggap cinta sejati namun akhirnya pergi juga. Ku rasa ini bukanlah soal Tuhan yang tak adil atau bagaimana, justru ini adalah rancangan baiknya, untuk menguji kesabaran kita sejauh mana

8. Ini semua tentang proses keikhlasan

ikhlas lahir batin yaah

ikhlas lahir batin yaah via http://www.classifiedadsites.org

Aku belajar mengikhlaskan apa yang memang bukan untuk ku. Dan rasanya memang ikhlas ini memudahkanku untuk bangun kembali dari pilu seminggu. Dan akhirnya ikhlas lah yang membuat proses merelakan jadi menyenangkan. Kenapa harus menitik beratkan pada cinta yang tidak bisa dipaksakan? Bukankah jika memang untuk kita maka tidak akan terhalang? 

9. Walaupun gagal, aku tak akan takut membuka hati lagi

mati satu tumbuh seribu

patah hati jangan mengeluh

masih banyak hati yang lain

yang menanti tuk kau singgahi

 

putus cinta soal biasa

sedihnya jangan lama-lama

nanti kau bisa mati rasa

tegarkan hatimu dan melangkahlah

 

Lagu yang saat ini aku sering dengar, dari tifany kenanga. Lirik yang mudah dimengerti. Bahwa putus cinta bukanlah akhir segalanya. Totally true. Sembari Tuhan mengatur jalanku untuk bertemu dengan seorang yang sudah Ia siapkan, mari kita perbaiki diri untuk bisa menggenapkan. 

 

Karena perpisahan bukan menjadi alasan untuk kita apatis terhadap cinta yang selanjutnya.

 

So yupss!! Bagi Hipwee reader yang maybe sekarang lagi broken heart, after breakup atau galau karena perpisahan, Boleh saja bersedih,menangis atau menyendiri sementara dan menjauh dari hiruk pikuk dunia. Hanya saja jangan lama-lama, bumi terus berputar, kita tidak bisa berhenti lama-lama. Langkahkan kaki dan sadarkan dirimu bahwa dirimu indah dan hanya orang yang baik pula yang berhak mendapatkan engkau punya cinta. Ingat juga cinta akan bertemu pada tambatan yang seharusnya pada waktu yang tepat pula.

Dan bagiku mendekatkan diri kepada Tuhan jadi kunci utama, agar kita lebih peka terhadap petunjukNya.

Jadi jangan lama-lama ya galaunya, bentaran aja Keep your head up, AWESOME!  :)