"lagi nunggu siapa dek?"

"nunggu wadek 3 kak, mau minta tanda tangan buat proposal"

"loh proposal apa? kan baru semester 1"

"proposal magang kak"

Hayo kalian yang merasa arek perikanan sudah pernah ngerasain magang belum? Magang ini bisa dilakuin ketika libur semester. Kalau yang sudah magang, silahkan bernostalgia. bagi yang belum? buruan nyusun proposal dan ngajuin ijin magang ya. rugi banget kalau kalian gak ngerasain magang! kok bisa rugi? karena dengan magang kalian bisa menemukan moment-moment dibawah ini.

 

1. Mau magang dimana? Tambak atau perusahaan? bisaaa bangeet

aku ingin magang disini

aku ingin magang disana

disana disini aku ingin sekali

semua semua demi perikanan

mau magang dimana dek? perusahaan, balai perikanan, tambak perorangan? bisa kok bisa. semua bisa diatur selama ada proposal pengajuan. fakultas perikanan tentunya sudah memiliki perjanjian dengan beberapa perusahaan serta balai yang mengijinkan mahasiswanya melakukan kegiatan praktek magang. gak ingin magang di perusahaan? maunya di milik perorangan? bisa juga kok. sekali lagi, selama ada proposal. proposal ini berguna banget buat kalian yang ingin mengajukan ijin magang, dengan proposal, tempat tujuan kalian magang bisa mengetahui rencana kerja kalian selama magang nanti. 

2. Dengan magang, bisa praktekin apa yang dipelajari selama diruang kelas

Guru terbaik adalah pengalaman

Satu semester sudah belajar ini itu, aplikasinya? cuma beberapa persen dalam kegiatan praktikum. sisanya? makanya magang, supaya kalian bisa praktek di lapangan yang sebenarnya. masih penasaran bener gak sih kalau ijuk kelapa itu efektif untuk telur ikan? nah buktikan sendiri selama kegiatan magang ini.

Pengeringan tambak bener gak sih butuh waktu 2-3 hari? jika kalian beruntung, kalian bisa turut terlibat langsung dalam proses pengeringan tambak. kalau kebagian yang ini,, cuma bisa bilang, semangaat yaaaa. 

3. Dengan magang, bisa belajar hal baru juga yang gak dipelajari di ruang kelas

Menggali potensi diri adalah seperti mengarungi samudra tanpa batas, selamanya anda tidak akan pernah tuntas mengeksplorasi dan mengekploitasinya

~Ir.Muhammad Arief, M.Kes~

 

banyak hal yang akan kalian dapatkan dari magang. termasuk berbagai proses dalam kegiatan budidaya yang gak diajarkan didalam ruang kelas. misalnya saja proses panen udang vannamei. serius didalam kelas kita cuma belajar menyiapkan kolam, perawatan kolam, panen? belum tentu diajarin. nah dengan adanya magang inilah kalian jadi paham bagaimana proses panen yang baik dan benar. Alhamdulillah

kalau itu kan tentang budidaya, nah kalau kalian magang di industri pakan, syukur-syukur kalau skala pabrik, kalau skala rumahan ya di Alhamdulillah-in juga ya. kalian bisa jadi tahu bahan-bahan pembuatan pakan ikan. oh ya kalau yang ini gak recomend buat yang punya asma ya,, baunya Subhanallah banget.. tapi sebanding kok dengan ilmu yang kalian dapat... inget ilmu itu gak cuma didalam ruang kelas, dimanapun kalian bisa dapat ilmu, ditempat yang bau sekalipun.

4. Selama magang, bisalah disambi nyari judul buat PKL

"PKL ambil apa nggy?"

"belum kepikiran kak"

"pernah magang? ambil aja judul dari spesies yang dulu pernah kamu temuin ditempat magang"

salah satu manfaat magang adalah jadi mengenal kondisi balai tempat kalian magang. lumayankan dengan begitu kalian jadi punya sedikit gambaran tentang PKL kalian nanti. PKL ini dilaksanakan pada libur semester lima. semacam magang memang, berbeda pada rencana kegiatan dan lama waktu kegiatan saja. 

kalau selama magang kalian mengikuti segala kegiatan yang ada disana, PKL ini kalian mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan judul kalian. Magang biasanya dua minggu, kalau PKL ya empat minggu lah. lebih lama memang. tapi secara keseluruhan hampir samalah. nah ini juga gunanya kalian magang, sehingga ketika PKL kalian tidak akan kaku dalam berinteraksi dengan pegawai ditempat kalian PKL nantinya. 

5. Berkat magang, bisa nambah teman juga koneksi

fakultas perikanan itu gak cuma satu, banyak 

karena gak cuma kalian yang punya pemikiran untuk magang, dan gak cuma fakultas kalian satu-satunya fakultas perikanan yang ada di Indonesia, jadi jangan kaget kalau nantinya kalian bertemu teman seperjuangan dengan almamater yang berbeda. salam iwak!

selama magang, coba deh bergaul sama pekerja disana, jangan sama ikan mulu.

fungsinya selain untuk mengakrabkan diri, siapa tau kalian bisa dapat makan gratis. hihihi 

6. kalau beruntung, selama magang bisa nemu pujaan hati alias cinlok

salah satu contohnya

salah satu contohnya via http://audyrossa.blogspot.co.id

"Dalem hati nggumam banget, Subhanallah zakki rajin bener sholat tahajjud, sholatnya khusyuk pula, sumpah mau banget punya calon suami kaya gitu… *skip*

heeyaaa berbahagialah kalian yang kena cinlok selama magang. hihihi

kalau magang sih biasanya berkelompok cowok cewek campur jadi satu. gak jarang juga bisa muncul cinlok. ya biasalah cinta kan karena terbiasa. 

pulang magang masih jomblo? tenang, jodohmu mungkin lagi magang sama yang lain. hihihi

7. Magang itu bisa juga liburan yang tersamarkan lo...

"ini magang dua minggu?"

"iya pak dua minggu"

"alah paling yang seminggu buat liburan"

"hehehe"

maklum kok maklum banget kalo kalian bakal korupsi waktu magang buat liburan. ya minimal dua hari deh. magang kan bebas dimana aja, mau ke karimunjawa? monggo. loh jangan salah, memang ada kok yang pernah magang di karimunjawa. sambil menyelam minum air gitu,, gak nanggung-nanggung pula. hihihi

magangmu di balai perikanan yang jadwalnya padat? suantee kayak dipantaiiii.. hari sabtu minggu libur kok balai perikanan, jadi kalian bisa manfaatkan waktu itu untuk explore lingkungan tempat kalian magang. kalo bisa sih ya liburannya yang ngasi kalian ilmu juga.

 

seru kan magang? serulah. arek perikanan belum pernah magang? rugiii banget. setelah tau manfaat magang seperti itu, tunggu apalagi? buruan susun proposal magang kalian, cari temen magang, packing baju kalian, berangkaaat!!!