Pada akhirnya kita akan dihadapkan pada fase dimana kita akan bekerja untuk memenuhi kebutuhan kita sendiri. Namun, tak usah menunggu fase itu tiba karena kita bisa memulainya bahkan disaat kita menjalani peran sebagai seorang mahasiswa. Memiliki pekerjaan part time atau paruh waktu dapat menjadi alternatif kegiatan selain kegiatan organisasi yang nantinya akan sangat berguna untuk mencari pekerjaan. Selain itu, bekerja paruh waktu juga memiliki banyak manfaat.

 

1. Melatih diri agar tidak melulu bergantung dengan orang tua

Di usia kita saat ini, kita memang masih menjadi tanggungan bagi kedua orang tua. Namun, tidak ada salahnya apabila kita mulai membantu meringankan beban mereka. Dengan bekerja part time, pastinya kita akan mendapat uang. Yah, walaupun tidak seberapa tapi setidaknya kita tidak perlu meminta tambahan uang jajan untuk membeli pulsa, beli baju, atau bahkan gadget baru.

Alangkah lebih bahagianya kita apabila kita bisa berkata, "Ibu pilih saja, nanti biar aku yang bayar. Aku baru gajian."

2. Melatih diri untuk bisa lebih menghargai uang

Transparent piggy bank

Transparent piggy bank via https://www.myinfoline.com

Bekerjalah! Maka kamu akan tahu arti dari hasil kerja kerasmu!

Mungkin saat ini kalian masih sering menodong orang tua untuk minta dibelikan ini itu. Ketika kalian mulai bekerja part time dan terbiasa untuk menerima uang, rasanya harus pikir-pikir dulu sebelum kita membelanjakan uang tersebut. Saat kita membayangkan untuk membeli sesuatu, pastinya kita berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk membeli. Kalian pasti teringat perjuangan kalian saat harus berdiri berjam-jam ketika menjadi karyawan restoran atau bagaimana pahitnya mendapat komplain dari pelanggan online shop kita. Makanya, kita menjadi lebih perhitungan saat mengeluarkan uang karena kita merasakan bagaimana perjuangan kita untuk mendapat uang.

3. Dapat meneruskan hobi sembari mendapat uang

Kerja part time nggak harus jadi karyawan kok.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan kemudahan mendapat informasi, kini kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai lahan untuk mengembangkan bisnis. Buat apa punya banyak akun sosial media tapi nggak bisa menghasilkan? Apabila kita ingin memulai untuk bekerja part time sebagai seorang entrepreneur, sah-sah saja kok. Kita bisa memulainya dengan mengembangkan hobi dan kemampuan kita. Misalnya, buat yang suka memasak bisa kok memulai jualan di instagram. Yang suka desain juga bisa memulai bisnis kecil-kecilan untuk jasa desain grafis. Di era modern ini, banyak kok cara untuk menghasilkan uang sendiri. Tidak masalah apakah kamu mau memulai bekerja dengan bisnis MLM, bikin usaha sendiri, atau jadi karyawan. Asalkan itu halal, tidak ada salahnya kan untuk mencoba.

4. Bisa menjadi acuan perusahaan untuk merekrutmu

Memiliki pengalaman kerja tentunya akan menjadi poin plus saat kamu melamar kerja.

Sekecil apapun pekerjaan yang kalian lakukan, pastinya pekerjaan tersebut akan menambah pengalaman yang tidak ternilai harganya. Kelak disaat kalian akan melamar kerja, kalian tidak akan kesulitan membuat CV karena kalian telah memiliki bekal bekerja part time. Percayalah, perusahaan akan memilih calon karyawan yang telah terbiasa bekerja daripada mereka yang tidak memiiki pengalaman sama sekali.

5. Melatih diri untuk memanage waktu

time management

time management via http://www.myadroit.com

Time management is my middle name!

Dengan memiliki kegiatan lain disamping kuliah, mau tidak mau kalian harus bisa membagi waktu. Terbiasa membagi waktu akan membuat kalian terbiasa pula untuk membuat manajemen waktu. Kalian jadi tahu kapan deadline pengumulan tugas kuliah dan deadline pekerjaan. Hal ini tentunya akan menguntungkan kalian terlebih disaat memiliki pekerjaan tetap. Selain itu, kalian juga menjadi lebih aware akan pentingnya waktu serta mengurangi kecenderungan untuk menunda suatu pekerjaan.