Demi kehidupan yang lebih baik banyak orang berbondong-bondong merantau ke kota, baik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ataupun mengadu nasib dengan menjadi pekerja. Mereka rela meninggalkan kampung halaman demi menggapai mimpi dan harapan di kota.

Mereka rela menahan rindu dengan  orang tua, sanak saudara dan orang-orang tercinta. Mereka tinggalkan kasur empuk dan lezatnya masakan Ibu demi tinggal di sebuah kamar kost yang sempit dan berjibaku dengan kerasnya kehidupan kota.

Ketika berbicara mengenai anak kost yang terlintas dibenak adalah hidup pas-pasan di perantauan. Memang benar sebagai anak kost, mereka cenderung hidup prihatin demi masa depan. Tak jarang mereka sering kali makan seadanya, agar pengeluaran tidak membengkak. Namun justru hal-hal yang demikian itu menjadikan mereka sosok-sosok manusia yang kuat dalam mengarungi kehidupan. Berikut adalah ulasannya.

1. Mandiri sudah pasti, mentalnya pun telah teruji

Jauh dari orang tua mau tidak mau membuat anak kost menjadi sosok yang mandiri. Mereka terbiasa melakukan segalanya sendiri. Mulai dari menyiapkan makan, mencuci, bersih-bersih bahkan mengganti lampu, semua dilakukan sendiri. Secara tidak langsung merek juga terlatih untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Jadi, kemandirian seorang anak kost sudah tidak diragukan lagi.

2. Sabarnya tingkat dewa, apalagi saat menunggu uang kiriman yang entah kapan datangnya

Advertisement

Mereka juga sosok yang penyabar, buktinya mereka rela menahan rindu dengan orang-orang tercinta hingga saat pulang kampung tiba. 

3. Kemampuan management financial yang baik

Mereka paham betul bahwa hidup di perantauan mengharuskan mereka memiliki skill dalam mengolah keungannya agar mencukupi segala kebutuhan. Mereka sadar bahwa mereka tidak bisa mengandalkan siapapun kecuali diri mereka sendiri. 

4. Mudah bergaul dan bersosialisasi

Tinggal di kota juga mengharuskan mereka untuk terampil dalam bersosialisasi, hidup berdampingan dengan tetangga kost juga berlaku seperi warga setempat. Hal ini akan memudahkan mereka dalam menjalani hidup di perantauan. Bergaul dengan warga aja bisa apalagi bergaul sama keluarga kamu.

5. Terbiasa hidup sendiri, sehingga rasa takut pun enggan menghinggapi sosok mandiri ini!

Meninggalkan kampung halaman dan segala isinya adalah bukti bahwa mereka adalah sosok yang pemberani. Dengan segala resiko dan kerasnya kehidupan kota, mereka berani mengadu nasib demi tujuan yang mulia. 

 

 

Tuh, jadi anak rantau itu mentalnya udah terasah guys, nggak perlu diraguin lagi kok. Semoga cepet dipertemukan dengan jodohnya ya!