Kopi adalah salah satu kunci untuk berbahagia bagi para penikmatnya. Bangun pagi minum kopi, habis makan minum kopi dan janjian bertemu dengan temanpun sering  di kedai kopi

Hal yang sering terlihat setelah orang memesan kopi di kedai kopi modern adalah “menanyakan password WIFI”.Tak heran bila banyak kedai kopi tradisional yang gulung tikar karena diserang oleh kedai kopi modern yang tak pernah lupa dengan layanan wifi gratisnya. 

 Pada akhirnya minum kopi dan menikmatinya bukanlah tujuan utama. Semua berubah saat ada layanan "Wifi gratis". Bisa dibilang, tak semua orang yang mengunjungi kedai kopi ingin adalah penikmat kopi. Tapi penikmat wifi gratis .  Beberapa datang dengan tujuan lain yaitu download aplikasi gratis, nonton streaming gratis, mengirim email gratis, dll. Sampai pada akhirnya orang-orang yang duduk di coffee shop sibuk dengan dirinya sendiri.

Nah, kali ini saya akan membahas 5 hal positif  yang bisa dilakukan lebih efektif bila Coffee Shop tidak menyediakan  wifi gratis.

 

 

 

1. Bisa ngobrol dengan lebih leluasa

Coffee shop tempat ideal untuk minum kopi dan berbagi cerita

Coffee shop tempat ideal untuk minum kopi dan berbagi cerita via http://blog.citysocializer.com

Pernah nggak kamu janjian dengan sahabat di coffee shop untuk ngobrol? Terus pada akhirnya bukannya ngobrol, tapi kalian sibuk dengan gadget masing-masing sambil menikmati wifi gratis, download ini-itu, fesbuk-an, parahnya malah komen-komen-an di path.

Coba bayangkan bila kedai kopi tersebut tak menyediakan wifi gratis. Pasti kalian bisa ngobrol lama dan berbagi banyak cerita.

2. Membaca buku

membaca buku favorit di coffee shop

membaca buku favorit di coffee shop via http://www.chatelaine.com

Daripada menghabiskan waktu di depan layar gadget sambil membuaka situs yang nggak jelas juntrungnya lebih baik membaca buku. Saya sangat menyarankan untuk membaca buku konvensional di coffee shop. Selain sensasinya berbeda, kita akan mulai bernostalgia dengan jaman sebelum kita mengenal internet.

Jangan lupa membawa novel favorit atau majalah terbaru saat kamu menunggu seseorang di coffee shop. Percayalah, membaca lebih nikmat sambil minum kopi.

Ingat, membaca adalah jendela dunia :)

3. Menulis

a writer at coffee shop

a writer at coffee shop via http://www.runnersworld.com

Beberapa penulis mengaku tak bisa fokus menulis karena ketika membuka laptop mereka lebih sering update  "media sosial" dan membuka situs-situs yang tidak berkaitan dengan pekerjaan mereka.

Ketiadaan wifi gratis di coffee shop dipastikan akan membuat para penulis lebih fokus melanjutkan tulisannya. 

4. Memperhatikan hal-hal sekitar kita

Nongkrong sendirian di coffee shop

Nongkrong sendirian di coffee shop via http://recruiterpoet.com

Sendirian di coffee shop bukan sebuah kesalahan. Kalau kamu dalam keadaan kurang beruntung seperti tak membawa laptop, gadget rusak dan tak ada buku yang tersedia, kamu bisa mencoba hal yang satu ini.

Perhatikan hal-hal yang ada di sekitarmu. Perhatikan orang-orang di sekelilingmu. Lihat perbedaan setiap orang. Kamu juga boleh melihat barista yang sedang meracik kopi dan bertanya hal-hal yang berkaitan dengan kopi pada mereka. 

Buat para jomblo, coba lihat kiri kanan. Siapa tahu kamu ketemu jodoh di coffee shop.

5. Membuat sesuatu yang unik

Merajut di coffee shop

Merajut di coffee shop via https://www.facebook.com

Satu kali saya pernah berada di coffee shop yang wifi-nya mati total. Untungnya, hal tersebut tak masalah buat saya. 

Ada benang, ada hakpen. Jadilah 1 jam saya merajut sebuah case ponsel plus minjam gunting ke manajer coffee shop-nya.

Menunggu tak jadi membosankan, malah bermanfaat dan menghasilkan sesuatu yang unik.Mungkin tak ada salahnya menyiapkan bahan prakarya sederhana sebelum kamu pergi ke coffee shop :D.

 

Selamat mencoba menikmati waktu dan kopi tanpa tergoda wifi gratis!