Trend hijab beberapa tahun belakangan ini memang bisa dibilang tidak ada habisnya, itu sebabnya makin banyak para desainer yang unjuk gigi di panggung fashion tanah air. Selain nama-nama seperti Dian Pelangi, Jenahara atau Zaskia Sungkar yang juga pada akhirnya memilih banting stir dari artis menjadi desainer, baru-baru ini seorang desainer asal Indonesia berhasil memukau panggung New York Fashion Week (NYFW) dengan koleksi-koleksi indah hijabnya yang bertajuk “Djakarta”.  Diantara maraknya isu “Islamophobia” yang terjadi disana, koleksi Anniesa Hasibuan ini malah mencuri perhatian.

1. Mencetak Sejarah Sebagai Desainer Hijab Pertama di New York Fashion Week

Anniesa Hasibuan Buat Sejarah via http://www.voaindonesia.com

Sebenarnya hijab bukan merupakan hal baru di insdutri fashion dunia. Beberapa brand ternama seperti Mango, Uniqlo dan Dolce Gabbana juga pernah meluncurkan produk untuk wanita berhijab, hanya saja tidak sebanyak koleksi Anniesa yang berjumlah 48 potong busana. Dan tidak diperagakan di gelaran sebesar New York Fashion Week Spring/Summer 2017 ini, itu sebabnya debut Anniesa ini berhasil mengukir sejarah di dunia fashion.

Bahkan Lori Riviere, press manager dari New Fashion Work sempat mengatakan bahwa selama dia mengerjakan pagelaran ini, dia belum pernah melihat standing ovation di akhir acara yang membuatnya merinding.

2. Terinspirasi Kota Tempat Tinggal

Anniesa Hasibuan Become First Designer To Present Collection With Hijabs via http://www.elle.com

Advertisement

“Djakarta” merupakan tema dari total 48 koleksi Anniesa yang dipamerkan. Keberagaman kota Jakarta menjadi inspirasi koleksi Anniesa. Rancangan hijab ini didominasi dengan warna-warna cerah, tunik, kimono dan sutra warna-warni. Kesan megah dan mewah terlihat dari koleksi nya kali ini. Bahkan debutnya ini berhasil menarik perhatian atlet renang indah asal Amerika, Mariya Koroleva.

3. Beberapa Model Berasal Dari Negeri Sendiri

Anniesa Hasibuan Runway via http://www.metro.co.uk

“Saya ingin membawa nama Indonesia di kancah fashion dunia serta menampilkan sisi yang berbeda dari Indonesia” ungkapnya kepada The Jakarta Post. Anniesa yang sempat menangis di belakang panggung ini mengatakan sangat terharu sekaligus bangga serta tak lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada media nasional maupun internasional karena mengekspos peragaan busananya. Selain itu dengan bangga pada peragaan kali ini memilih untuk meggunakan beberapa model dari dalam negeri dan brand lokal sebagai official make up.

4. Setelah Melewati Banyak Proses

Baju Muslim Rancangan Anniesa Di NYFW via http://www.storibriti.com

Perjuangan Anniesa tidak sesingkat yang dibayangkan. Sebelum bisa membuat pagelaran di New York Fashion Week sebagai acara paling bergengsi, Anniesa beberapa kali membuat pagelaran di kota-kota besar dunia, seperti London dan melakukan couture show dua tiga kali. Sampai akhirnya produser New York Fashion Week mengajak nya ikut kurasi dan presentasi. Dari sini lah awal keikut sertaan Anniesa di acara NYFW.

5. Mendapat Banyak Respon Positif

Desainer Indonesia Cetak Sejarah via http://gnews.id

Tidak hanya di dalam negeri, pencapaian Anniesa ini telah menarik perhatian banyak pelaku fashion internasional. David Serero, salah satu kritikus fashion New York bahkan memuji langkah Anniesa yang sangat bagus dengan koleksi hijab nya dan dia belum pernah melihat ada desainer yang menerima standing ovation seperti Anniesa.

Jadi cukup membanggakan bukan? Setidaknya karya anak bangsa sudah bisa diakui di mata dunia, tinggal bagaimana kita mengapresiasi dan terus mendukung perkembangan karya-karya bangsa sendiri. Salut Anniesa!