Apa aja sih kegiatan para pelajar di Indonesia saat musim liburan tiba? Brainly yang merupakan social learning platform terbesar di dunia pada beberapa saat lalu mengadakan survei untuk mengetahui apa saja kegiatan pelajar selama musim liburan sekolah di tahun 2016 kemarin. Dengan banyaknya nara sumber, Brainly dapat membandingkan dengan hasil yang di dapat dari beberapa negara lain. Secara total ada 3125 siswa di Indonesia yang mengikuti survey ini dari total 13225 siswa di seluruh dunia yang mengisi survey ini. Kegiatan yang ada pada dasarnya cukup menarik untuk ditelisik. Berikut adalah hasil survey kami dari brainly mengenai kegiatan yang dilakukan pelajar selama liburan akhir sekolah kemarin. 

1. Mengambil kelas akademik tambahan

Kelas fotografi via http://unsplash.com

Ternyata sebagian besar siswa di Indonesia memilih mengikuti kelas akadmik tambahan selama liburan kemaren. Mengingat ajang persaingan untuk masuk ke sekolah sekolah favorit dari SMP hingga universitas cukup ketat. Sedangkan untuk negara lain jawabannya cukup beragam. Semisal untuk negara Amerika serikat siswa di sana ternyata lebih banyak melakukan aktivitas olah raga ketimbang mengambil sebuah kelas. Di latin Amerika, Russia, dan Brazil bahkan mayoritas siswa lebih suka mengambil kegiatan olah raga ketimbang harus berangkat ke sebuah kelas pada liburan kemarin.

2. Kegiatan Olah raga

Hal kedua yang aktif dilakukan oleh siswa di Indonesia adalah kegiatan olah raga. Cukup mengejutkan bahwa siswa di Indonesia ternyata mayoritas tidak memilih kegiatan olahraga. Mungkin karena siswa di Indonesia sudah tiap hari berolah raga sehingga tidak perlu menunggu hari liburan untuk berolah raga. Kegiatan olah raga ini ternyata cukup mendominasi pilihan pilihan dari negara lain seperti Amerika serikat, Amerika latin, dan Eropa timur.

3. Travelling

Advertisement

Mayoritas penjawab ketiga ternyata memilih melakukan travelling. Seperti kita ketahui saat ini makin banyak loh para remaja dan anak mudah Indonesia yang melakukan travelling. Tujuannya pun beragam mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Di samping itu hal ini bisa dilihat dari makin maraknya forum forum di sosial media yang memberikan banyak info dan tips bagaimana melakukan perjalanan ke luar negeri secara aman dan hemat.

4. Ekstrakurikuler Seni

Mayoritas keempat adalah mengambil kegiatan yang berhubungan dengan seni. Kelas yang diikuti cukup beragam seperti mulai dari fotografi, melukis, hingga cara menjadi jurnalis. Cukup kreatif kan remaja Indonesia saat ini.

5. Kerja part time

Mayoritas yang terakhir adalah melakukan kerja part time. Ternyata bekerja part time di Indonesia bukanlah sebuah trend seperti hal nya di negara negara barat. Padahal negara seperti amerika serikat memiliki banyak siswa yang memanfaakan waktu liburan untuk menambah uang saku. Kalau di Indonesia mungkin belum begitu menjadi trend karena biasanya siswa memang tidak dibiarkan untuk bekerja bila belum lulus SMA.

Buat dirimu yang belum pernah gabung ama komunitas belajar kita, jangan malu-malu. Cara paling baik ada lah coba tanyakan pertanyaan yang meresahkanmu di sini.