“Aku ingin menjadi orang yang sukses.” 

Begitu kira-kira kalimat yang sering didengungkan dalam benak kita setiap saat. Tentu saja setiap orang ingin menjadi sosok yang sukses. Namun, apakah kita memahami makna suskes yang sesungguhnya?

Selama ini, kebanyakan orang memandang bahwa kesuksesan hidup diukur dengan harta, jabatan, kedudukan, atau penghargaan yang bersifat materialisme. Mereka yang dianggap sukses adalah orang kaya, pejabat, punya banyak perusahaan, atau menjadi orang terkenal. Meski citra sukses yang tercipta di lingkungan kita demikian, ternyata setiap orang dapat sukses sesuai dengan definisinya masing-masing. Tanpa harta berlimpah dan jabatan tinggi, kita masih bisa merasa sukses dengan mudah.

Kesuksesan datang dengan bentuk yang bervariasi dan bersifat subjektif.

Berikut hal-hal menarik tentang arti sebuah kesuksesan:

 

1. Jatuh bukan berarti gagal meraih kesuksesan.

Setiap orang pasti pernah merasakan gagal dalam melakukan sesuatu. Tapi ingat, melakukan kesalahan bukan berarti kita tak akan pernah mencapai sukses. Jadikan kesalahan tersebut sebagai pembelajaran mencapai kesuksesan. Banyak orang meraih kesuksesannya karena belajar dari pengalaman gagalnya dan terus mendorong diri untuk maju. Ketika kita gagal dalam mencapai suatu hal, bukan berarti kita tidak sukses.

Bisa jadi kita akan meraih sebuah kesuksesan yang lebih baik dari hal yang dinginkan itu.

Kegagalan jangan pernah dijadikan alasan untuk menyerah, tetapi jadikan itu sebagai pamacu untuk selalu berusaha mencapai kesuksesan.

 

2. Sukses tergantung pada diri sendiri.

Pengertian, perilaku, dan hikmah kerja keras

Pengertian, perilaku, dan hikmah kerja keras via http://www.bantubelajar.com

Tak akan ada orang yang bisa membuat kita sukses, bahkan saat kita memiliki orang kaya dan terkenal. Meski kita mendapatkan gaji besar dengan pekerjaan dan kedudukan yang hebat, belum tentu kita merasa sukses. Hanya diri kita sendiri yang dapat menentukan arti kesuksesan pribadi dengan bekerja keras untuk mencapainya. Kita harus selalu berusaha melalui berbagai proses demi kepuasan dan kesuksesan versi kita.

Dan tentunya do’a sudah pasti jadi bagian terpenting dari sebuah usaha.

Segala hal yang kita raih selalu sebanding dengan usaha yang kita lakukan.

3. Sukses bukan sekedar apa yang kita capai.

 5 Cara Yang Dilakukan Orang Sukses Untuk Menggapai Mimpi

5 Cara Yang Dilakukan Orang Sukses Untuk Menggapai Mimpi via http://segiempat.com

Banyak orang menilai kesuksesan pada hasil akhirnya saja, padahal sukses bukan sekedar apa yang kita capai,tapi sukses adalah sebuah proses kita mencapai tujuan. Ketika kita kuliah, apakah kesuksesan diukur ketika kita sudah sarjana? Ketika sudah sarjana tetapi tidak mendapatkan apa-apa selama kuliah, maka itu masih belum disebut sebagai sukses. Karena sukses adalah bagaimana proses mendapatkan tujuan yang Anda capai.

Bagaimana melalui proses tersebut, entah bagaimana hasil nantinya gagal atau sukses.

4. \Sukses adalah bagaimana kita bisa berbagi.

Ketahui manfaat sedekah untuk kesuksesan

Ketahui manfaat sedekah untuk kesuksesan via https://infopeluangusaha.org

Banyak orang berhasil tetapi tidak mau berbagi. Tidak usah muluk-muluk mencari orang-orang yang sudah sukses tetapi tidak mau berbagi, orang disekitar kita sangat banyak yang tidak mau berbagi bukan? Berbagi adalah hal yang sangat penting, disetiap agama di dunia juga diajarkan berbagi, bahkan orang yang tidak beragama pun tahu kalau berbagi itu baik. Anda tidak akan merasa kekurangan jika Anda berbagi.

Dengan berbagi, maka kita bermental kaya.

5. Kesuksesan adalah hal yang subjektif.

Butet Manurung, Guru Sokola Rimba

Butet Manurung, Guru Sokola Rimba via http://www.kidnesia.com

Kebanyakan orang sangat terobsesi dengan makna kesuksesan berdasarkan persepsi orang lain. Pada akhirnya, kita tidak memiliki tujuan atau target sendiri yang menggambarkan kesuksesan pribadi. Satu hal perlu kita pahami bahwa setiap manusia memiliki kehidupan berbeda. Masing-masing menjalani proses kehidupan yang tidak sama. Mereka juga membawa bakat, sifat, karakter, serta ketrampilan berbeda.

Banyak hal yang berpengaruh terhadap perkembangan hidup manusia. Maka dari itu, kesuksesan merupakan hal yang sangat subjektif. Definisi kesuksesan dapat berbeda antara satu orang dengan yang lain. Memiliki makna kesuksesan sendiri tak salah, itu hanya berarti kita miliki tujuan dan mimpi yang berbeda dengan orang lain. Kita dapat mendefinisikan arti sukses dengan cara kita sendiri.

Jangan pernah mencoba hidup dengan versi sukses orang lain. Kita tak akan pernah bahagia dan puas hanya dengan mengandalkan definisi sukses orang lain.