Kamu saat ini adalah putra / putri dari kedua orang tuamu. Kamu saat ini sedang berada dalam dekapan hangat kedua tangan mereka. Apa yang kamu butuhkan akan dengan sangat mudah mereka penuhi. Pastinya, karena mereka akan melakukan apapun untuk kebahagiaan anaknya. Sampai kapan? Ya, sampai kapan kamu akan terus berada pada zona nyaman itu? Selamanya? Yakin akan selamanya? Kamu tidak ingin mengetahui hal – hal lain? Misalnya, kekuatanmu sendiri dalam memenuhi keinginanmu itu?

 

1. Hidup itu terlalu singkat jika kita tidak tertantang untuk melakukan hal – hal di luar imajinasi kita

Bukit Berahu Belitong

Bukit Berahu Belitong via https://www.instagram.com

Beruntunglah jika kau adalah seorang anak rantauan. Seseorang yang merasakan indahnya dunia luar. Seseorang yang menyadari jika dunia itu terlalu luas jika kau hanya berdiam diri di rumah. Seseorang yang menyadari jika perjuangan hidup itu tidak mudah, teman. Perjuangan hidup itu tidak semudah membalikkan kedua telapak tangan, tidak semudah meminta kepada kedua orang tuamu, tidak semudah ketika kau tersenyum, dan tidak semudah ketika kau menatap pagi yang cerah dari balik jendela kamar indah mu itu.

2. Hidup itu baru bisa dikatakan hidup jika kau merasakan pahit manisnya kehidupan

Bukit Berahu Belitong

Bukit Berahu Belitong via https://www.instagram.com

Hai guys! Buka matamu. Buka pintu kamarmu itu. Singsingkan lenganmu dan bulatkan tekadmu jika kau pantas menjelajah dunia ini sendirian. Tanpa kedua orang tuamu.

Tidak mengikutsertakan mereka (kedua orangtuamu) bukanlah hal yang menyakitkan tapi itu adalah hal yang akan menempamu menjadi seseorang yang lebih tangguh dibanding sebelumnya. Tahukah kau, kau akan mengetahui siapa dirimu sebenarnya ketika kau menghadapi masalah mu sendirian. Sehingga kau akan tahu jika kau adalah seseorang yang memang pantas disebut “seseorang” yang bisa mengalahkan masalah apapun di dunia ini.

3. Akan banyak orang yang mencibir atas keputusanmu itu. Tapi ingatlah, cibiran mereka itu adalah candu yang membuatmu semakin bertahan dengan keputusan mu itu

Bukit Berahu Belitong

Bukit Berahu Belitong via https://www.instagram.com

“Merantau? Apa enaknya coba jauh dari keluarga tercinta? Apakah dia tidak bahagia berada didekat keluarganya sendiri?”.

Akan banyak orang yang berkata seperti itu. Tapi ingatlah, jika keputusanmu itu tidak akan ada yang bisa mengubahnya hanya dengan cibiran murahan seperti apa yang mereka katakan.

Apa kata mereka? Bahagia? Mereka hanya cukup dengan memiliki bahagia seperti itu. Hei guys! Bukan hanya bahagia yang harus kau alami dalam kehidupan ini. Kau juga harus merasakan bagaimana rasanya ketika kau berhasil jauh dari keluargamu dan kau berhasil mengalahkan rasa rindumu itu untuk menjadi seseorang yang jauh lebih tangguh dibanding mereka. Mereka tidak akan pernah merasakan bagaimana hebatnya pengalaman yang kau dapatkan ketika mereka hanya bisa berdiam diri di kamar indahnya itu. Bukalah mata dan hatimu, dunia ini membutuhkan mu untuk kau jelajahi. Dunia ini membutuhkan mu untuk memberitahukan kepada semua orang jika dunia ini memiliki sisi indah yang tersembunyi yang hanya akan ditemukan oleh kalian, para anak rantauan yang berani mengambil tantangan.

4. Mereka tidak percaya? Lupakan! Abaikan! Kebahagiaanmu hanya untuk dirimu sendiri bukan untuk mereka!

Bukit Berahu Belitong

Bukit Berahu Belitong via https://www.instagram.com

Mereka tidak akan pernah merasakan hari – hari yang menyerang tidak seperti biasanya. Hari – hari yang kau alami akan membuka matamu jika selama ini yang kau alami tidak lebih dari kehidupan normal yang sangat membosankan. Hari –hari yang kau jalani selama ini tidak akan bisa membuat mu tumbuh menjadi seseorang yang sangat jauh berbeda dari siapapun. Karena pengalaman yang kau miliki selama menjadi anak rantauan hanya akan kau miliki seorang diri. Kebanggaan itu akan selalu hidup dan tumbuh dalam seumur hidupmu.

5. Jika kau telah merasakan semuanya, maka pulanglah dan ceritakan kepada mereka jika kehidupan yang kau alami membuatmu menemukan siapa dirimu sebenarnya

Bukit Berahu Belitong

Bukit Berahu Belitong via https://www.instagram.com

Ceritakan kepada mereka, ternyata aku bisa menjadi diriku sendiri. Ternyata aku bisa menyelesaikan masalah diriku sendiri. Aku ternyata bukanlah seorang anak yang hanya berpangku tangan dari kedua orang tuaku. Aku adalah seorang anak yang sudah merasakan pahit dan manisnya kehidupan yang sebenarnya. Tanamkan pada dirimu sendiri jika pengalaman yang kau miliki jauh lebih berharga dibandingkan dengan zona nyamanmu yang kau miliki selama ini. Selamat merantau dan selamat menemukan indahnya dunia luar.