Kamu suka pergi ke pasar tradisional? Atau kamu tinggal di pedesaan yang banyak kambingnya? Tapi, apa kamu yakin hewan itu kambing atau domba? Masih banyak lho yang suka terbalik antara kambing dengan domba. Coba kamu tanya sama penjual sate kambing, pasti dijawabnya daging kambing.

Ternyata, gak semua sate kambing itu dari kambing loh. Apalagi yang tinggal di daerah Jawa Barat yang populasi dombanya lebih banyak dibandingkan kambing. Memang sih dari warna, tekstur, dan rasa dagingnya sama. Apalagi bau badannya, hehehe. Tapi dari fisik si hewan dan kandungan nutrisi dagingnya berbeda. Nah, biar kita gak salah lagi mana kambing mana domba yuk cek disini:

 

1. Kambing punya rambut, domba punya bulu wol

Jenis kambing di Indonesia

Jenis kambing di Indonesia via http://www.kambingpotong.com

Pastinya kita bisa bandingkan bulu masing-masing dari mereka. Kambing punya bulu berbentuk rambut yang lurus (gambar kiri). Tapi, domba punya bulu berbentuk wol alias keriting unyu-unyu (gambar kanan). Wol domba ada yang tipis ada juga yang tebal tergantung jenis dombanya.

Kalau kita sentuh wol-nya pasti lebih berminyak dibandingkan dengan kambing. Itu karena wol lebih tebal menutupi tubuh juga kelenjar minyak dalam tubuh domba yang lebih aktif. Minyak itulah yang melindungi domba agar wol tetap halus jika diolah nanti.

2. Lihat ekor mereka!

Domba ekor gemuk

Domba ekor gemuk via http://nizamfarm.blogspot.co.id

Ekor juga pasti gampang dilihat. Ekor domba pasti posisinya selalu terjulur ke bawah (gambar atas). Kambing kebalikannya alias menghadap ke atas (gambar bawah), kecuali kambing itu ketakutan ataupun sakit. Jadi, cek yang benar ya.

3. Telinga mereka juga beda, loh

Fisik kambing

Fisik kambing via http://onenews.id

Coba cek juga telinga mereka. Telinga domba pasti bentuknya tegak ke atas (gambar bawah). Bedanya kambing umumnya memiliki telinga yang terkulai alias turun dan bentuknya juga lebih panjang (gambar atas).

4. Tanduk mereka juga unik, guys

Domba garut

Domba garut via http://pixabay.com

Sebagian besar pejantan domba dan kambing memiliki tanduk. Bentuk dan arah tanduknya juga berbeda-beda. Domba punya tanduk yang melingkar-lingkar (gambar kiri). Ada yang tanduknya besar ada juga yang kecil. Contohnya seperti tanduk domba garut yang biasa dipakai buat aduan. Tanduk mereka kuat banget, ya. Kalau kambing tanduknya biasanya mencuat ke atas atau ke samping (gambar kanan). Ukurannya juga tergantung bangsanya. Tapi, kalian tetap hati-hati ya sama domba dan kambing yang punya tanduk. Takut diseruduk, hehehe.

5. Suka susu kambing? Apa ada susu domba juga?

Susu kambing dan kelenjar ambing

Susu kambing dan kelenjar ambing via http://dombamania.wordpress.com

Domba betina juga punya kelenjar susu. Tapi, tidak berkembang besar seperti kelenjar susu kambing. Susu kambing pastinya diperas dari ambing yang letaknya ada di tubuh bagian bawah kambing betina. Ambing pada kambing tumbuh besar dan bisa menghasilkan susu yang banyak (gambar atas), makanya bisa di konsumsi oleh anak kambing dan manusia. Karena kelenjar susu domba tidak berkembang banyak, ambingnya domba juga kecil dan susu yang dihasilkan sedikit. Makanya gak bisa dijual untuk manusia, hehehe.

Nah, karena kalian sudah baca dan paham semoga gak salah lagi ya. Semoga bermanfaat terutama yang mau buka usaha ternak domba atau kambing pertama kalian wajib tau ini yahh, hehehe. Sukses yang buat jadi pengusaha dan salam sukses untuk semua!