Jika kamu pernah berpikir, seharusnya seorang calon pasangan sejatimu yang ideal adalah yang bisa menemani perjalananmu dari nol hingga kamu sukses nanti. Bukankah sudah ada doa orang tuamu? Mereka jugalah yang sudah merawatmu sampai bisa menjadi seorang life fighter seperti sekarang, kenapa tidak kamu limpahkan saja cintamu ke mereka? Bukankah merekalah yang lebih membutuhkanmu, daripada calon pasanganmu yang masih sama-sama mudanya sepertimu?

1. Masa depan adalah tentang apa yang kamu kerjakan sekarang, bukan apa yang akan orang lihat nanti

People notes meeting team via https://www.pexels.com

Kamu yang suka membaca artikel motivasi, belajar hingga larut malam dan rajin mengikuti seminar mungkin sadar akan pentingnya sebuah persiapan. Yap, persiapan untuk bertemu kesempatan. Bukan malah menunggunya dengan kegiatan yang tidak jelas. Bertemanlah dengan orang-orang yang sama-sama semangat menjalani hidup, lingkungan yang membuatmu benar-benar harus belajar setiap hari. Karena harta terbesarmu adalah masa mudamu, jadi temukanlah cara untuk selalu bahagia dari setiap tetes keringatmu.

2. Menunda-nunda waktu untuk bertemu orang tua saat kamu merantau hanya akan menjadi penyesalan, bukan sebuah surprise tentang pencapaian

Woman Standing on Edge of Building With Tall Concrete Building Background during Daytime via https://www.pexels.com

Kalau kamu sadar, yang paling memeluk mimpimu selama hidup adalah kedua orangmu. Mereka yang tahu bagaimana kamu tumbuh, apa yang kamu suka dan tidak suka. Kamu berhasil atau tidak dalam setiap perjalanan hidup, mereka tidak akan memecatmu sebagai anaknya. Jadi, masihkah kamu harus menunggu apresiasi dari orang lain lalu kemudian menceritakannya kepada mereka? Percayalah, jauh sebelum kamu bisa apa-apa mereka sudah merawat kamu dengan tulus. Selalu luangkanlah waktu untuk mereka, sebagaimana mereka selalu meluangkan waktu untukmu dulu.

3. Cintailah apa yang kamu kerjakan. Punyalah passion yang sangat kuat, baru berpikir untuk mencintai pasangan

Advertisement

People office team collaboration via https://www.pexels.com

Jika kamu belum mempunyai sebuah kegiatan yang sangat kamu sukai, artinya kamu belum benar-benar tau cara mencintai diri sendiri. Jadi, bagaimana kamu bisa buru-buru mencintai orang lain? ini adalah sebuah pertanyaan mendasar tentang dunia asmara yang kekinian. Jika ini saja kamu belum tau jawabannya dan tidak bisa membuktikannya, simpan dulu kalimat 'sebuah pernikahan' sebagai PR selanjutnya.

4. Cintai orang tuamu, cintai dirimu sendiri, baru kemudian pikirkan untuk mencintai orang lain

Silhouette Photography of Two Person during Sunset via https://www.pexels.com

Mengatur waktu biasanya menjadi sesuatu yang paling susah dilakukan oleh anak muda. Acara di sana kegiatan di sini, janji ini janji itu. Kadang kamu sendiri bingung bagaimana kamu akan menyelesaikan semuanya. Padahal jawabannya adalah: jika kamu bisa membayangkannya, seharusnya kamu juga bisa melakukannya. Itulah nikmatnya menjadi seorang pemuda. Bersyukurlah akan hal itu, jangan malah mengeluh.

5. Persiapan terbaik untuk menghadapi hari esok, adalah melakukan semuanya yang terbaik untuk hari ini

Baby in Yellow and Black Long Sleeved Shirt Lying on White Textile via https://www.pexels.com

Jika kamu masih sering mengantuk saat bekerja mungkin kamu bukan kurang tidur, melainkan kurang motivasi. Teruslah berusaha untuk tidur tanpa penyesalan, dengan tidak menunda sebuah pekerjaan yang seharusnya bisa kamu kerjakan hari ini.