Buat kalian yang pernah kuliah di luar kota, pasti kalian pernah merasakan yang namanya hidup di tempat bernama kos-kosan. Tentu saja ada suka duka yang kamu rasakan selama ngekos, mulai dari belajar mandiri, belajar mengatur keuangan, marahan dengan teman sekamar, sampai uang bulanan yang habis sebelum waktunya hingga membuat kamu kelabakan. Selama ngekos kamu juga pasti kangen banget sama yang namanya masakan ibu dan kasur empuk di rumah. Tapi setelah lulus kuliah dan meninggalkan rumah kos, ada kalanya kamu juga pasti kangen banget sama tempat itu dengan segala suasananya.

Nah, apa saja hal-hal yang biasanya ngangenin dari kos-kosan? Berikut ini ada 10 hal yang akan membawa kamu bernostalgia. Awas baper lho ya!

1. Makan Bareng

asyiknya makan bareng via https://google.com

Salah satu kebiasaan umum di kos-kosan adalah makan rame-rame. Entah itu membeli makan di warung untuk dimakan bersama di kos ataupun pergi keluar untuk makan rame-rame. Makan rame-rame ini pastinya seru banget karena dilakukan sambil ngobrolin banyak hal mulai dari tugas kuliah atau cuma sekedar gosip yang lagi hits di kampus. Kalau menu makannya beda-beda bisa juga anak kos makan sambil icip-icip makanan punya teman. Lumayan, kan, bisa makan banyak menu tanpa keluar biaya banyak?

2. Masak Rame-Rame

masak rame-rame, di halaman kos pun jadi! via https://google.com

Pas weekend atau pas lagi pengin hemat uang makan, biasanya anak kos suka nih masak bareng. Bukan cuma cewek aja, tapi anak kos cowok juga ada lho yang suka masak bareng. Selain menghemat uang makan, masak bareng juga bisa jadi ajang belajar memasak dari teman yang sudah jago. Biarpun setelah masak kondisi dapur sudah mirip kapal pecah, tapi hati tetap senang karena bersih-bersih pun dilakukan bersama-sama. Jadi terasa ringan, kan? Apalagi setelah itu makan bareng hasil masakan sendiri. Apapun menunya pasti tetap terasa nikmat daripada masakan warung.

3. Antri Mandi

Advertisement

antri mandi, bro! via https://google.com

Nah, ini nih hal umum yang lumrah banget terjadi di kos-kosan: antri mandi. Kalau kos-kosan yang lumayan mahal dengan kamar mandi dalam sih nggak masalah. Tapi kos-kosan yang penghuninya banyak dengan jumlah kamar mandi terbatas, pasti akrab banget sama yang namanya antri mandi. Hal ini biasanya bikin kisruh apalagi kalau banyak yang mau kuliah pagi. Nah, kalau sudah begini, kadang kamu harus rela mengalah bangun paling pagi untuk cepat-cepat mandi daripada telat berangkat ke kampus.

4. Jalan-Jalan

jalan-jalan bareng via https://google.com

Hang out bareng pasti jadi agenda wajib buat anak kosan. Entah itu nongkrong di café, mengunjungi tempat wisata yang menarik, atau cuma sekedar jalan-jalan di mall meskipun nggak belanja apa-apa selain es krim dari restoran cepat saji. Merencanakan acara jalan rame-rame itu saja sudah butuh waktu, mulai dari membahas destinasi, kendaraan, sampai yang paling ribet adalah mencocokkan waktu karena jadwal kuliah yang berbeda-beda. Tapi kalau sudah terlaksana, wah, pasti jadi momen yang nggak akan terlupakan!

5. Kerja Bakti

bersih-bersih dulu via https://google.com

Buat anak kos yang kosnya nggak menyediakan jasa bersih-bersih, tentunya harus rela meluangkan waktu untuk bersih-bersih kos sendiri. Kadang-kadang agenda ini malesin banget karena sehari-hari sudah disibukkan dengan urusan kuliah. Tapi ketika rumah kos sudah berantakan banget dan bahkan ada binatang-binatang kecil pengganggu yang berkeliaran, kerja bakti jadi hal wajib untuk dilaksanakan. Biasanya pas beres-beres kita juga bisa menemukan barang-barang tak terduga, misalnya sepatu yang sudah lama dicari-cari, buku kuliah yang dikira hilang atau malah barang-barang pemberian dari mantan. Hehehe.

6. Ngisi KRS

ngisi KRS via https://google.com

Pengisian KRS (Kartu Rencana Studi) di setiap kampus memang berbeda-beda. Ada yang manual, ada juga yang online. Ada yang rombelnya sudah ditentukan dari kampus, ada juga yang bebas milih jadwal. Nah, buat mahasiswa yang KRS-nya diisi secara online dan bebas milih jadwal, momen pengisian KRS pasti jadi momen penting demi memperebutkan jadwal kuliah yang paling nyaman. Belum lagi kalau teman satu kos juga ada yang satu jurusan, pasti penginnya ngisi KRS bareng supaya bisa satu kelas pas kuliah. Nah, begadang sambil nunggu pengisian KRS dibuka pun dilakoni bersama-sama demi tujuan mulia ini.

7. Heboh di Kampus

pokoknya heboh! via https://google.com

Kadang-kadang anak sekos yang satu angkatan dikenal sebagai semacam geng di kampus karena sering terlihat kuliah bersama-sama. Kalaupun tidak sama, biasanya kalau pas ketemu di lobi kampus atau di kantin anak satu kos pasti bikin heboh, terutama cewek-cewek. Padahal setiap hari juga sudah ketemu di kos, tapi tetep ya, ngrumpi dan heboh kalau ketemu di mana-mana, termasuk di kampus.

Nah, gimana, udah kangen sama teman-teman sekos belum? Kalau belum masih ada 3 hal yang ngangenin lagi nih dari suasana kos-kosan.

8. Nonton Film Bareng

nonton film di laptop via https://google.com

Nonton film murah a la anak kos adalah nonton film rame-rame di laptop. Tinggal pakai ruang tamu atau kamar salah satu teman, pilih film random ataupun film rekomendasi teman, sediakan cemilan dan nyalakan laptop. Nonton film rame-rame di kos seru banget lho. Kita juga bisa tahu karakter teman dari kegiatan ini. Teman yang paling cengeng pasti nangis duluan pas ada adegan sedih. Teman yang nggak sabaran penginnya film dicepet-cepetin biar cepet kelar. Teman yang annoying selalu berkomentar pada setiap adegan film. Dan tipe teman yang paling nyebelin adalah yang ngasih bocoran alur filmnya karena dia sudah nonton duluan.

Buat yang cewek-cewek, maraton nonton drama Korea sampai larut malam juga seru banget buat dilakukan bareng-bareng. Ngaku deh, kalau kamu pecinta drama Korea, pasti satu drama yang episodenya paling nggak sampai 25 itu bisa habis ditonton hanya dalam satu minggu.

9. Logat Khas Daerah Teman

kangen gaya khas teman! via https://google.com

Terkadang kos-kosan bisa jadi miniatur nusantara kalau penghuninya berasal dari berbagai macam daerah. Adat, budaya, dan bahasa yang berbeda-beda tentunya menambah warna-warni kehidupan di kos. Setelah berpisah, kita kadang kangen dengan logat khas daerah salah satu teman. Dulu pas masih di kos, mungkin kalian sering membicarakan soal perbedaan kosakata antardaerah, atau malah menggoda teman yang logatnya kalian anggap lucu. Sekarang jadi kangen kan, setelah nggak mendengar lagi gaya bicara temanmu yang khas itu?

10. Panggilan Kesayangan

kesayangan! via https://google.com

Nah, yang terakhir nih, biasanya anak kos punya panggilan kesayangan yang khusus digunakan oleh teman-teman kos saja. Misalnya, teman yang paling tua dipanggil ‘emak,’ teman yang paling muda dipanggil ‘bontot,’ atau bisa juga panggilan kesayangan berasal dari plesetan nama yang sebenarnya. Setelah nggak ngekos lagi, kadang-kadang kangen ada orang yang memanggil kita dengan panggilan kesayangan itu.

Gimana, sudah baper dan bernostalgia masa lalu dengan membaca daftar ini? Walaupun sekarang kamu dan teman-teman kos mungkin sudah terpisah jarak, tapi komunikasi tetap dijaga ya. Sekedar bertegur sapa dan bertukar kabar sesekali harus dilakukan untuk menjaga persahabatan, bahkan meski hanya lewat media sosial.

Kalau ada hal-hal ngangenin yang belum disebutkan boleh banget lho di-share di kolom komentar. Selamat bernostalgia!