Sering merasa bahwa sesuatu yang kamu lakukan tidak berhasil? Putus asa, malas, rendah diri dan selalu takut tersakiti? Awas itu adalah ciri-ciri dari Mental Block.

Mental block adalah hambatan psikologis yang ada dalam diri seseorang yang menghalangi seseorang untuk meraih kesuksesan. Ketika orang lain mampu untuk menghasilkan karya atau melakukan pekerjaan tertentu dengan baik, yang dirasakan bagi orang yang memiliki mental block adalah merasa tidak lebih berharga dari mereka. Dia akan terus mengutuk diri bahwa dirinya tidak mampu dan merasa tidak berharga. Namun ketika mereka diberikan peluang untuk berkarya mereka malah menyia-nyiakannya karena merasa tidak mampu atau malas memulai.

Ini sangat berbahaya bagi kamu yang masih muda. Masa muda merupakan masa dimana kamu dapat berlari sekencang-kencangnya, berusaha sekeras-kerasnya, dan mengeksplor pengalaman baru untuk meraih tujuanmu.

Ketika masa muda ini terhambat oleh kamu yang memiliki mental block, bagaimana nasibmu nanti? Apakah kamu akan hanya menjadi generasi seonggok daging yang tidak berdaya dan tidak berkarya? Tentunya kalian pasti nggak mau.

Berikut tips untuk kamu yang memiliki mental block besar dalam diri.

1. Menerima diri

Accepting via http://pexel.com

Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan. Kalau kamu masih complain tentang kekuranganmu, hei itu tidak akan menyelesaikan masalah. Terima diri kamu sebagai seseorang yang spesial gali potensimu dan kembangkanlah.


There is no person who is good at everything, that's why there's also nobody who can't do anything. There is probably something that you are good at." (Park Bok Nyeo -suspisious house keeper)


2. Yakin dengan kemampuan kamu

Confident via http://pexel.com

Advertisement

Keyakinan akan kemampuanmu akan membuat kamu berpikir dengan leluasa tanpa adanya halangan, dengan begitu kamu pun dapat berpikir ide-ide kreatif untuk berkarya. Berbeda dengan orang yang memiliki mental block, berpikir kreatif pun tidak bisa dia hanya akan menghawatirkan kekurangannya saja.

3. Melawan kemalasan

sleeping via http://pexel.com

Kemalasan adalah musuh utama dalam dirimu, ketika kamu ingin merubah hidupmu tapi kamu hanya diam saja,  seperti nonton drama terus, main game terus, nongkrong yang nggak penting terus –menerus. Bagaimana kamu akan maju ketika untuk memulai saja kamu enggan. Walaupun godaan bantal dan kasur selalu menghampirimu, kamu harus ingat kalau kamu ingin maju.


Ada kemamuan pasti ada jalan. Tuhan tidak akan merubah kamu sebelum kamu merubah diri kamu.


4. Mulailah dari hal kecil

thing via http://pexel.com

Mulailah dari hal kecil yang dapat kamu rubah, misalnya selepas tidur kamu biasanya tidak merapikan tempat tidurmu, saat ini ubah kebiasaan itu untuk merapikannya. Kebiasaan-kebiasaan kecil yang berubah menjadi lebih baik akan menolong kamu dalam merubah hal-hal besar dalam hidup kamu.


Setiap langkah yang besar dimulai dari langkah yang kecil


5. Teruslah mencoba

Ketika kamu ingin maju dan menjad pribadi yang lebih baik, maka janganlah takut untuk mencoba. Walaupun hasilnya gagal, kamu akan mendapatkan pelajaran.


The greatest glory in living lies not in never falling, but in rising every time we fall -Nelson Mandela


6. Latih komunikasimu, belajarlah mengemukakan pendapat

Speak Now via http://pexel.com

Latih komunikasimu untuk belajar mengemukakan pendapat yang kamu miliki. Jangan sampai hal ini pun menghambat dirimu dalan kehidupan bersosial.

Apalagi ketika kamu naksir si dia bagaimana kamu ingin mendapatkan dirinya, kalau ngobrol saja takut. Ini bisa menghambat jodohmu!