Memiliki berat badan yang ideal tentunya menjadi idaman banyak orang. Biasanya mereka yang memiliki berat badan berlebih akan melakukan diet atau program penurunan berat badan untuk mendapat tubuh yang ideal. Lalu bagaimana dengan yang berbadan kurus?

Bagi sebagian orang mungkin merasa memiliki badan yang kurus adalah anugerah. Tetapi ada juga yang merasa bahwa berbadan kurus justru memalukan dan mengurangi kepercayaan diri. Karena itu bagi mereka yang berada dalam kondisi ini pasti mempunyai keinginan untuk bisa menggemukan badan.

Untuk beberapa orang urusan menggemukan badan bisa jadi mudah, cukup menambah porsi makan maka berat badan akan bertambah. Namun ada juga yang justru kesulitan dalam menggemukan badan. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan tubuh seseorang kurus dan sulit gemuk.

Coba perhatikan orangtua atau saudara-saudaramu, adakah yang gemuk? Atau justru semuanya cenderung memiliki badan yang kurus? Jika begitu, tandanya penyebab tubuh kurusmu adalah karena faktor keturunan. Gen yang menyebabkan tubuh kurus menurun ke tubuhmu dari orangtua atau dari kakek nenekmu.

Selain itu, penyebab tubuh kurus dan sulit gemuk bisa juga karena adanya gangguan metabolisme di dalam tubuh. Orang berbadan kurus biasanya memiliki metabolisme tubuh yang cepat. Karena itu sebanyak apapun kamu makan akan langsung cepat dibakar oleh tubuh dan menjadi energi, tanpa sempat diserap terlebih dahulu zat gizi dan nutrisinya oleh tubuh.

Meskipun begitu, kamu yang bertubuh kurus tapi ingin gemuk tidak perlu terlalu khawatir, selalu ada cara untuk mengatasi problemmu ini.

Ada beberapa tips untuk kamu yang ingin menggemukkan badan. Sebenarnya cara-cara ini terbilang simpel dan tidak begitu membebankan. Kamu pasti bisa melakukannya sepanjang kamu punya niat dan tekad yang kuat.

 

1. Tambah porsi makanmu, cara ampuh untuk menggemukkan badan.

Eat more healthy foods

Eat more healthy foods via http://www.eatthis.com

Makan dengan porsi yang banyak memang merupakan cara ampuh untuk menggemukkan badan. Tetapi bukan berarti kamu bisa sembarangan makan, harus tetap diperhatikan asupan dan nilai gizinya. Kebutuhan kalori rata-rata setiap hari untuk seorang pria adalah 2200 kalori, sedangkan wanita 1900. Misal kamu ingin menambah berat badan sebanyak ½ kilogram dalam waktu seminggu, maka kamu bisa menambah porsi makanmu dengan tambahan 1000 kalori setiap hari.

Makanan yang dianjurkan pun adalah makanan sehat dengan kandungan karbohidrat, protein, dan kalori yang tinggi, seperti roti gandum, daging, kacang-kacangan, keju, susu sapi murni, alpukat, kentang, atau selai kacang. Hindari selalu junk food, karena makanan jenis ini mengandung banyak lemak jahat dan kolesterol yang sangat tidak baik untuk tubuhmu.

2. Mau gemuk itu gampang, sering-seringlah makan.

Healthy snacks for weight gain

Healthy snacks for weight gain via http://www.thetruecare.com

Jika menurutmu menambah porsi makan terlalu berat, karena terlalu banyak untuk sekali makan atau takut tidak habis, kamu juga bisa melakukannya dengan makan lebih sering. Kalau biasanya makan sehari 3 kali, kamu bisa menambahnya menjadi 4-5 kali. Lebih bagus lagi kalau kamu suka makan cemilan, kamu bisa memanfaatkan kebiasaanmu ini untuk menambah berat badan. Tapi tentu saja makanlah cemilan yang sehat dan mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi.

3. Makan dengan teratur kunci dari semua program pembentukan tubuh.

Eat regularly

Eat regularly via http://med-x.in

Memperbanyak porsi makan  memang dianjurkan untuk program penggemukan badan, tapi bukan berarti bisa dilakukan dengan asal-asalan. Kunci untuk bisa berhasil adalah makan dengan teratur, tidak hanya dalam waktu satu atau dua kali dan yang penting banyak. Makan pagi, siang, sore, dan malam tidak boleh dilewatkan. Kamu harus melakukannya secara rutin jika ingin menaikkan berat badan dengan cepat.

4. Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari.

Dringking water

Dringking water via http://stiler.blog.hu

Minum air putih bisa jadi merupakan hal yang sepele, karena setiap hari kamu pasti akan minum. Tapi coba perhatikan lagi, berapa gelas sehari kamu minum air putih? Apakah kamu lebih sering minum-minuman berasa atau bersoda?

Air putih sangat baik untuk memperlancar metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuhmu lancar, maka makanan yang masuk tidak akan langsung dibakar, tetapi diurai terlebih dahulu gizi dan nutrisinya untuk kemudian masuk ke dalam tubuh. 

Walaupun banyak minum air putih baik untuk menggemukkan badan, tapi usahakan hindari minum sebelum makan. Untuk yang melakukan diet, minum air putih sebelum makan memang dianjurkan, tapi  sangat tidak dianjurkan untuk kamu yang ingin menambah berat badan. Minum air putih sebelum makan bisa membuat perut terasa kenyang lebih dulu, dan akhirnya justru menyebabkan porsi makanan berkurang. 

5. Tidur sehat, badan sehat.

Sleep healthy and happily

Sleep healthy and happily via http://www.huffingtonpost.ca

Jika kamu berniat menambah berat badan, kamu harus bisa mengatur tidurmu. Selalu tidur tepat waktu dan gunakan waktu tidur sehat. Waktu tidur yang sehat adalah antara 6-7 jam setiap malam. Hindari juga tidur larut malam dan begadang. Karena secara fungsional tubuh juga memerlukan istirahat, dan malam hari adalah waktu yang baik untuk tubuh bisa beristirahat setelah beraktivitas seharian.

6. Want to gaining weight and being sexy? Just do exersice!

Don't forget to exercise!

Don't forget to exercise! via http://www.huffingtonpost.ca

Olahraga memiliki kegunaan yang banyak untuk segala macam program tubuh. Selain untuk membakar lemak, berolahraga juga bisa memperlancar pencernaan dan metabolisme tubuh, serta sebagai detoksifikasi. Keringat yang keluar saat berolahraga itu tidak hanya mengeluarkan mineral, tetapi juga lemak dan racun-racun yang mengendap di dalam tubuh.

Untuk kamu yang ingin menaikkan berat badan, lakukan olahraga yang tidak hanya membakar lemak, tetapi juga bisa menambah masa otot. Beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di antaranya adalah berenang, bersepeda, senam, jalan cepat, jogging, atau melakukan olahraga interval. Olahraga interval, atau yang sekarang lebih dikenal dengan istilah freeletic, adalah serangkaian latihan fisik yang berulang-ulang dan diselingi dengan waktu istirahat.