"Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca Hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim"

Kucing adalah mahluk peliharaan yang lucu, indah, dan mengemaskan sehingga banyak sekali yang  berminat memelihara hewan tersebut. Akan tetapi banyak sekali orang-orang yang memelihara kucing belum mengetahui bagaimana merawat kucing agar kucing peliharaannya sehat dan terawat. Nah berikut ini tips yang bisa membantu kamu merawat kucing peliharaanmu agar sehat dan terawat. Check it out!

1. Makanan Kucing

Makanan untuk anak kucing via http://3.bp.blogspot.com

Perhatikan makanan kucing dari label dan nutrisinya . Label makanan untuk anak kucing adalah label makanan kitten. Jika pemberian makanan pada anak kucing dengan label yang tepat maka asupan makanan yang diberikan pada  anak kucing peliharaanmu tepat. Jangan lupa perhatikan nutrisi kucing, makanan kucing harus mengandung taurin agar mencegah kucing peliharaanmu dari penyakit jantung dan pengelihatan kabur.

2. Gunakan Tempat Makan Dan Minum Yang Efisien

Tempat Makan Dan Minum Kucing via https://ecs7.tokopedia.net

Gunakanlah tempat makan dan minum dalam satu wadah dengan tempat lubang yang berbeda. Tempat bentuk   seperti ini efisien dan menghemat tempat dan ruang. Jangan lupa mengisin makanan dan minuman di tempat tersebut, sehingga ketika kucing peliharaanmu lapar bisa mencari makanan tersebut.

Advertisement

 

3. Sediakan Tempat Untuk Buang Air Untuk Kucing Peliharaanmu

Bak Pasir Kucing via http://kucinggue.blogspot.co.id

Sediakan bak pasir untuk kucing peliharaanmu ketika membuang air besar dan kecil. Pasir ini berfungsi sebagai WC / toilet bagi kita, pasir ini berfungsi sebagai tempat buang air besar dan kecil pada kucing sehingga kucing peliharaanmu tidak sembarangan buang air. Disarankan gunakan pasir khusus kucing yang wangi bau aroma buah ataupun bunga. Fungsi pasir ini yaitu untuk menggumpalkan dan mengeringkan kotoran kucing sehingga kotoran tersebut bisa dibuang. Jika kucing hanya buang air kecil, pasir cukup direndam air dan diberishkan lalu dijemur.

4. Sisirlah Bulu Kucing Dengan Rutin

Menyisir Kucing via http://kucing.net

Sisir bulu kucing peliharaanmu dengan rutin agar bulu kucing peliharaanmu terbebas dari kuman, bakteri, dan rambut mati .

5. Vaksinasi Kucing Peliharaanmu

Vaksinasi Kucing via https://www.sibuntut.com

Vaksinasi kucing sangat diperlukan untuk menghindari infeksi virus yang menyebabkan penyakit pada kucing peliharaanmu. Virus rabies bisa menginfeksi kucing peliharaanmu, maka vaksinasi secara rutin memang diperlukan guna mencegah virus tersebut menginfeksi kucing peliharaan. Untuk vaksinasi kucing, silahkan konsultasikan kucing peliharaanmu ke dokter hewan yang berpengalaman.

6. Bersihkan Kucing Peliharaanmu Dengan Rutin

Telinga Kucing Yang Sedang Dibersihkan via http://kucingpedia.com

Bersihkan kuku, gigi, telinga pada kucing peliharaan karena bagian tersebut sangat rentan terhadap pertumbuhan bakteri dan jamur. Jika dibiarkan saja, maka bakteri dan jamur bisa menginfeksi kucing peliharaanmu dan menyebabkan penyakit.

7. Jangan Lupa Berikan Vitamin

Vitamin khusus kucing via http://www.petshopindonesia.com

Vitamin sangat dibutuhkan kucing agar menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing. Vitamin untuk kucing bisa dibeli di petshop terdekat.

8. Ajak Kucing Bermain Dan Pergi Ke Luar Rumah

Pemilik Kucing Mengajak Kucing Peliharaannya Jalan-Jalan via https://www.tokopedia.com

Ajak kucing  bermain karena dengan mengajak kucing bermain bisa membuat kucing lincah. Jika kamu mempunyai anak kucing maka dengan mengajak bermain bisa membantu perkembangan anak kucing dan membuat anak kucing bertumbuh dengan gerakan lincah. Jangan lupa juga mengajak kucing ke luar rumah seperti ke taman. 

9. Melatih Kebiasaan Sehari-Hari Pada Kucing Peliharaan

Pemilik Kucing Melatih Kucing Peliharaanya via https://kumpulaninformasikucing.blogspot.co.id

Latihlah kebiasaan sehari-hari kepada kucing peliharaanmu seperti membuang air besar dan kecil di pasir, makan di tempat yang disediakan, dan kegiatan sehari-hari lainnya.

 

 

Gimana? Sudah paham? Yuk ah dirawat kucingnya kan sayang kalau binatang lucu ini sampai sakit.