Memiliki hidup yang bahagia adalah tujuan hidup dari setiap orang yang masih bernafas. Kita berlomba-lomba mencapai sesuatu demi merasakan rasanya bahagia itu. Padahal, bahagia itu bukan lahir dari tercapainya sesuatu. Bahagia itu adalah keputusan diri kita sendiri. Simak enam tips berikut ini untuk menemukan kebahagiaan itu.

1. Putuskan bahwa dirimu bahagia

I’m too happy to be sad via http://beiruttimes.me

Bahagia adalah salah satu keputusan yang kita buat dalam hidup kita. Terkadang kita terlalu banyak mencari-cari alasan yang dapat membuat kita bahagia. Padahal bahagia sudah ada di genggaman kita. Kita hanya perlu menyatakan bahwa kita sudah merasa bahagia.

2. Serukan kebahagiaanmu!

“Saya bahagia! Saya bahagia! Saya bahagia!” Seruan seperti itu akan menjadi mood booster bagimu dan memudahkan kita untuk merasakan bahagia tanpa alasan khusus. Terus ulang seruan tersebut setiap saat, boleh juga ditambah dengan hal-hal positif lainnya lho.

3. Hapus semua syarat

Advertisement

No term and conditions for happiness via http://www.entrepreneur.com

Bahagia itu seharusnya tanpa syarat. Seringkali kebahagiaan itu disangkutpautkan dengan keinginan. Jika keinginan tercapai, barulah kita akan bahagia. Hal ini yang membuat kita sulit merasakan bahagia. Jangan jadikan keinginan kita sebagai penghalang kebahagiaan kita. Seharusnya jadikanlah rasa bahagia sebagai “vitamin” yang memudahkan kita untuk mencapai keinginan kita. Hati yang bahagia akan melancarkan setiap usaha kita.

4. Tersenyumlah sesering mungkin

Always smile via http://lachwinkel.nl

Senyumlah sesering mungkin kapanpun dan dimanapun kamu berada. Semakin sering kamu tersenyum, maka semakin banyak pula orang yang membalas senyummu. Tentunya sebelum membiasakan diri dengan senyuman, kita harus percaya bahwa kita akan bahagia.

5. Berdoa dan bersyukurlah

Pray and Give thanks as much as you can via http://fbccov.org

Apapun keadaannya, kita harus selalu ingat Tuhan. Bersyukurlah setiap saat, baik senang maupun sedih. Rasa syukur akan memudahkanmu untuk menerima segala sesuatu yang terjadi dalam hidupmu. Rasa ikhlas akan dengan mudahnya datang jika kita terbiasa untuk mensyukuri hidup kita.

6. Catatlah semua kejadian bahagiamu

My happy list via http://i.huffpost.com

Ingatlah semua kejadian bahagia yang terjadi dalam hidupmu. Kalau perlu, catatlah agar kita dapat membacanya ulang. Catatan kebahagiaan itu dapat menyadarkan kita betapa istimewanya hidup yang kita miliki. Sekecil apapun itu harus tetap dicatat ya, misalnya membuka mata di pagi hari, tiba di sekolah/kantor dengan selamat, bertegur sapa dengan orang tua, dan lainnya. Terkadang kita disibukkan dengan mencari kejadian besar sehingga lupa bahwa banyak kejadian kecil yang seharusnya kita syukuri.