Semua wanita bahkan pria juga mau melakukan apa saja untuk mendapati kulit yang tetap segar. Mulai dari operasi, tanam benang, dan pembelian krim anti aging. Namun jika anda tidak teliti dengan pembelian krim tersebut, hanya akan membuat kulit wajah anda menua secara perlahan. Dan penanganan sejak dini perlu dilakukan, terlebih bila anda ingin memilih krim wajah yang sehat untuk kulit anda.

Kerutan pada wajah adalah salah satu ciri penuaan pada kulit anda, semua jenis kulit membutuhkan kolagen untuk nutrisi kulit. Sekarang, begitu banyak krim wajah yang dijual dipasaran dengan harga murah tapi berkuailtas, karena mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh kulit. Zat apa saja? Terdapat beberapa zat dalam kandungan krim yang dapat membantu proses penuaan kulit anda. Zat-zat ini akan membantu mempertahankan kulit muda anda.

Zat tersebut antara lain :

 

1. Retinol

Retinol adalah bahan ringan dari retinoid, mengandung vitamin A turunan. Kandungan ini sangat dibutuhkan untuk menghaluskan kulit wajah, kandungan retinol pun sering digunakan untuk krim wajah khusus malam hari. Hal ini karena retinol dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, melancarkan pori-pori yang tersumbat karena kotoran, menyamarkan bahkan menghilangkan bintik halus, dan mengurangi proses keriput. Namun tidak jarang juga kandungan retinol digunakan untuk krim siang hari. Manfaatnya sangat luar biasa, walau hasilnya dapat membutuhkan waktu berminggu-minggu.

2. Alpha Hydroxy Acids / AHA

Alpha Hydroxy Acids / AHA

Alpha Hydroxy Acids / AHA via http://www.gudangkesehatan.com

Zat AHA diluncurkan sejak tahun 1990-an, kandungan AHA itu sendiri dapat didapat dari buah-buahan, tebu  dan susu. AHA bermanfaat membantu pengelupasan kulit mati, dengan harapan terlahir sel kulit baru yang lebih putih dan bersih (beregenerasi), selain itu AHA juga membantu merangsang produksi kolagen. Alhasil, anda akan mendapati kulit anda lebih putih dan bersih, selain itu pori-pori pun mengecil, proses stimulus kolagen akan membantu memperlambat datangnya keriput dan AHA sangat membantu melembabkan kulit kering anda. Banyak manfaatnya, bukan? Walaupun begitu, anda tidak boleh membeli krim yang mengandung AHA lebih dari 8%. Hal ini akan menyebabkan kulit lebih sensitif jika terkena sinar matahari, iritasi kulit, kulit lebih kering, dan terkelupas. Maka pilihkan krim yang kandungan AHA-nya tidak lebih dari 8%.

3. Avobenzone

Inilah komposisi yang biasa digunakan pada kosmetik sunblock dan sunscreen. Manfaatnya yang dapat mencegah Sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit membuat bahan ini menjadi pokok utama bahan pada tabir surya, zat ini dikombinasikan dengan 2 zat lain yaitu oxybenzone dan benzophenone-3. Rata-rata orang terkecoh dengan mitos bahwa tabir surya yang mengandung SPF tinggi dapat menangkal sinar matahari lebih banyak dibanding SPF rendah. Pada umumnya, SPF 30 memang dapat menangkal 96% sinar matahari. Namun hanya selama 40-50 menit saja, tergantung jam terbang anda berada dibawah terik matahari. Kembali lagi, sunscreen dengan kualitas bagus yang akan memberi perlindungan kulit anda lebih lama. Tabir surya apa yang berkualitas? Tabir surya yang mengandung avobenzone dapat menjadi rekomendasi.

4. Asam L-Askorbat

Asam L-Askorbat

Asam L-Askorbat via http://www.gudangkesehatan.com

Asam l-askorbat atau asam askorbat adalah vitamin C-nya kulit. Zat kimia ini berbentuk bubuk kristal, tidak berwarna dan akan larut jika terkena air. Zat ini bersifat antioksidan yang berfungsi mengatasi radikal bebas. Sehingga membantu pembentukan kolagen, menambah elastisitas kulit wajah, dan mengurangi resiko peradangan kulit. Zat ini banyak digunakan pada krim wajah, begitupun pada kandungan obat untuk kesehatan karena sifatnya yang dapat membunuh radikal bebas. Asam L-askorbat juga dipercaya dapat memperpanjang hidup untuk penderita kanker stadium lanjut.

5. Niasinamid

Niasinamid adalah vitamin B3 turunan. Terdapat dari makanan berupa ragi, ikan, telur, daging, susu, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran hijau. Komposisi niasinamid dapat ditemukan di berbagai suplemen vitamin B dan vitamin B kompleks. Manfaat untuk kecantikan, dapat membantu mencegah pergerakan pigmentasi ke permukaan kulit, sehingga dapat membantu menyamarkan bintik hitam akibat bekas jerawat atau flek hitam. Untuk krim wajah, niasinamid juga dapat membantu melembabkan kulit kering, dan meningkatkan kolagen, juga menghindari dari peradangan kulit, mengatasi kulit kasar dan mengurangi terjadinya kerutan halus. Tidak aneh jika niasinamid digunakan sebagai komposisi krim anti-aging.