1. Memilih daya listrik sesuai kebutuhan

Tarif dasar listrik PLN Juni 2017 via http://listrik.org

Hal pertama yang paling penting adalah pemilihan daya listrik yang sesuai kebutuhan kita. Daya listrik menjadi penentu tarif listrik yang akan kita bayar nantinya. Semakin besar daya listrik, maka semakin mahal pula tarif listrik tersebut. Untuk itu, kita harus pintar-pintar menghitung berapa daya listrik yang kita butuhkan melalui perangkat-perangkat elektronik dan tingkat pemakaian setiap harinya. Peralatan-peralatan elektronik yang tidak terlalu kita butuhkan seharusnya kita hindari atau paling tidak kita minimalkan penggunaannya dengan cara pemakaian yang bergantian dengan perangkat lain atau lebih singkatnya minimalkan penggunaan beberapa perangkat elektronik secara bersamaan.

2. Menggunakan listrik prabayar

Listrik prabayar via https://id.wikipedia.org

Sudah jauh hari PLN telah memberikan solusi bagi kita yang ingin menghemat listrik. Solusi tersebut adalah berupa produk prabayar atau yang sering kita sebut dengan Pulsa atau Token Listrik. Penggunaan listrik prabayar dapat membuat kita mengatur kebutuhan listrik secara bijak karena secara tidak langsung, sistem pulsa akan membuat kita lebih peduli untuk mematikan perangkat-perangkat elektronik yang tidak terlalu dibutuhkan agar pulsanya tidak cepat habis. Hal tersebut pastinya sangat berperan untuk misi kita dalam menghemat listrik. Selain itu, penggunakan pulsa listrik juga berguna untuk memudahkan pengawasan penggunaan listrik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

3. Ganti lampu biasa dengan lampu LED

Berbagai Jenis Lampu LED via https://www.google.co.id

Advertisement

Salah satu pemicu naiknya tingkat penggunaan listrik di rumah kita adalah Lampu. Ya, lampu merupakan perangkat elektronik yang paling primer di rumah kita. Saat malam hari adalah saat di mana kebutuhan listrik kita mencapai puncaknya. Karena semua lampu yang ada di rumah kita pasti akan menyala. Untuk itu, kita harus mampu menyiasatinya dengan mengganti semua lampu konvensional yang ada di rumah kita dengan lampu yang berjenis LED. Teknologi LED tidak begitu membutuhkan daya yang besar, itulah sebabnya lampu LED diklaim mampu menghemat energi sebesar 70%.

Selain itu, lampu LED juga mempunyai berbagai keunggulan yaitu cahayanya yang lebih terang, lebih nyaman untuk mata, tidak menimbulkan hawa panas, dan lebih awet pastinya.

4. Gunakan televisi LED

Televisi LED via http://www.hargativi.com

Perangkat elektronik lain yang juga penting selain lampu adalah TV. Perangkat televisi menjadi penting bukan hanya sebagai hiburan di sela-sela waktu senggang kita, namun juga sebagai pusat informasi dengan berita-berita yang disajikannya supaya kita jadi lebih tahu keadaan di luar kita. Namun televisi juga merupakan salah satu perangkat yang paling banyak menyedot listrik. Untuk itu, kita juga harus bisa menyiasatinya dengan mengganti TV tabung kita dengan TV LED. Seperti halnya lampu LED, televisi LED ini juga mempunyai teknologi LED yang pastinya juga mempunyai keunggulan yaitu konsumsi listriknya yang lebih hemat. Banyak sekali jenis TV LED yang bahkan mempunyai teknologi canggih lain yang sangat berfungsi untuk menghemat listrik. Selain lebih hemat energi, TV LED juga mempunyai berbagai keunggulan lainnya seperti gambar lebih tajam dan jelas, serta berbagai teknologi-teknologi terkini yang sudah banyak ditanamkan di produk-produk televisi LED.

5. Pakailah pendingin ruangan sesuai kebutuhan

Pendingin ruangan via http://tribunnews.com

Di negara kita yang termasuk negara tropis ini, pendingin ruangan seperti AC dan Kipas angin juga sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Bahkan sering kali peralatan kipas angin dan AC tetap menyala walaupun tidak ada orang di ruangan tersebut. Hal tersebut sangatlah membuat listrik kita jadi boros. Untuk itu, gunakan peralatan tersebut seperlunya saja. Dan kalau bisa, pilih peralatan kipas angin dan AC yang sudah mempunyai teknologi hemat energi.

6. Kurangi penggunaan pengering pakaian dari mesin cuci

Pengering mesin cuci via http://www.lg.com

Jika anda menggunakan mesin cuci untuk membersihkan pakaian anda, maka sebaiknya hindari menggunakan alat pengering pada mesin cuci tersebut. Jika matahari bersinar dengan baik, alangkah baiknya anda melakukan pengeringan cucian dengan cara manual, yaitu dijemur di bawah sinar matahari. Jadi mesin cuci hanya digunakan untuk mencuci saja. Bahkan akan lebih baik lagi jika anda mencuci pakaian dengan cara manual juga. Hal itu akan sangat berguna dalam mengurangi konsumsi listrik.

7. Menggunakan setrika hemat energi

Setrika hemat energi via https://www.google.co.id

Zaman sekarang sudah sangat modern. Berbagai perangkat elektronik diciptakan dengan teknologi terkini termasuk teknologi hemat energi. Salah satu tips menyetrika dengan cara hemat energi adalah dengan menyetrika pakaian langsung dengan jumlah banyak sekaligus. Hal itu akan lebih menghemat energi dari pada anda harus menyetrika berulang-ulang.

8. Hindari mencolokkan steker yang tidak sedang digunakan

Cabut steker yang tak digunakan via http://kompas.com

Hal ini sangat terkesan remeh, namun justru sebenarnya hal inilah yang sering terjadi di kehidupan kita. Sering kali steker masih tertancap cantik di colokan padahal perangkat elektroniknya sedang tidak digunakan. Hal ini sering terjadi pada Charger Handphone dan juga perangkat elektronik lain seperti televisi dan kipas angin. Saat televisi dan kipas angin anda dalam keadaan mati, sebisa mungkin usahakan anda juga mencabut steker dari colokannya. Hak tersebut untuk menghindari adanya aliran listrik yang terbuang sia-sia.

Nah, demikianlah beberapa tips yang sebenarnya mudah untuk dilakukan, namun kita sering lalai dalam melakukannya sehingga tagihan listrik pun jadi membengkak. Semoga setelah membaca artikel ini kita bukan hanya sekedar membaca, namun juga mau dan sadar untuk melakukannya sehingga kita akan mempunyai kebiasaan untuk menghemat listrik. Dengan kita menghemat listrik, selain akan sangat membantu dalam mengurangi pengeluaran ekonomi, kita juga turut serta berkontribusi dalam menjaga kelangsungan energi di negeri tercinta kita ini supaya tidak akan ada lagi krisis listrik.