Baper atau Bawa Perasaan sudah menjadi keseharian kita. Khususnya bagi kamu yang sedang berurusan dengan lawan jenis. Baper karena pacar, mantan, keluarga atau studi. Itu manusiawi, wajar-wajar saja kamu mengalami seperti itu. Yang menjadi tidak wajar kalau kamu mengekspresikan kebaperanmu secara berlebihan.

Bagi kamu yang masih belasan tahun, masih bisa dikasih ampun. Bagi kamu yang udah 20 tahun ke atas, masa' iya kamu masih posting soal kebaperanmu di sosial media terus-terusan. Apakah kamu nggak malu?

Tengok deh beberapa tokoh ini yang bisa meraih kesuksesan karena kebaperannya, bukan karena hobi 'nyampah' belaka!

 

1. Berkat mantannya, Taylor Swift mampu menciptakan lagu-lagu hits yang meraih banyak penghargaan

Apakah kamu sering dengerin lagunya Taylor Swift? Atau kamu justru penggemarnya Taylor Swift. Selain karena lagu ciptaannya, Taylor Swift terkenal karena memiliki 16 mantan pacar. Banyak juga, ya? Mantan Taylor Swift beragam mulai dari aktor film, penyanyi sampai DJ terkenal. 

Dibalik sederet mantan yang bejibun terdapat lagu yang ia ciptakan terinspirasi dari sang mantan. Mulai dari "We Are Never Ever Getting Back Together" terinspirasi dari Jake Gyllenhaal."I Knew You Were Trouble"  terinspirasi dari Harry Styles dan "Back to December" yang terinspirasi dari Taylor Lautner. Tidak sedikit juga lagu yang ia ciptakan mendapatkan penghargaan dari acara musik

2. Kisah cinta Raditya Dika yang berliku malah membuatnya makin semangat membuat film dan konten-konten lucu

Raditya Dika

Raditya Dika via https://www.instagram.com

Siapa sih yang nggak kenal Raditya Dika?

Raditya Dika adalah idola bagi kaum ABG masa kini. Semua karya yang ia buat selalu diserbu oleh penggemarnya, mulai dari Buku, Film, Stand-up Comedy hingga serial yang ia buat di Youtube. 

Sudah bukan rahasia lagi kalau semua karya yang ia buat terinspirasi dari kumpulan mantanmya sendiri. Pengalaman-pengalaman sewaktu deketin cewek, ditolak cewek, sampai ditinggal pergi disaat persiapan pernikahan hampir selesai. Semuanya ia kemas dalam bentuk yang menarik. Ditambah dengan pemilihan judul yang unik membuat karyanya mendapat nilai tersendiri. Cinta Brontosaurus, Koala Kumal, Manusia Setengah Salmon adalah sebagian dari karya yang ia buat dan berhasil menghibur masyarakat khususnya ABG-ABG yang dilanda fakir asmara.

3. Lagu-lagu hits Eminem pun sukses tercipta dari kisah mengharukan mantan istri dan ibu kandungnya

Legenda Rap ini tentu saja sudah dikenal oleh banyak orang, khususnya di Indonesia. Marshall Bruce Mathers III atau Eminem memeng terkenal dengan gaya rap yang cepat dan pemilihan diksi yang ciamik. Sehingga banyak lagu ciaptaannya mendapatkan penghargaan dari berbagai ajang penghargaan. Tidak seperti kebanyakan rapper yang mengambil tema tentang uang, drugs dan wanita. Eminem lebih memilih pengalaman pribadinya untuk dijadikan inspirasi menciptakan lagu.

Kita bisa lihat di lagu Mockingbird menceritakan rasa sayang Eminem pada sang anak, Hailie. Lagu Love the Way You Lie menggambarkan hubungan dan perasaan Eminem dengan sang mantan istri, Kim. Lagu Headlights ia ciptakan sebagai permohonan maaf kepada sang ibu kandung, Debbie. Serta masih banyak lagu yang menceritakan pengalaman dan kebaperan Eminem sendiri.

4. Pernah menjadi pengagum rahasia? Contoh deh sepak terjang Yovie Widianto yang tenar berkat lagu-lagu bapernya

Yovie Widianto

Yovie Widianto via https://www.instagram.com

Apa yang terpintas ketika kalian mengenal sosok Yovie Widianto? Sebagian besar akan bilang lagu tentang cinta. Banyak lagu tentang percintaan yang sudah ia buat dan tidak sedikit yang mendapatkan penghargaan. Musisi yang sudah 30 tahun berkiprah di dunia musik. Dibalik lagu-lagunya yang bisa bikin orang baper mendadak, tersimpan pertanyaan 'Darimana Yovie Widianto dapat inspirasi untuk bikin lagu seperti itu?'

Yovie Widianto sendiri mengaku mendapat inspisasi menciptakan lagu dari berbagai hal. Ia menuturkan mendapat pencerahan dari teman-temannya baik itu sesama musisi atau bukan. Selain pengalaman orang lain, Yovie Widianto terkadang berimajinasi tenang suatu peristiwa yang tanpa sengaja datangnya lalu ia jadikan lagu. Selain itu ia juga menggunakan kisah cintanya sendiri sebagai inspirasi dalam membuat lagu. Diantaranya lagu Cerita Cinta terinspirasi dari sang pacar, Tak Akan Terganti bercerita tentang sosok perempuan yang bagi dia tak tergantian. Tak Sebebas Merpati bercerita sewaktu ia melamar cewek dan membayangkan kebahagiaan ketika bertunangan, namun pada akhirnya lamaran tersebut tidak diterima. Terakhir Andai Dia Tahu dan Seandainya Aku Bisa Terbang, lagu ini terinspirasi pada saat Yovie Widianto memiliki perasaan pada seseorang tetapi nggak sempat tersampaikan hingga akhirnya hanya menjadi inspirasi menulis lagu.

 

5. Pernah galau dan putus cinta justru membangkitkan 'gairah' Glenn Fredly untuk menyempurnakan lagu yang ia cipta

Beta Ambon satu ini berhasil bikin penikmat musik terbawa perasaaan lewat suara dan lagu-lagunya. Glenn Fredly memang terkenal dengan lagu-lagu yang bisa bikin kamu baper mendadak. Banyak lagu-lagu Glenn Fredly yang menceritakan pengalaman patah hati diputus pacar. Walau sidah lama dirilis tetapi sampai sekarang masih banyak kok yang dengerin, walau sembunyi-sembunyi.

Glenn Fredly menuturkan secara terbuka bagaimana ia mendapat inspirasi menciptakan lagu bertema patah hati. Sewaktu ia mengisi acara di konser ulang tahun bertajuk 'Demo Lagu Sendiri', di Gedung Kesenian Jakarta. Glenn membuka rahasia salah satu lagunya yaitu Akhir Cerita Cinta. Glenn Fredly bercerita pada saat ia membuat lagu tersebut, ia dalam kondisi down.

"Sudah diputusin pacar, masih tinggal di kontrakan dan dipaksa membuat lagu untuk mendongkrak penjualan albumnya pada saat itu" tuturnya disela-sela konser.  

6. Ernest Prakasa; 'Alur kehidupan yang nggak selalu mulus harus dijadikan pelajaran berharga!'

Ernest Prakasa

Ernest Prakasa via https://instagram.com

Komika yang selalu mengangkat budaya Tionghoa pernah mengalami baper. Bapernya dia adalah penindasan ras. Sewaktu masih kecil, ia sudah mengalami penindasan. Fisiknya membuat ia menjadi bahan bully orang-orang pribumi. Namun apa daya, ia tidak bisa berbuat apa-apa. Mau bagaimana lagi namanya juga masyarakat minoritas. 

Pengalamannya dimasa lalu tersebut membuat ia menjadi sensitif, khususnya ketika dipanggil "Koh" Bagi dia itu merupakan hal yang menyakitkan. Ernest Prakasa mulai benci mendengar kata "Koh".

Siapa sangka, Ernest Prakasa mulai bisa mengampuni masa lalunya ketika bertemu dengan stand-up comedy. Pada tahun 2011, ia mengikuti kompetisi stand-up comedy di Kompas TV. Di setiap penampilannya, ia menggunakan pengalaman pahitnya menjadi materi lawakan. Reaksi orang yang suka dengan materinya membuat ia terus lanjut. Walau hanya sampai posisi tiga besar namun pengaruhnya di dunia stand-up comedy sangat besar. Ernest Prakasa adalah komika pertama Indonesia yang melakukan tour stand-up comedy. Terlepas dari semua itu, Ernest Prakasa juga menjadi panutan komika-komika berparas oriental.

Seperti itulah orang-orang yang dalam kondisi down dan baper namun diubahnya menjadi karya. Tidak sedikit karya-karyanya yang mendapatkan penghargaan. Bahkan kamu bisa menyampaikan pesan kepada orang-orang yang mengalami peristiwa seperti yang kamu rasakan. Mari kita kurangi kebiasaan menyebarkan luaskan kebaperan kita di sosial media dan mengubah menjadi karya yang mengagumkan.