Setelah lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas, banyak yang nasibnya masih terkatung-katung nggak jelas. Ada yang masih gundah gulana menunggu pengumuman penerimaan Perguruan Tinggi, Kedinasan dan lain-lain, ada yang mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi Perguruan Tinggi dan lain-lain, ada juga nih yang nggak betah di rumah aja soalnya sering dimarahin emaknya buat segera kerja. 

Ada juga yang memutuskan untuk langsung kerja aja, biar cepet dapet duitnya. Ada pula yang masih bingung banget mau ngapain dan kemana setelah lulus.

Dan nggak sedikit juga yang pengen kerja sembari nunggu penerimaan segala tes, nunggu jadwal tes ( lumayan duitnya bisa buat biaya tes ), dan nunggu si doi ngelamar *ngaco

Buat kamu yang pengen banget segera dapat pekerjaan, entah itu emang niat mau kerja aja atau nunggu pengumuman segala tes sambil kerja. Lima hal di bawah ini bisa kamu lakukan biar segera dapat pekerjaan.

 

1. Tanya Lowongan Kerja ke Alumni yang Udah Kerja.

Makanya kenapa kita itu harus punya contact dan menjaga hubungan kita dengan kakak kelas ya ini alasannya. Kamu bisa tanya ke kakak kelasmu yang udah lulus yang tentunya udah kerja juga, apakah di tempat kerjanya ada lowongan atau mungkin ada informasi lowongan kerja yang diketahui oleh kakak kelasmu itu. Kan lumayan !

2. Mencari Informasi di Internet yang Terpercaya

Internet yang Terpercaya

Internet yang Terpercaya via http://cucokrumpipustaka.blogspot.co.id

Kenapa di sini aku tambahkan dengan kata  ‘terpercaya’? Karena sekarang sudah zamannya hoax tidak terhindarkan, bukan hanya berita saja melainkan informasi lowongan kerja juga.  Sudah banyak sekali kasus penipuan lowongan pekerjaan. Jadi, kamu harus berhati-hati jika akan mencari informasi lowongan kerja di Internet, entah itu melalui media sosial, media massa, maupun website khusus untuk mencari job.

Jangan lupa juga untuk melihat deadlinenya ya, jangan sampai deadlinenya sudah berakhir kamu malah mengirim lamaran hehe. Agar lebih aman, alangkah baiknya jika kamu cek langsung website resminya. Misalnya kamu mendapatkan informasi tentang perekrutan pegawai baru PT PLN, kamu bisa langsung membuka web https://rekrutmen.pln.co.id/ untuk melihat kebenaran informasi lowongan tersebut.

3. Mengikuti Acara Job Fair

Job Fair itu apaan sih?

Job Fair itu suatu acara yang isinya ada berbagai macam perusahaan yang membuka lowongan di acara tersebut di mana orang-orang bisa melamar lowongan  di lebih dari satu perusahaan. Maka dari itu, ketika kamu akan mengikuti Job Fair ini kamu disarankan membawa berkas lamaran sebanyaknya. Tapi jangan semua lowongan kamu lamar, kamu harus lihat kira-kira pekerjaan itu baik untukmu atau tidak.

Pekerjan yang baik itu yang bagaimana? Menurutku pekerjaan yang baik ialah pekerjaan yang bisa mewadahimu untuk berkarya dan mengembangkan bakatmu, selain itu juga bisa bermanfaat bagi orang lain. Jangan melihat pekerjaan dari gajinya dan dari enak tidaknya pekerjaan itu saja tetapi lingkungan pekerjaan  juga penting untuk kamu pertimbangkan. 

4. Datang ke Bursa Kerja Legal

Bursa Kerja Legal

Bursa Kerja Legal via http://beritadaerah.co.id

Kalau tempat tinggalmu cukup dekat dengan bursa kerja seperti Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, apa salahnya jika kamu datang kesana untuk mencari informasi lowongan. Sekali lagi diingat ya bursa kerja yang LEGAL yang harus kamu samperin, lebih aman lagi kalau kamu datang ke Disnakertrans yang sudah aku sebut di atas. Soalnya sekarang susah susah gampang untuk menemukan bursa kerja yang benar-benar terpercaya. Takutnya bukan malah mendapatkan pekerjaan tapi malah kena tipu hayooo.....

5. Ikut Walk In Interview

Walk In Interview

Walk In Interview via https://yourstory.com

Walk In Interview apaan? Walk In Interview itu kamu melamar kerja di suatu perusahaan langsung diinterview. Misalnya ada perusahaan yang membuka lowongan Walk In Interview pada tanggal 30 Februari 2030 pukul 09.00 WIB, jadi kamu harus datang pada hari itu dan jam tersebut dengan membawa berkas lamaran lengkap. Jangan sampai telat karena itu bisa menjadi penilaian kedisiplinan kamu, selain itu jika telat biasanya tidak diberbolehkan mengikuti walk in interview.

Selain yang aku sebutkan di atas masih ada banyak cara lain yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan pekerjaan. Semoga bermanfaat ya !