Dalam lingkaran pertemanan, kamu pasti punya satu teman yang suka bilang begini: “eh, pinjam uang lo dulu dong, ntar gue ganti.” Oke, pinjam duit antar teman adalah hal yang wajar. Masa iya sih kamu pelit saat membantu orang apalagi teman sendiri?!

Tapi, semua ini jadi enggak wajar dan bikin keki kalau dia sering banget pinjam tapi suka lupa kalau dia minjam. Parahnya lagi gali lubang tutup lubang alias belum bayar yang kemarin-kemarin eh sudah mau pinjam lagi. Enggak sadar pulau kalau punya utang dan enggak ada gerak-gerik kalau dia mau bayar. Duh!

Dan kamu sebagai pihak yang seharusnya komplain malah jadi serba salah. Enggak enak buat nolak dan enggak enak buat nagih ke dia. Nah lho, benci banget kan situasi kayak begini?!

1. Kalau diajak jalan sama dia, pastikan kamu enggak jalan berduaan doang.

jangan berdua aja via https://www.google.com

Bau-bau orang mau utang itu biasanya mengajak kita hangout ke suatu tempat, tapi misterius gitu. Dia enggak ngajak orang lain dengan alasan quality time bareng kita. Nah, kalau ada gerak-gerik seperti ini, kamu ngeles saja sebisa mungkin biar bisa kabur dari dia. Ya kalau kamu berani terus terang sih bilang saja kalau kamu lagi enggak bisa minjemin dia karena beberapa alasan.

2. Bawa uang secukupnya, tinggalkan kartu ATM atau sumber dana lain di rumah.

bawa uang secukupnya via https://www.google.com

Hangout bareng teman yang suka ngutang? Hemm, kamu baiknya  pasang kuda-kuda sebelum berangkat. Bawalah uang pas dan jangan bawa ATM biar enggak ada excuse. Jahat sih, tapi lebih baik kan daripada kamu berkorban terus dan jadi penyakit hati? No way, mereka yang utang kok kita yang stress!

3. Selalu ingatkan temanmu untuk enggak lupa bawa dompet dan kartu ATM.

Advertisement

Biasanya modus mau ngutang adalah dengan bilang lupa bawa dompet atau ATM. Kalau dia keseringan begini, ingetin dia buat bawa dompet dan kartu ATM-nya sebelum pergi. Sesekali ceroboh sih masih bisa termaafkan, tapi kalo setiap kali jalan sama kita dia lupa bawa dompet dan kartu ATM, kan risih juga.

4. Coba kamu yang balik pinjam uang dia.

pinjam balik via https://www.google.com

Kamu enggak enak buat nagih utang ke teman? Hemm, pakai saja skenario mudah ini: utang balik saja. Pas makan siang pura-pura saja kamu lupa bawa dompet atau ATM dan minta dibayarin dulu. Nah, saat itulah kamu bisa nyeletuk, “Oh iya, tempo hari kan duit gue masih di elo…” Tapi kalau teman kamu tahu diri sih biasanya dia sadar….

5. Kalau dia enggak peka dan parahnya enggak tahu diri banget, sindir!

Sebenarnya temanmu bisa bayar utang, tapi dia enggak bayar dan malah hura-hura di depan matamu! Ugh, kesel banget. Kalau sudah begini sih cara-cara halus enggak guna! Kamu langsung saja sindir dia secara halusTapi cara ini dipake kalau dia benar-benar keterlaluan banget lho ya.

Kelima cara di atas memang agak jahat sih. Tapi kalau kamu emang benar-benar kepepet dan utang mereka sudah banyak banget, sudah saatnya kamu tegas. Semoga cara di atas membantu ya.