1. SEMUT

semut yang selalu bekerja sama via https://www.google.co.id

Semut adalah contoh hewan yang pekerja keras. Setiap semut memiliki peran masing-masing seperti :

Peran semut ratu adalah untuk mereproduksi, membuatnya produsen tunggal dari semua semut lahir di koloni. Peran Semut jantan adalah untuk kawin dengan ratu, dan tidak seperti ratu, yang tinggal selama 15 sampai 20 tahun, semut jantan akan mati tak lama setelah kawin. Semua semut lain di dalam koloni memiliki pekerjaan tertentu untuk tetap berjalan lancar.

Semut pekerja bertanggung jawab untuk memberi makan dan merawat larva yang dihasilkan oleh ratu, serta menjaga koloni bersih, menggali terowongan baru dan berbagai tugas lainnya. Semut pencari makan bertanggung jawab untuk mencari makanan dan membawa temuan mereka kembali ke koloni.

kesimpulan : Belajarlah dari semut meski memiliki tugas masing – masing mereka masih bisa bekerja sama sesama dan yang lainnya. (gotong royong dan disiplin)

2. BERANG – BERANG

berang berang selalu fokus pada pekerjaan via https://www.google.co.id

Berang-berang dianggap insinyur alam, sebab hewan ini bergigi mamalia sangat mahir dan rajin membangun bendungan di sungai atau sungai untuk membuat kolam yang cocok untuk kebutuhan rumah mereka. Dimulai pada akhir musim panas dan ke musim gugur, berang-berang mulai mempersiapkan rumah mereka untuk musim dingin.

Mereka mengumpulkan kayu dengan menggunakan ekornya,dan mengumpulkannya berdasarkan ukurannya,berang-berang mengelompokkannya menjadi potongan kecil yang lebih mudah dikelola dan membawanya ketempat yang cocok untuk membangun rumah mereka.

Tapi pekerjaan berang-berang itu tidak dilakukan sekaligus,sedikit demi sedikit hewan ini merencanakannya.Ia juga bekerja untuk mencari kayu stok untuk makan selama bulan-bulan musim dingin yang panjang.

kesimpulan : jika mengerjakan sesuatu lakukanlah sedikit demi sedikit, jangan terburu – buru. Karena kalau dikerjakan tahap demi tahap kamu akan jadi lebih fokus dan mengurangi kesalahan dari setiap yang dikerjakan. (fokus)

3. RAYAP

rayap yang selalu melindungi sesama via https://www.google.co.id

Advertisement

Kamu pasti takut terhadap rayap, karena rayap merupakan hewan yang mampu merusak rumah ataupun peralatan rumah yang terbuat dari kayu. Cara kerja mereka hampir sama dengan semut,rayap pekerja berwarna putih,atau sering muncul transparan, ketika sumber kayu baru ditemukan.

Tanggung jawab utama mereka adalah untuk melindungi koloni dari musuh seperti semut atau rayap dari koloni bersaing. Satu-satunya rayap bersayap dalam koloni disebut laron, atau swarmers, dan mereka bertanggung jawab untuk memulai koloni baru.

kesimpulan : setiap manusia pasti memiliki keahlian diri atau sifat keberanian pada diri yang bisa kamu manfaatkan untuk saling menolong, melindungi orang yang lemah. (jika ada yang kecopetan di bus, kenapa diam saja ? menolong orang yang kesulitan itu perbuatan baik dan sosok kamu sangat dibutuhkan oleh yang kesulitan)

4. PENGUIN

penguin yang menjaga kepercayaan pasangannya via https://www.google.co.id

Penguin terkenal sebagai hewan laut di antartika, dia sangat tahan terhadap cuaca yang dingin, ketika musim kawin tiba, tugas pejantan adalah menjaga telur dan mengerami nya sampai 64 hari hingga menetas, tugas betina adalah mencari makanan bagi sang jantan, ketika anak anaknya sudah menetas maka sang betina gantian akan menjaganya.

kesimpulan : kamu harus bisa menjaga kepercayaan apa yang telah diberikan orang lain kepadamu seperti : amanat, perintah, tugas dll. (jika menjadi orang dipercaya maka jagalah kepercayaan itu jangan buat mereka kecewa, sebab kamu salah satu orang yang dipandang baik olehnya).

5. KANGURU (KANGOROO)

kangoroo yang selalu membawa anaknya pada kantung nya via https://www.google.co.id

kanguru memiliki dua kaki belakang yang sangat kuat, dan telapak kakinya yang besar untuk meloncat. Kanguru bisa melompat dengan kecepatan 20-25 km/ jam. Kanguru diketahui memiliki otot tungkai depan(bisep) yang kuat, kini telah diketahui bahwa otot tersebut selain digunakan untuk berkelahi dan digunakan untuk memikat betina.

Kanguru juga sangat penyayang kepada anak nya yang selalu dibawa kemana mereka pergi di taruhlah anaknya pada kantung yang ada di bagian depan tubuhnya.

kesimpulan : kamu harus bisa lebih tegar dan menjaga orang – orang tersayang. Lebih sering mengkoreksi diri dan menjaga kabar terhadap orang terdekatmu. Jadikan mereka tempat bercerita dan menemukan solusi dalam permasalahan yang kamu hadapi.

Terimakasih bagi yang sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga pelajaran yang ada pada kelima hewan diatas bisa memotivasi kamu untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan semua orang.

Semangat terus dalam menjalani hidup, gapai cita cita dan kejar mimpimu sampai berada di genggaman tanganmu. Dan yang terpenting jangan lupa tersenyum.