Hampir semua rancang bangun (platform​) gawai dan piranti elektronik menggunakan istilah-istilah sebagai berikut : ​next gen, 4K, UHD. ​Tren tersebut termasuk berpengaruh pada video game ​lansiran terbaru yang bisa bikin kamu betah berjam-jam, nabung berbulan-bulan demi sebuah judul game. Mungkin kamu maniak ke beberapa judul, aliran (genre) video game. Dari ribuan judul dan aliran video game, salah satu aliran video game ​adalah aliran balap (racing​) yang dipecah menjadi sub-genre seperti simulator balap jalanan, simulator balap sirkuit. Sebutlah beberapa judul legendaris yang terlintas di otakmu : Midnight Club, Gran Turismo, Need For Speed. Dalam menghadapi persaingan dari judul dan aliran sejenis, pengembang game memberi embel-embel "next gen" yang membuat kamu terasa makin dekat dengan pengalaman berkendara mobil di dunia nyata.

Selanjutnya kamu yang generasi 90'an, mungkin semasa sekolah video game itu sama berbahaya-nya dengan lirik Awkarin dan Young Lex. Hey, tapi perlu disadari namanya juga anak-anak. Kesehariannya adalah meniru perilaku orang dewasa, kerjaannya ​ya main.  Begitupun saat tumbuh dewasa, usai menyelesaikan pendidikan tinggi, belajar adalah proses tanpa henti. Ketika keseharian profesional kian menjemukan, tapi masih craving ​dengan hal inspiratif.. video game ​bisa dijadikan sebuah ​proxy agent ​kamu dalam belajar.

1. Tampilan Full HD-Bikin Kamu Pengen Full HD

Setiap tahun sejak genre balap muncul embel-embel next gen. Kamu udah ngiler (mungkin sampai bawa penadah, menadah air liurmu) berat.. tampilannya kian realistis, suara mesin mobilnya mendekati 90 persen suara mesin aslinya. Matamu kian dimanjakan, telingamu apalagi-saat mendengarkan raungan mesin mobil impianmu yang entah kapan bisa kebeli. Setelah asik main beberapa misi, peringkatmu meningkat.. kamu mulai agak-agak sok kontemplatif. Membayangkan dirimu sebagai mobil, mobil yang full HD saja ada, masa dirimu masih aja betah dengan SD alias Standard Definition.

2. Mengurangi Ragu-Ragu? Coba Main Game Balap!

Lima hal dilakukan bersamaan? Jangan ragu! via http://www.speedhunters.com

Sering ragu? Sering mikir panjang tapi intinya kena tanggung alias kentang. Mulailah kamu bermain video game balap, yang edisi terbaru ya. Keraguanmu tidak punya tempat lagi saat bersimulasi bersama mobil-mobil super pilihanmu. Ragu injak rem, ragu narik rem tangan, ragu putar setir, ragu menggunakan NOS, ragu ambil jalur.. maka kamu akan tertinggal jauh. Hal yang dipelajari selanjutnya? Kamu harus tahu kapan lepas gas, injak rem, tarik rem tangan, putar setir, tekan NOS lalu ambil jalur melampaui lawan-lawanmu. Idih baper.. kan cuma main game. Jangan keliru, kepiawaianmu mengendalikan mobil bisa diaplikasikan pada keseharianmu. Keseharianmu menuntut untuk tepat mengambil keputusan dan melakukan berbagai hal dalam waktu bersamaan guna mencapai peak performance entah itu sebagai anak sekolah, mahasiswa, atau profesional.  

3. Bingung dengan Siapa Dirimu? Temukan Melalui Mobil Pilihanmu!

Temukan dirimu di dalamnya! via https://www.needforspeed.com

Advertisement

Individu akan selalu adjust and grow. Meskipun kepribadianmu cenderung tetap atau ajeg, tetapi kadang ada rasa perluasan diri yang bikin kamu penasaran. "Apa iya ini diriku?", sebelum kamu sibuk buka buku filsafat dan ucapanmu mulai mengawang-awang serba abstrak karena mencari siapa dirimu. Tentukanlah lewat mobil pilihanmu. Puluhan mobil super kencang sudah siap untuk kamu pilih. Pilih mana? Tenaga besar? Model yang rupawan? Atau mobil yang tidak terduga memiliki pengendalian yang prima. Terkadang, mobil pilihanmu merefleksikan secara tidak sengaja profil dirimu. Selamat mencari dirimu!

4. Ketekunanmu Bisa Tampak Saat Menyelesaikan Game

Brrrrruuuummmmmm!!!! via https://i.ytimg.com

Semasa sekolah, kamu mungkin sudah kenyang dengan narasi soal ketekunan. Semasa kuliah, narasi tersebut berkembang ditambah istilah asing seperti persistence. Setelah terjun ke masyarakat, bertambahlah istilah soal tekun, yaitu grit sebagai konsep yang lebih mendalam dari tekun, persistence. Jika mulai terkena prokrastinasi, coba rehat sejenak sambil main game. Ingat perasaan puasmu saat mampu menyelesaikan balapan dan dapat reward. Bangun cara pandang, bahwa pekerjaanmu atau aktifitasmu ini adalah sebuah judul game yang ada target dan hadiah-nya. Semoga bermanfaat! Mungkin akan sedikit berbeda, saat bermain game setelah menyelesaikan balapan kamu bisa mendapat mobil baru di garasimu.. yaaa kalau kesehariannya, mungkin usai menyelesaikan pekerjaanmu dan mencapai target..kamu bisa mendapat reward buat DP Lamborghini *lho itu kamu kerja di mana ya? Saya jadi pengen gabung..*.

5. Race for Your Life!

Race for Your Life, because no one will do it for you 🙂 via http://www.gamespot.com

Wah lumayan seru ya, rupanya ada hal-hal yang bisa diberi sinar agar menyinarimu saat mengalami demotivasi. Hidupmu akan terus berjalan, game balapan akan selalu rilis tiap tahunnya dengan judul baru. Race for your life! Jangan ragu berkompetisi, kalah-menang adalah hal biasa. Kamu punya tujuan hidup tertentu? Tancap gas! Saat ada tikungan tajam, luwes-lah seperti mobil super yang kontrol traksinya mati lalu ia melakukan drift dengan luwes. Begitu tertinggal, aktifkan sistem nitrogen oksidamu sehingga melaju lebih kencang. Keep moving forward people! Smashing the gas!