Bukan tanpa alasan sepertinya Song Il Gook ini menyandang gelar sebagai superman. Ayah dari Daehan, Minguk, Manse memang salah satu cast di variety show ini, sejak tampil bersama ketiga putra kembarnya di “The Return of Superman”, Song Il Gook banyak menerima respon positif karena caranya yang unik dalam mendidik Daehan, Minguk, dan Manse. Bahkan seorang psikolog anak di korea mengkonfirmasi bahwa Song Il Gook adalah seorang ayah yang piawai dalam mendidik anak kembarnya. Ini bisa menjadi refrensi cara untuk mendidik anak bagi yang sudah menjadi ayah atau yang akan menjadi ayah. Apa saja yang membuat Song Il Gook menjadi ayah dengan gelar superman? Yuk kita intip kepiawaiannya mendidik si kembar tiga.

 

1. Tata Krama Always Number One

greeting

greeting via http://1.soompi.io

Tata krama adalah dasar dari sebuah iman, tak salah Song Il Gook begitu ingin anak-anaknya mengerti arti tata krama, di setiap kesempatan bertemu orang Song Il Gook selalu menyuruh anak-anaknya mengucapkan Annyeong haseyo sambil membungkukan badannya tanda memberi salam apa kabar, selalu menyapa orang yang lebih tua setelah bangun tidur.

Tidak lupa mengatakan kamsahamnida jika orang lain telah berbuat baik kepadanya tanda terimakasih, dan apabila sedang makan bersama di meja makan, ia harus menunggu orangtua melahap makanannya terlebih dulu baru ia bisa makan, setelah makan pun anak-anak harus berkata terimakasih atas makanannya.

Dan berkat itu semua kini Daehan, Minguk, Manse sangat pintar di umur yang masih begitu dini, tak perlu lagi Song Il Gook memberi taunya ia akan melakukannya sendiri karena sudah menjadi kebiasaan.

2. Metode Thinking Chair

Selain selalu mengutamakan perkembangan anak, Il Gook juga berupaya untuk memberikan banyak pelajaran moral kepada anak-anaknya. Satu hal yang mungkin baik untuk ditiru oleh penggemar variety show ini adalah bagaimana cara Il Gook ketika “memarahi” anak-anaknya yang nakal ia menamai metode thingking chair yakni kursi berpikir. 

Ketika ada salah seorang anaknya yang nakal, ia akan membawa anak tersebut menjauh dari saudara kembarnya, metode ini di lakukan agar sang anak tidak malu dimarahi di depan saudaranya, lalu anak tersebut diminta duduk menghadap ke tembok selama lima menit, dan merenungkan kesalahan yang telah dilakukannya. Setelah lima menit, ia akan menemui salah satu anaknya tersebut dan memberi pengertian mengapa perbuatan itu salah dan tidak boleh dilakukan lagi. Setelah itu ia akan memeluk dan mencium anaknya.

3. Mengajarkan Pentingnya Meminta Maaf Saat Bersalah

Song Il Gook juga mengajarkan pentingnya minta maaf jika anak-anaknya bersalah satu sama lain, misalnya saat Daehan, Minguk, Manse asik bercanda di kamar tidur dan Manse tak sengaja menendang kepala Daehan, Song Il Gook langsung berkata bahwa Manse harus minta maaf jika ia bersalah, tak boleh semena-mena dengan saudara, Song Il Gook tak akan menenangkan Daehan, Manselah yang harus menenangkannya, dan Manse langsung memeluk Daehan yang menangis karena kesakitan, lalu ia mencium Daehan untuk menenangkannya. Begitupula dengan Song Il Gook jika ia bersalah dengan anak-anak ia tak sungkan untuk meminta maaf.

4. Superman Yang Pandai Mendongeng

Salah satu cara menyampaikan nilai terbaik kepada anak adalah dengan membacakan dongeng kepada anak. Ini juga menjadi alternatif untuk menggantikan televisi, dalam beberapa episode, tentu kamu akan menemukan betapa cerdasnya Song Triplet berkat selalu didongengi oleh ayahnya. 

Daehan, Minguk, Manse bisa memainkan peran dari berbagai cerita dongeng yang diceritakan ayahnya sebelumnya. Mereka bahkan bisa saling bersahutan merapalkan dialog di dongeng manapun, entah saat bermain di dalam rumah atau bahkan saat menemani ayahnya menyetir.

Misalnya saat mereka menjadi 3 ekor babi yang di kejar oleh serigala sangat lucu. Dan kepandaian Song Il Gook dalam mendongeng terus diasah. Ia bahkan rela membuat tokoh dongeng dalam bentuk wayang dengan gambar tangannya sendiri untuk pertunjukkan dongeng bagi triplet.

5. Say No To Gadget

Song Il Gook tak pernah memberikan mainan berupa gadget kepada Daehan Minguk Manse, bisa kita lihat dalam acara The Return Of Superman, apartemen yang ditinggali Song Il Gook didesain khusus untuk anak-anaknnya agar jauh dari TV dan gadget, kalaupun ia memberikan mainan ia hanya memberi lego, puzzle, permainan fisik atau asah otak lainnya, dan kalaupun ingin menonton TV, TV sudah disetel dengan kartun anak-anak seperti Pororo dan Robocar Poli. 

Itu pun jarang dilakukan karena Daehan Minguk Manse lebih sering bermain di luar apartemennya agar ia bisa bersosialisasi dengan teman-teman dan orang sekitar, seperti bermain sepeda, memancing di laut, memberi makan binatang di kebun binatang, main ke sungai menangkap ikan, camping, panen anggur di kebun dan masih banyak lagi.

6. Mengenalkan ke Dunia Olahraga

Superman Il Gook sadar bahwa olahraga sangat penting bagi pertumbuhan anak-anaknya, selain aktor Il Gook yang juga merupakan seorang olahragawan, ia sering mengajak Song Triplet hadir dalam acara-acara olahraga yang diselenggarakan di korea.

Misalnya dalam Incheon Asian Games, lalu dalam kejuaraan olah raga triathlon juga Song Il Gook pernah mengajak Daehan, Minguk, Manse ikut serta bersamanya, Daehan yang duduk di perahu berenang bersama ayahnya, lalu Minguk bagian ikut bersepeda bersama ayahnya dan Manse yang mendukung ayahnya selama lari, bagi Il Gook kenangan emosional seperti ini hanya bisa didapat jika kau melakukannya bersama anak-anakmu.

7. Mengasah Otak Dengan Belajar Bernyanyi

twinkle twinkle little star by minguk

twinkle twinkle little star by minguk via https://scontent.cdninstagram.com

Song Il Gook sebagai ayah selalu tau bagaimana membuat anak-anaknya pintar tanpa harus ada gadget, ia pun dengan senang mengajarkan anak-anaknya bernyanyi, mau makan nyanyi dulu, mandi nyanyi dulu semua di buat riang dengan menyanyi, atau saat anak-anaknya sedang dalam keadaan bad mood ia akan mengajaknya bernyanyi sebagai moodbooster anak-anak, Daehan, Minguk dan Manse paling sering menyanyikan lagu Three Bears (Gomsemari), Butterfly (Nabiya), Appa Himnesaeyo.

Dan Song Il Gook paling kaget dan terharu saat dalam mobil Minguk menyanyikan lagu twinkle twinkle little star dengan hafal dari pertama sampai akhir, Song Il Gook tak bisa berkata apa-apa lagi ia hanya memandangi Minguk dengan rasa bangga, lalu ia mencium Minguk dan mengatakan bahwa kamu wonderful

8. The Miracle Of 10 Seconds

daehan vacum cleaner

daehan vacum cleaner via https://pbs.twimg.com

Song Il Gook mengajarkan kepada anak-anaknya betapa pentingnya berbagi terhadap sesama terutama kepada saudaranya, apa lagi dengan anak yang kembar tiga pasti terkadang keinginan mereka berbeda-beda, walaupun mereka anak-anak yang manis namun ada kalanya juga mereka menjadi mudah kesal, mudah menangis dan perilaku anak-anak lainnya.

Ada saat kejadian Daehan begitu keras kepalanya tidak ingin meminjamkan vacuum cleaner yang sedang ia mainkan, padahal Minguk dan Manse juga ingin memainkannya alhasil mereka pun merengek, nah pada saat inilah Song Il Gook menerapkan cara the miracle of 10 seconds, yaitu dengan cara menghitung pelan dari 1 sampai 10, dan Song Il Gook berkata bahwa ia berharap Daehan mau meminjamkannya ke Minguk dan Manse.

Setelah terhitung 10 seconds secara ajaibnya Daehan memberikan vacuum cleaner itu ke Minguk dan Manse, akhirnya mereka pun secara bergantian memainkannya.

9. Melatih Kemandirian Sedini Mungkin

Song Il Gook selalu ingin melihat bagaimana respon anak-anaknya jika ia harus berada di sekolah bertemu dengan banyak orang atau tanpa ada ayah di sampingnya. Maka dengan tegas Song Il Gook memasukan anak-anaknya ke sekolah militer untuk beberapa hari, tapi tunggu dulu ia memasukkannya bukan karena sedini mungkin ikut wajib militer tapi agar anak-anaknya bisa melihat bagaimana kehidupan orang-orang dewasa di sana, bagaimana ia menjadi tentara, dan bagaimana aturan-aturan di sana, Song Il Gook ingin Daehan, Minguk dan Manse lebih percaya diri jika tak ada ayahnya, dan lebih mengerti kedisiplinan.

Meski harus ada kejadian Daehan menangis sejadi jadinya saat sersan memberitau bahwa ia harus tidur siang dan tak boleh main lagi, dan Manse yang sempat meneteskan air mata saat sersan berkata tak boleh main tanah, sersan pun dibuatnya frustasi saat Minguk selalu hormat memakai tangan kiri. Namun dengan dewasanya mereka bertiga saling menguatkan satu sama lain, mengingatkan kepada saudaranya jangan lama-lama menangis.

Walaupun begitu ada kalanya mereka sangat happy di sana makan bersama kakak-kakak tentara sambil bernyanyi, dari itu semua Song Triplet belajar banyak hal, mengetahui dunia militer sedari awal, di akhir acara pun sersan memeluk Triplet karena telah membuatnya menangis, dan pada akhirnya bertemu dengan ayahnya kembali.

10. Mendidik Song Triplet Agar Menyayangi Satu Sama Lain

kis and hug

kis and hug via http://www.allkpop.com

Nah dari itu semua ini yang paling penting, Song Il Gook mengajarkan Daehan, Minguk, Manse untuk saling menyayangi, respect apabila saudaranya menangis, membantu jika saudaranya sedang kesusahan, atau mengingatkan apabila salah satu melakukan kesalahan.

Ada kejadian yang sangat menyentuh saat Manse begitu banyak memakan 6 buah jeruk, Minguk yang merasa saudaranya sudah terlalu banyak memakan jeruk ia segera menyingkirkan keranjang yang berisi jeruk agar Manse tidak memakannya lagi karena ia takut Manse akan sakit perut.

Song Il Gook juga pernah mengajak anak-anaknya ke kebun anggur untuk memetik sendiri buah anggur yang akan diberikan ke ibunya yang akan ulang tahun, ia juga pernah mengajak anaknya memasak dan membawakan masakannya sendiri ke kantor hakim untuk diberikan ke ibunya mengingat begitu sibuknya istri Song Il Gook menjadi hakim, ia mengajarkan anak-anaknya selalu respect dengan ibunya.

Sangat luar biasa keluarga ini, begitu menggemaskan, real superman in the world saranghaeyo.