Momen menjelang lebaran adalah momen bahagia bagi kebanyakan orang, berbagai macam aktivitas dilakukan untuk menyambut datangnya lebaran, ada yang berharap-harap cemas menunggu kapan THR nya cair, ada yang sibuk menyiapkan berbagai macam kue untuk disandingkan saat lebaran, ada pula yang sibuk menyiapkan  pakaian seragam keluarga agar terlihat kompak saat silaturahmi dengan keluarga besar, semua itu adalah ekpresi dari kebahagian menyambut datangnya lebaran. Namun  disisi lain, tak jarang pula orang yang ketika lebaran datang, tiba-tiba merasa cemas, galau bahkan harus berfikir keras bukan karena menunggu THR yang belum datang, atau galau dengan kue lebaran yang belum selesai target, tapi karena tahun ini masih belum juga menemukan pasangan hidup, Iya,, predikat “lajang” yang serasa menjadi kaum yang “dimarjinalkan” saat datangnya lebaran, perasaan melihat teman seangkatan yang sudah berkeluarga dan bahkan sudah mempunyai momongan, pertanyaan yang sebenarnya simple  “kapan Nikah” yang selalu datang tapi membuat psikis lelah bagai menghadapi ujian sidang. yah memang belenggu menjelang lebaran tak seharusnya dihadapi dengan penuh kecemasan dan kegundahan walau tahun ini masih belum juga memiliki pasangan, memang perlu banyak hal yang dilakukan agar moment indah lebaran nanti tak terlewatkan

1. Memanfatkan akhir Ramadhan lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta

Mungkin banyak sekali ikhtiar yang telah dilakukan agar jodoh didekatkan, mulai dari ikhtiar didunia nyata dengan selalu “blusukan”, menghadiri acara seminar, reoni akbar, dan ikhtiar-ikhtiar lain dimana kemungkinan menemukan jodoh yang diinginkan , sampai dengan menyusuri dunia maya yang mungkin menemukan sang pujaan hati yang cocok dengan harapan, tapi kenyataan dan hasilnya toh masih nihil juga. Ikhtiar yang terlalu banyak menguras tenaga ini juga perlu adanya penyeimbang. Memperbanyak ibadah dan berdoa dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya di sisa-sisa bulan Ramadhan menjadikan siraman penyejuk hati yang bisa menjernihkan dan meulihkan hati dan pikiran yang sudah terlalu lelah.

2. Ramadhan bulan yang pas untuk memperbaiki diri

Kepompong Kupu Kupu via https://langkahblog.wordpress.com

Bagi kebanyakan orang yang sudah menikah, menemukan jodoh itu gampang gampang susah, tapi bagi yang belum menemukan memang benar-benar susah tidak gampang yang semudah orang katakan. Tapi bagaimanapun, ini lah moment yang tepat untuk memperbaiki diri. Tujuan dibulan Ramadhan selain untuk menngkatkan ketaqwaan, juga proses perubahan tingkah laku, menjadi mapan dalam bersikap menandakan kesiapannya untuk mewujudkan masa depan keluarga bahagia bersama pasangan .

3. Kebersamaan dengan orangtua dan saudara menjadi hal yang tidak boleh ditinggalkan

Advertisement

Selain menyiapkan fisik dan mental, menyiapkan hal-hal untuk membahagiakan orang-orang yang dicintai memang wajib dilakukan, memberikan pakaian yang menarik untuk saudara dan adik-adik serta menyediakan aneka kue untuk dihidangkan dirumah orang tua menjadi moment berharga ketika berkumpul bersama keluarga yang mungkin moment indah seperti ini akan lebih jarang dilakukan ketika kita sudah mendapatkan pasangan yang membuat kesibukan dan waktu luang bersama keluarga besar semakin sedikit.

4. Mengadakan atau Menghadiri acara silaturrahmi menjadi moment yang perlu dilakukan

Sesambi menunggu datangnya jodoh dengan ikhiar dan doa, moment ‘lajang’ juga menjadi kesempatan baik untuk lebih leluasa memiliki waktu bahagia dengan keluarga dan saudara serta teman-teman yang mungkin kadang sulit dinikmati ketika sudah mendapatkan pasangan. Menggunakan waktu sebaik-baiknya dengan kerabat menjadikan lebaran semakin indah dan menyenangkan.

5. Walau belum menemukan jodoh, menentukan rencana pernikahan juga penting

Cincin Pernikahan via http://mas-cipul.blogspot.co.id

tidak bisa dipungkiri,dalam mempersiapkan pernikahan perlu adanya rencana dan materi untuk menunjang kelancaran proses pernikahan. mahar, atau mas kawin adalah salah satu yang perlu dipersiapkan selain juga persiapan-persiapan lain yang berkaitan dengan membangun keluarga yang bahagia. Walau jodoh belum terlihat sampai sekarang, tak ada salahnya menyiapkan itu semua toh pada akhirnya akan ketemu jodoh juga, kalau sudah ikhtiar dan berdoa tinggal masalah waktu saja.