Eits, tiba-tiba dapat telpon atau SMS, dari teman atau relasi kita, bisa gak jadi MC, bisa gak jadi pembicara workshop, seminar, atau mengisi sebagai dosen tamu. Padahal kita gak pernah punya pengalaman buat ngomong di depan umum. Hmmm... Seribu jurus kuda-kuda penolakan pasti akan segera diluncurkan. Stop, jangan lakukan! Kalau dapat tawaran seperti itu, mendingan diam sejenak, merenung, dan terima tawaran itu.

Sesungguhnya, tawaran seperti itu sangat berdampak bagus buat kita. Kesempatan ini bisa menambah kepercayaan diri dan memperluas pergaulan kita. Kalau pergaulannya udah luas, banyak orang yang mengenal kita. Nah kalau udah banyak orang yang mengenal kita, pas kalau kita lagi susah bakal banyak yang nolong. Ya kan? Berpikirlah sampai sejauh itu, Bro and Sister

Nah, bakal saya kasih tips manjur buat kamu yang lagi menghadapi situasi yang pelik. Tentunya berdasarkan pengalaman saya. Cekidot, ya!

 

1. Bertanyalah tentang materi apa yang harus disajikan.

Bertanya itu sesungguhnya mempermudah urusan

Bertanya itu sesungguhnya mempermudah urusan via https://www.google.co.id

Bertanya tentang tema dan topiknya, juga audiensnya sangat penting agar kita bisa menguasai materi dan tahu siapa yang bakal kita hadapi. Nah kalau sudah seperti itu, kita jadi tahu bagaimana kita harus bersikap dan menguasai panggung.

2. Bertanyalah kepada penyelenggara siapa audiens yang akan anda hadapi.

Audiens itu hadir dengan amcam-macam karakter

Audiens itu hadir dengan amcam-macam karakter via https://www.google.co.id

Dengan mengetahui siapa audiensnya, kita menjadi tahu siapa yang bakal kita hadapi sehingga gaya bicara dan sudut pandang dari materi yang diangkat disesuaikan dengan kesenangan audiens.

3. Mulailah mencari sumber-sumber materi yang dibutuhkan, browsing di internet menjadi alternatif paling mudah dalam menemukan bahan untuk tampil di depan umum.

Sumber materi termudah bisa didapat dengan googling

Sumber materi termudah bisa didapat dengan googling via http://thumbs.dreamstime.com

Setelah mengetahui tema topik, saatnya mengumpulkan sumber-sumber bahan yang akan digunakan untuk tampil di depan umum, dan akan lebih mudah didaptkan dengan googling.

4. Belajar untuk menguasai materi.

Belajar ujung tombak keberhasilan

Belajar ujung tombak keberhasilan via https://www.google.co.id

Setelah anda mengumpulkan materi, mulailah merangkum dan mempelajarinya sehingga ketika tiba saatnya anda harus berbicara di depan umum, anda terlihat sangat meyakinkan dan menguasai materi.

5. Rangkum materi dalam bentuk power point yang menarik.

Rangkum Materi Dalam Power Point

Rangkum Materi Dalam Power Point via https://www.google.co.id

Setelah anda belajar materi yang akan disajikan, anda tidak perlu menghapalnya. Anda cukup memahami dan agar tidak lupa anda bisa merangkumnya dalam bentu slide power point. Itu akan sangat membantu ketika anda akan bicara di depan umum. Jika anda bicara di depan umum sebagai MC, anda dapat menulisnya disecarik kertas ukuran kecil yang menarik.

6. Mulai berlatih bicara di depan kaca.

Berbicara di depan kaca sangat membantu anda untuk berbicara didepan umum

Berbicara di depan kaca sangat membantu anda untuk berbicara didepan umum via https://www.google.co.id

Berlatih bicara di depan kaca harus dilakukan ketika akan tampil di depan umum. Setidaknya anda tahu mimik-mimik muka seperti apa yang harus anda tampilkan di depan umum.

7. Lihatlah orang-orang ternama dalam mengisi materi di Yotube.

Lihat Youtube adalah salah satu media belajar yang jitu

Lihat Youtube adalah salah satu media belajar yang jitu via https://www.google.co.id

Tidak usah ragu kalau anda belum terbiasa tampil di depan umum dan anda harus tampil di depan umum. Youtube menjadi media paling jitu untuk mengetahui bagaimana cara berbicara di depan umum. Sebagai pemula, anda dapat mencontoh terlebih dahulu orang-orang ternama berbicara di depan umum. Tapi jagan lama-lama. Anda harus segera menemukan style gaya anda sendiri, ya.

8. Berdoalah agar Allah ada di setiap jalanmu.

Doa adalah senjata yang paling ampuh

Doa adalah senjata yang paling ampuh via https://www.google.co.id

Doa adalah senjata yang paling kuat untuk memantapkan langkah. Jadi, berdoalah ketika mulai sesuatu.

9. Tarik nafas dalam dan yakin audiens adalah orang yang menyenangkan.

Penonton itu selalu menyenangkan

Penonton itu selalu menyenangkan via https://www.google.co.id

Tariklah nafas dalam-dalam sebelum anda naik panggung. Selalu tanamkan dalam pikiran anda bahwa mereka adalah orang yang menyenangkan. Mereka adalah orang yang tidak akan menjatuhkanmu. Mereka adalah orang yang butuh cerita darimu. Tampillah dengan banyak senyuman, smiling voice, tangan terbuka, dan berikan cerita-cerita yang lucu serta libatkan penonton dalam setiap materi yang kamu berikan.

Dan anda berhasil menjadi orang yang menginspirasi dan sangat manis, semanis cokelat. Selamat mencoba!