Semua orang pasti memiliki bakat, ada yang sudah menemukan dan mulai mengembangkan bakatnya, dan ada pula yang belum menemukan dan masih mencari-cari apa kemampuan yang dia punya. Kamu akan mengalami keraguan dalam dirimu jika tidak tahu apa bakat yang kamu punya.

Tanpa mengenali bakat, kamu akan kesulitan dalam memilih pekerjaan atau jurusan kuliah. Bukankah hal yang paling tidak enak adalah menjalani hidup dalam pilihan yang salah? Tapi tenang, beberapa langkah berikut ini bisa membantu menemukan bakat terpendam kamu agar bisa membantumu mengambil keputusan dalam memilih pekerjaan atau jurusan kuliah.

 

1. Langkah pertama, ingat semua impian masa kecilmu lalu tulislah

Tulis seluruh impianmu via http://www.wokeeh.com

Sewaktu kecil kita pasti memiliki sebuah impian, entah itu ingin menjadi dokter, polisi, pilot dan sebagainya. Langkah pertama dalam menemukan bakatmu adalah dengan mengingat semua impian masa kecilmu dulu lalu tulis dalam selembar kertas. Tulislah impian-impian disepanjang hidupmu sampai sekarang.

2. Langkah kedua, pisahkan impianmu dari yang ‘hanya ingin’ dan ‘ingin menjadi’

Buat dua kategori via https://www.slrlounge.com

Setelah kamu menuliskan seluruh impianmu dulu sampai sekarang ini, langkah selanjutnya adalah pisahkan impian-impianmu itu kedalam dua kategori menjadi ‘hanya ingin’ dan ‘ingin menjadi’.

Advertisement

Contoh :

a) Hanya Ingin b) Ingin Menjadi

- Pilot – Pemain Bola

- Polisi – Programmer

- Dll – Dll

Kategori ‘hanya ingin’ adalah impian-impian yang dulu pernah kamu pikirkan namun tidak sepenuhnya kamu harapkan terjadi pada saat ini. Dan kategori ‘ingin menjadi’ adalah impian-impian yang dulu kamu pikirkan dan sampai saat ini tetap kamu kejar dan harapkan terjadi dikemudian hari. Impian ‘hanya ingin’ bisa kamu singkirkan atau coret dalam daftar, dan impian ‘ingin menjadi’ tetap kamu simpan untuk langkah selanjutnya.

3. Langkah ketiga, tulislah apa yang membuatmu terpicu untuk mengejar impian-impian ‘ingin menjadi’ mu itu

Tuliskan apa yang membuatmu terpicu via https://oohgeephotography.wordpress.com

Apakah kamu pernah merasa senang saat melihat orang lain berada di posisi tertentu dan kamu ingin menjadi seperti mereka? Jika ya, maka kamu sedang terpicu oleh impian ‘ingin menjadi’ dan kamu ingin mengharapkan itu bisa terjadi kepadamu dikemudian hari.

Coba tulislah apa saja yang membuatmu merasa terpicu untuk bisa mengejar impian-impian itu. Seperti contoh, dalam kategori impian ‘ingin menjadi’ kamu memiliki impian menjadi pemain sepak bola, dan kamu memiliki impian itu karena terpicu oleh pencapaian pemain bola bernama Cristiano Ronaldo.

Contoh :

a) Daftar Impian ‘Ingin Menjadi’ :

- Pemain Bola = Karena Ingin Seperti Cristiano Ronaldo

- Programmer = Karena Ingin Seperti …

- Dan lainnya.

4. Langkah keempat, coba lihat lagi dan singkirkanlah impian ‘ingin menjadi’ mu sewaktu dulu yang sekarang benar-benar tidak lagi kamu kejar dan harapkan terjadi

Pilih lagi impian yang membuatmu terpicu via http://www.designerspics.com

Sejauh ini kamu sudah menulis beberapa impian ‘ingin menjadi’ dan beberapa pemicunya kenapa kamu ingin mengejar impian itu. Maka langkah selanjutnya adalah kamu lihat impian mana dari semua impian ‘ingin menjadi’ yang masih ingin kamu kejar sampai sekarang.

Beberapa impian yang tidak membuatmu terpicu lagi bisa kamu bisa singkirkan atau coret dari daftar impian ‘ingin menjadi’ itu. Jika sudah menemukannya, maka evaluasi seluruh impian ‘ingin menjadi’ yang sudah kamu pilih, lalu berikan masing-masing poin dari 1 sampai 10 menurut keinginanmu dalam mewujudkan impian itu.

Contoh :

a) Daftar Impian ‘Ingin Menjadi’ :

- Pemain Bola = Karena Ingin Seperti Cristiano Ronaldo (9)

- Programmer = Karena Ingin Seperti … (7)

- Desainer = Karena Ingin Seperti … (4)

- Dan lainnya.

5. Langkah kelima, singkirkan lagi impian ‘ingin menjadi’ yang memiliki poin paling kecil

Coret atau hilangkan impian yang memiliki poin kecil via https://shop.mediaed.org

Kamu bisa menyingkirkan impian ‘ingin menjadi’ kamu yang dihidupmu sekarang ini tidak lagi kamu kejar atau harapkan terjadi. Coret atau singkirkan impian dengan poin dibawah 5, dan sisakan impian-impian dengan poin diatas 5.

Contoh :

a) Daftar Impian ‘Ingin Menjadi’ :

- Pemain Bola = Karena Ingin Seperti Cristiano Ronaldo (9)

- Programmer = Karena Ingin Seperti … (7)

- Desainer = Karena Ingin Seperti … (4)

- Dan lainnya.

6. Langkah keenam, kelompokan impian yang menurutmu pernah terhubung dengan aktivitas yang pernah kamu lakukan dulu atau sekarang

Kelompokan lagi dengan aktivitas yang terhubung via http://www.apogeephoto.com

Langkah selanjutnya, kamu bisa mengelompokan impian yang pernah terhubung dengan seluruh aktivitasmu. Seperti contoh, kamu memiliki impian menjadi pemain sepak bola seperti Cristiano Ronaldo, dan kamu juga setiap minggu sering berolahraga sepak bola. Maka salah satu impian ‘ingin menjadi’ mu itu pernah atau sering kamu lakukan, walau mungkin tidak setiap hari.

Contoh lain, kamu memiliki impian ingin menjadi koki, dan setiap hari kamu selalu memasak di dapur, berarti salah satu impian ‘ingin menjadi’ mu itu sering dilakukan olehmu.

Contoh :

a) Daftar Impian ‘Ingin Menjadi’ :

- Pemain Bola = Karena Ingin Seperti Cristiano Ronaldo (9)

Aktivitas = Sering bermain bola setiap minggu.

- Programmer = Karena Ingin Seperti …….. (7)

Aktivitas = Jarang melakukan coding, bahkan hampir tidak pernah.

- Dan lainnya.

7. Langkah ketujuh, lihatlah aktivitas mana yang paling sering dilakukan dan terhubung dengan impian ‘ingin menjadi’ mu itu, coret impian yang terhubung namun aktivitasnya tidak sering dilakukan olehmu

Lihat aktivitas mana yang sering terhubung dengan impianmu via http://www.farfesh.com

Setelah kamu mendapatkan data terkait aktivitas-aktivitas yang sering kamu lakukan dan terhubung dengan impian yang ingin kamu wujudkan dikemudian hari. Maka kamu tinggal menghilangkan atau coret impian mana yang aktivitasnya tidak sering dilakukan.

Contoh :

a) Daftar Impian ‘Ingin Menjadi’ :

- Pemain Bola = Karena Ingin Seperti Cristiano Ronaldo (9)

Aktivitas = Sering bermain bola setiap minggu.

- Programmer = Karena Ingin Seperti … (7)

Aktivitas = Jarang melakukan coding, bahkan hampir tidak pernah.

8. Langkah kedelapan, sampai sejauh ini kamu sudah mengetahui bakat apa yang ada dalam dirimu yang akan berperan penting dalam keputusan kehidupanmu berikutnya

Di langkah ini, kamu sudah mengetahui bakat terbaikmu via http://www.huffingtonpost.com

Nah disini kamu mendapati bahwa dari beberapa impian yang kamu punya sewaktu dulu hingga sekarang, hanya impian menjadi seorang sepak bola saja yang tersisa. Menandakan bahwa kamu memiliki bakat menjadi pemain sepak bola, karena impian dan aktivitasmu sehari-hari atau setiap minggu selalu terhubung. Kamu akan cocok dan sukses jika menjadi seorang pesepak bola dibandingkan menggeluti bidang lain yang tidak kamu suka.

Apa langkah diatas terlihat sulit? Coba dulu dibuat, nanti pasti paham. Jadi, sudah menemukan bakat terbaikmu?