Menurut Wikipedia, fotografi adalah proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera.

Saat ini banyak cara bisa kamu lakukan untuk mempelajari fotografi. Banyak lembaga pendidikan dan akademis yang menawarkan kurikulum fotografi sebagai salah satu mata pelajarannya. Bahkan kamu bisa mempelajari fotografi dari lembaga non formal atau kursus-kursus yang disediakan oleh kalangan profesional.

Tapi banyak juga orang-orang yang tidak secara khusus mendalami fotografi tapi mampu menghasilkan karya-karya menarik dengan gaya mereka sendiri, hingga ada yang menjadikan fotografi sebagai pekerjaan utamanya. Mereka sebagian besar mengawalinya dari hobi dan eksplorasi sendiri teknik-teknik yang ada di sekitar mereka.

Punya hobi fotografi tapi ragu karena tidak pernah secara khusus mendalami fotografi? Jangan khawatir, mereka yang kita sebutkan di bawah ini juga belajar dari pengalaman mereka sendiri kok. Banyak sumber yang bisa kita pelajari untuk meningkatkan kemampuan kita, sama halnya dengan fotografi. Selama kita memiliki passion dan keinginan untuk berkembang, kita bisa mendapatkan dan mempelajarinya dari segala hal yang ada di sekitar kita. Semuanya akan saling mempengaruhi dan dapat membawa pandangan baru bagi kita semua dalam berkarya.

Saat ini karya-karya mereka juga tersedia dalam bentuk hiasan dinding atau wall art.

1. Adi Widiantara

Singularity by Spasium feat. Adi Widiantara via http://spasium.com

Berasal dari Bali, Adi Widiantara sangat dekat dengan seni. Berbagai kesenian mulai dari tari tradisional hingga seni lukis sangat berperan besar dalam membentuk jiwa seninya. Mengawali kariernya sebagai arsitek, saat ini Adi menekuni dan mengembangkan passion-nya di bidang fotografi. Budaya Bali yang kental dalam dirinya turut berpengaruh dalam menghasilkan fotografi dengan visual yang tidak biasa. Salah satu contoh karyanya adalah Singularity.

2. Joshua Buana

Asakusa Temple by Spasium feat. Joshua Buana via http://spasium.com

Pria kelahiran Mojokerto ini merupakan lulusan arsitek dari salah satu perguruan tinggi swasta Surabaya, dan saat ini adalah salah satu entrepreneur sukses di bidang Graphic Design. Jiwa seninya terasah sejak kecil ketika dia sering melihat sketsa gambar dari buku favoritnya, juga bidang musik yang ditekuni. Joshua saat ini menyalurkan jiwa seninya melalui fotografi, dan salah satu karyanya adalah Asakusa Temple.

3. Ryan Ibee

Bermuda by Spasium feat. Ryan Ibee via http://spasium.com

Advertisement

Ryan Ibee memulai karier fotografinya di Los Angeles pada tahun 2009 dan kembali ke Indonesia pada tahun 2012 sebagai fotografer wedding dan fashion. Namun seiring berjalannya karier, Ryan kurang tertantang dengan pekerjaan fotografi yang dia lakukan. Dengan latar belakang graphic design, pada tahun 2014 dia coba melakukan eksplorasi kemampuan graphic design-nya dengan pekerjaannya sebagai fotografer, sehingga lahirlah konsep “interactive spaces”, dimana dia membuat konsep arsitektural yang tidak pernah ada yang dibuat berdasarkan imajinasinya sendiri. Dengan konsep ini, banyak tawaran project yang ia terima dari beberapa perusahaan yang ada di Indonesia. Salah satu karyanya adalah Bermuda.

4. William Sutanto

Straight to Highrise by Spasium feat. William Sutanto via http://spasium.com

Pria muda kelahiran 1994 ini sedang berkuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta, mengambil jurusan arsitektur. William Sutanto adalah sosok anak muda yang kreatif dan ia sudah menyukai seni, arsitektur, dan fotografi sejak kecil. Meskipun kuliah arsitektur, tidak dapat dipungkiri bahwa William memiliki passion tersembunyi di bidang fotografi. Untuk menjaga hobinya agar tetap tersalurkan, William bekerja secara part time di bidang fotografi, dan menghasilkan karya fotografi dengan tema arsitektural di tengah-tengah kesibukannya. Salah satu karyanya adalah Straight to Highrise.

5. Oetomo

Sunset Gosong by Spasium feat. Oetomo via http://spasium.com

Oetomo adalah salah satu fotografer profesional yang aktif berkarya hingga saat ini. Uniknya, ia tidak pernah secara khusus mendalami fotografi. Dia mengawali karir fotografinya sejak tahun 1996 dan menemukan gaya uniknya sendiri yang seringkali menampilkan kekuatan komposisi dan pengambilan gambar yang lain dari biasanya. Salah satu karyanya adalah Sunset Gosong.