Seiringnya berkebangnya teknologi, kini teknologi sudah dapat memudahkan pemenuhan kehidupan sehari-hari kita, misalnya bila dahulu untuk berbelanja kebutuhan rumah, kita harus pergi ke supermarket atau pasar. Sekarang tidak perlu karena sudah ada layanan online, di mana Anda membeli kebutuhan bulanan dari rumah via online. Kemudahan tersebut yang menjadi alasan mengapa konsumen lebih memilih melakukan kegiatan berbelanja online ketimbang mengunjungi tempat. Nah, konsep tersebut juga harus diterapkan untuk bisnis dalam bidang apapun, tidak terkecuali usaha UKM. Dewasa ini banyak konsumen yang mengenal sebuah merek melalui internet. Maka dari itu bila usaha Anda ingin berkembang perlu menetapkan online presence karena dari platform online lah Anda akan mendapatkan banyak konsumen.

1. Website itu penting sarana untuk men-display produk Anda

Jualan Pakai Website via http://wiratech.co.id

Membuat Website

Ya inilah hal paling awal dan paling dasar yang harus anda lakukan apabila ingin memulai berbisnis online. Beda hal beda cara, jika anda berjualan secara real di dunia nyata, maka sudah di pastikan anda membutuhkan tempat/ space untuk memajang barang yang anda jual. Di dunia online anda pun memerlukan space yang cukup sesuai dengan kebutuhan anda, oleh karenanya anda membutuhkan website sebagai modal utama untuk memajang dan memperkenalkan barang apa yang anda jual.

2. Media sosial merupakan sarana bersosial di dunia maya, manfaatkan sebagai strategi berpromosi

Berinteraksi Di Social Media via http://facebook.com

Media Sosial

Advertisement

Yaps, siapa di zaman modern ini yang tidak memanfaatkan fitur media sosial? Pastinya nyaris atau lebih dari setengah penduduk di muka bumi ini menggunakannya. Media sosial sendiri mempunyai banyak platform dan jenis, sebut saja Facebook, Twitter, Google+, Instagram, dll. Kehadiran media sosial bisa dibilang mempunyai banyak fungsi dan keuntungan. Hal ini tak lepas dari pemanfaatannya sebagai lahan berpromosi dan beriklan. Gak haram kok jika kita mempromosikan apa yang kita jual, bahkan beberapa media sosial menyediakan secara khusus fitur untuk berjualan dan promosi. So, bagi Anda yang sudah mempunyai website untuk jualan, gak afdol rasanya jika tidak berpromosi di media sosial.

3. Terapkan metode SEO untuk website Anda, visitor pun akan mengalir dengan sendirinya

SEO

Search Engine Optimizer atau yang lebih akrab di kenal dengan SEO adalah suatu trik/ cara untuk meningkatkan visitor website anda melalui keyword via mesin pencari. Mesin pencari bisa dibilang merupakan salah satu fitur di internet yang gak bakal pernah absen dan selalu digunakan oleh setiap orang untuk mencari apa yang user inginkan. Sebut saja beberapa mesin pencari tenar seperti Google, Yahoo, Bing, Baidu, dll. Kehadiran mesin pencari di dunia maya seolah menjadi oase di tengah kebingungan mengenai barang apa yang di cari via internet. Nah untuk itu Anda membutuhkan konsep SEO yang pas untuk website Anda, dengan langkah-langkah yang tepat maka bukan tidak mungkin website Anda akan muncul di posisi teratas pada website mesin pencari dengan keyword yang diinginkan.

Tentunya hal ini memberikan keuntungan lebih untuk berpromosi, branding, hingga meningkatkan target penjualan anda. Dengan optimisasi mesin pencari yang tepat, maka website anda sudah selangkah lebih maju untuk bisa bersaing dengan website komersial lainnya di dunia maya.

4. Internet advertising dibutuhkan jika anda ingin meningkatkan penjualan secara cepat

advertising online via http://olx.co.id

Advertising Online

iklan melalui internet juga menjadi salah satu cara agar Anda bisa sukses dengan memulai usaha via online. Menurut survey yang dilakukan AdMedia Partners sebanyak 21% pengguna internet mengatakan bahwa iklan online adalah sistem iklan yang sangat berpengaruh pada usaha industri. Maka dari itu, pentingnya iklan melalui internet juga dibutuhkan selain melalui media cetak, televisi, dan radio.

5. SEM : Seach Engine Marketing Itu Penting Untuk Website Pemula

SEM

Ya SEM atau Search Engine Marketing adalah jalan lain yang lebih singkat dari metode SEO. Jika SEO memanfaatkan kata kunci organik untuk menarik pengunjung atau customer potensial. Maka SEM merupakan cara yang paling singkat dari versi SEO. SEM merupakan optimalisasi mesin pencari berdasarkan kata kunci tetapi dengan posisi terbaik yang selalu berada di halaman 1. Memanfaatkan strategi SEM maka visitor dan angka penjualan akan membuat milik Anda naik secara signifikan. Tetapi SEM sendiri mempunyai kelemahan yakni cost-nya yang tinggi.

SEM sendiri memanfaatkan sejumlah kata kunci yang telah di tawarkan harganya perklik oleh Google, bisa anda bayangkan apabila satu kata kunci yang anda pilih di harga 1000 rupiah per klik, dan estimasi kliknya mencapai 100 orang perhari..maka anda sudah mengeluarkan uang 100 ribu hanya untuk mencari 100 visitor ke website anda. Tetapi jangan khawatir, dengan pemilihan kata kunci yang tepat, strategi bidding yang baik, bukan tidak mungkin langkah SEM anda menjadi lebih mudah dan murah