Ada banyak hal yang melatarbelakangi keputusan seseorang untuk berhenti bekerja. Bisa karena bosan dan terbebani dengan beban kerja yang sekarang, ingin pindah ke kantor baru, atau berniat memulai usaha sendiri. Apapun alasannya, banyak orang yang merasakan kebebasan setelah berhenti bekerja. Bayangkan saja, tak perlu bangun pagi dan ikut berjejalan di jalan yang macet, tak dipusingkan dengan tuntutan pekerjaan dan omelan atasan, dan tak perlu begadang untuk berkejaran dengan deadline tentu jadi hal yang menyenangkan.

Tapi tanpa kamu sadari, akan ada hal-hal yang bikin sedih dan kangen setelah berhenti bekerja.

 

1. Ngebut di jalan atau lari begitu turun dari angkutan kota demi bisa check clock tepat waktu

Berpacu dengan waktu jadi rutinitas setiap hari

Berpacu dengan waktu jadi rutinitas setiap hari via http://a.abcnews.go.com

Demi bisa check clock tepat waktu, tak jarang kamu rela ngebut di jalanan atau lari sekencang mungkin begitu turun dari angkutan kota. Meski melelahkan, kamu tak punya pilihan lain karena telat check clock berarti ada potongan gaji di awal bulan atau minimal diomeli oleh atasan. Dan begitu tiba di kantor, tak jarang kamu harus rebutan dengan rekan kerja yang sama-sama terlambat untuk meletakkan jari di atas mesin check clock. Sensasi lega saat berhasil datang ke kantor tepat waktu pasti akan kamu rindukan setelah tak lagi bekerja di kantor, kan?

Kalau dulu kamu kangen rasanya bangun siang, mungkin sekarang kamu justru merindukan harus mandi di pagi buta dan buru-buru berangkat bekerja. Tak punya waktu untuk sarapan bikin kamu terpaksa mengganjal perut dengan sebungkus minuman sereal atau melahap gorengan yang kebetulan dijual di pingir jalan. Ah, masa-masa 'kelam' yang sekarang bikin kamu senyum-senyum saat mengingatnya

2. Bete karena internet lemot dan melampiaskannya untuk wefie seru bareng teman satu ruangan

Berpose konyol jadi penghibur saat koneksi internet tak stabil

Berpose konyol jadi penghibur saat koneksi internet tak stabil via http://bi-id-production.s3.amazonaws.com

Kalau pekerjaanmu tak bisa lepas dari internet, koneksi yang tak stabil tentu jadi musuh utama. Bukan cuma kesal karena berkali-kali gagal membuka suatu laman, pekerjaan pun jadi terhambat lantaran internet yang tak bersahabat. Mood kerja yang sudah diatur sejak pagi juga jadi berantakan dan kamu pun tak semangat untuk kembali menatap layar laptop. Syukur-syukur kalau internet kembali kencang dalam beberapa menit. Tapi bagaimana kalau hal ini terjadi hingga hitungan jam?

Tentu saja melakukan hal-hal konyol bersama teman satu ruangan bisa jadi penghapus bosan. Mulai dari main tebak-tebakan, pura-pura sedang karaoke sambil menyalakan lagu favorit, sampai seru-seruan wefie. Ya, momen seperti ini dijamin bisa bikin kangen. Tanpa lagi memusingkan pekerjaan yang menumpuk, kamu malah bisa terhibur karena sibuk beraksi konyol di depan kamera bersama teman-teman satu ruangan. 

3. Keringetan karena AC mati atau justru kaku kedinginan saat AC terlalu kencang

Kepanasan seperti di gurun pasti jadi hal menyebalkan yang pernah kamu alami di kantor

Kepanasan seperti di gurun pasti jadi hal menyebalkan yang pernah kamu alami di kantor via http://assets.nydailynews.com

Bagaimana pun juga, ada hal-hal non teknis yang sangat mempengaruhi pekerjaan di kantor, misalnya saja udara yang panas. Tentu kamu akan kesulitan berkonsentrasi saat harus bekerja di ruangan tertutup penuh orang yang udaranya kelewat panas. Dan hal ini tentu makin menyebalkan saat AC ruangan sudah menunjukkan suhu 16° tapi tak ada sedikitpun hawa dingin yang terasa. Terpaksa deh, harus menggerutu sambil meneruskan pekerjaan yang menumpuk.

Atau kamu pernah mengalami hal sebaliknya? Cuma kamu yang kedinginan di ruangan ber-AC sedangkan temanmu yang lain tak mengizinkan AC dimatikan. Well, hal-hal semacam ini tentu tak bisa lagi kamu alami setelah berhenti bekerja!

4. Flirting dengan penghuni ruangan sebelah sambil bergosip dengan teman semeja

Pasti pernah kan, mengalami manisnya romantisme di tempat kerja?

Pasti pernah kan, mengalami manisnya romantisme di tempat kerja? via http://i.dailymail.co.uk

Akuilah, flirting dengan teman sekantor selalu bisa jadi penyemangat saat pekerjaan sedang menumpuk. Mulai dari sekedar menebar senyum, mengucapkan selamat pagi lewat Skype, sampai memberanikan diri mengajaknya makan siang. Akan jadi makin seru ketika kamu menggosipkan hal ini dengan teman semeja. Setiap hari, selalu ada saja bahan baru untuk diperbincangkan, mulai dari potongan rambutnya yang hot sampai senyumnya yang bikin meleleh.

Setelah kamu berhenti bekerja, tak ada lagi nih, rutinitas 'nakal' yang bisa dilakukan di sela sibuknya aktivitas. Saat bekerja sendiri di rumah, tak ada cowok ganteng yang bisa digoda dan kamu pun terpaksa harus membuang kebosanan dengan sekedar mendengarkan lagu sambil bernyanyi keras-keras. 

 

5. Melewati waktu dengan tim yang solid, sama-sama dimarahi atasan, sampai lembur dan kelaparan bareng

Momen menyenangkan dengan rekan sekerja tentu akan kamu rindukan

Momen menyenangkan dengan rekan sekerja tentu akan kamu rindukan via http://workdesign.com

Ya, apalagi hal yang paling menyedihkan selain harus berpisah dengan teman-teman yang menyenangkan? Meski sebenarnya hanya diawali hubungan kerja, tentu kamu akan menemukan orang-orang istimewa yang bisa diandalkan untuk melewati tiap momen sulit. Menanggung kemarahan atasan, sama-sama kelabakan dengan jobdesc tak masuk akal, sampai harus lembur dan kelaparan pun jadi terasa lebih enteng ketika dijalani bersama.

Tak cuma itu saja, berbagai kenangan manis saat bekerja bersama juga pasti akan membuatmu kangen. Bagaimana pun juga, selama ini kamu sudah berbagai meja dan berbagai ruangan dengan mereka. Ada yang suka bagi-bagi makanan, ada yang ringan tangan membantu begitu laptop bermasalah, sampai ada yang suka 'mengeong' tak jelas, semua itu akan kamu rindukan saat tak lagi sekantor dengan mereka.

 

6. Tapi jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenang keseruan di kantor bersama teman-teman

Jangan putus komunikasi, supaya kedekatan dengan mantan teman kerja tetap terjaga

Jangan putus komunikasi, supaya kedekatan dengan mantan teman kerja tetap terjaga via http://jbgh-blog.s3.amazonaws.com

Bagaimanapun juga, kenangan dan kebersamaan itu tak akan bisa dihapuskan dengan mudah setelah kamu berhenti bekerja. Tapi masih ada banyak cara kok, yang bisa dilakukan untuk mengobati kerinduan. Misalnya dengan rajin berkomunikasi lewat media sosial sampai menjadwalkan arisan rutin setiap bulan.

Tentu saja ada orang-orang yang kemudian berubah sikap dan tak lagi sehangat dulu saat masih jadi teman sekantor. Tapi tak masalah, teman yang benar-benar teman tentu tetap asyik diajak ngobrol dan gila-gilaan meski sudah jarang bertemu. Ada kalanya kamu memang harus mengorbankan sesuatu untuk bisa melangkah lebih maju. Memang sih, akan butuh waktu lama untuk melepaskan diri dari kebiasaan dan kenangan bersama rekan sekantor. Tapi seiring berjalannya waktu, semua itu akan jadi memori indah yang tak pernah habis keseruannya saat diperbincangkan sampai tua nanti!