Berkendara menjadi salah satu transportasi andalan untuk kita dapat pergi ke kantor, sekolah, ataupun menjalankan aktifitas lain. Sebelum kalian menjalankan hal tersebut, tentunya kalian tidak ingin di tengah keseharian terkena penyakit yang mengganggu aktivitas kalian.

Yuk, ikuti hal yang kecil ini untuk mencegah penyakit pernapasan atau paru-paru yang dapat mengganggu keseharian kalian dalam beraktivitas.

1. Persiapkan Masker untuk Menutupi Area Wajah, Mulut, dan Hidung

wartawanita.com via https://id.pinterest.com

Masker adalah salah satu bagian sederhana yang sering dilupakan. Kamu yang sering melupakan hal ini sebenarnya menumpuk sebagian sumber penyakit dari asap kendaraan bermotor dan polusi yang kamu hirup. Sadar atau tidak, kebiasaan buruk itu membuat kinerja paru-parumu semakin tidak baik dalam pelepasan oksigen dan kinerja otakmu dalam berfikir.

Tapi yang perlu kamu perhatikan, jangan lupa untuk mencuci masker yag kamu gunakan, setidaknya 2 hari sekali. Sadar atau tidak, debu-debu halus telah menempel di maskermu.

2. Siapkan Jaket Tebal, Lalu Tangkal Angin Malam!

pexel.com via http://pexel.com

Berpergian jauh ataupun dekat, jangan lupa mempersiapakan jaket yang tebal. Percaya atau tidak, jaket tebal bisa mengurangi angin yang menerpa badan kamu, terlebih jika kamu berpergian saat malam. Beberapa penelitian mengatakan bahwa angin yang menerpa badan kamu yang dapat mengurangi kinerja paru-paru untuk mendapatkan oksigen.

3. Buat yang Nggak Suka Pakai Masker, Maka Gunakan Helm Full Face

Advertisement

pexel.com via http://pexel.com

Nggak suka pakai masker? Ada baiknya gunakan helm full face untuk menutupi seluruh wajah kamu dari paparan polusi.

4. Jaket Saja Belum Cukup, Pakai Rompi Tambahan Pada Badanmu

rompi motor via http://seragam.co.id

Udah pakai jaket tebal, kenapa harus pakai rompi ? Hal yang perlu disadari bahwa jaket tebal cuma bantu paparan angin sebagian dari area tubuh, khusus di bagian dada kamu belum semuanya tertutupi.,

5. Berkendara Malam, Pasti Dingin. Coba Pakai Penghangat Badan!

pexel.com via http://pexel.com

Berkendara di malam hari tentunya membuat tubuh tidak bisa terhindar dari dinginnya angin malam. Oleh karena itu, disarankan memakai penghangat badan .

Rasa dingin membuat kinerja tubuh dan kemampuan bernafas dan kamu menjadi terganggu. Penghangat badan ini bisa membantu menjaga stabilitas tubuh kamu, ini membuat tubuh dapat mengatur pernapasan lebih baik sehingga membantu tubuhmu menghirup oksigen lebih banyak.

Biar kamu pengendara motor, yang penting pernapasanmu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit!