Banyak yang suka kucing Anggora karena bulunya yang putih seperti salju. Kucing Anggora ini berasal dari daerah Angora (sekarang Ankara; Turki). Kucing ini pun adalah salah satu ras kucing yang paling digemari untuk dipelihara, tetapi di Indonesia jarang sekali ada karena tidak diperbolehkan dan dibatasi oleh Turki.

Bukan hanya bulunya yang menarik, namun tingkah lakunya yang aktif juga banyak membuat masyarakat menjadikan kucing anggora sebagai kucing peliharaan untuk teman bermain di rumah. Demi perkembanganbiakkan kucing dan urusan bisnis, kini kucing Anggora juga kerap dibudidayakan.

Kamu ingin mengadopsi kucing Anggora? Tentunya kamu harus memperhatikan ciri-ciri kucing Anggora asli dan tidak ada keturunan campuran lainnya. Banyak orang tidak mengetahui ciri-ciri kucing Anggora asli, dan alhasil tertipu. Sangat sulit 'kan membedakan kucing Persia dengan kucing Anggora asli? Yuk, cari tau ciri-ciri kucing anggora yang asli.

1. Kalau perlu, siapkan saja HP atau buku catatan agar kamu bisa selalu ingat tips ini 🙂

ciri ciri kucing anggora asli via http://www.maniakucing.com

Di bawah ini akan dibahas 10 ciri-ciri kucing Anggora ras asli dengan foto kucing Anggora-nya agar kamu bisa benar-benar membedakan yang asli dengan ras kucing lainnya. Selamat membaca!

2. Perhatikan kepala si kucing, guys

Kepala kucing Anggora via http://www.maniakucing.com

Pertama, mungkin sekilas bentuknya sama dengan kucing lokal. Tapi sebenarnya bentuknya seperti segitiga terbalik dengan bagian atas kepalanya yang lebih lebar serta semakin mengerucut ke bagian dagu. Bulu kucing Anggora di bagian kepala juga tidak terlalu panjang, jelas berbeda dengan kucing Persia.

3. Setelah perhatikan kepala, kamu juga harus cek bagian telinganya

Advertisement

Telinga kucing Anggora via http://www.maniakucing.com

Kucing Anggora memiliki telinga yang lumayan lebar di bagian bawah, serta besar mengerecut ke bagian ujung telinga seperti segitiga.

Untuk jarak telinga kucing Anggora satu sama lain memang saling berdekatan. Telinga kucing Anggora tidak begitu diselimuti bulu yang lebat atau bulu yang panjang. Telinga kucing Anggora terlihat sangat jelas.

4. Jangan terkecoh dengan kucing Persia, kamu nggak boleh lupa mengecek matanya!

Mata kucing Anggora via http://www.maniakucing.com

Mata ras kucing Anggora juga terbilang unik. Matanya sedikit miring ke atas serta berbentuk seperti buah almon. Warna mata kucing yang biasanya adalah kuning, tapi kalau kucing Anggora berwarna mata yang unik. Nah, biasanya kucing Anggora bermata biru adalah tuli (tidak bisa mendengar). Eits, tapi tidak semua kucing Anggora bermata biru, kok.

5. Lalu, gimana tuh bentuk hidungnya?

Hidung kucing Anggora via http://www.maniakucing.com

Seperti kucing lokalkah? Hidung kucing Anggora kelihatan mancung yang didukung wajah kucing Anggora yang lonjong. Jika dilihat lebih dekat, hidung kucing Anggora seperti ke atas serta lubang hitungnya terlihat.

6. Selanjutnya, kamu juga harus perhatikan tubuh si kucing secara keseluruhan

Tubuh kucing Anggora via http://www.maniakucing.com

Kucing Anggora pada umumnya mempunyai tubuh langsing, pejangan Anggora jantan biasanya lebih besar dari betina Anggora. Panjang tubuh kucing Anggora memang cukup panjang, serta bagian belakangnya sedikit lebih tinggi daripada bagian depan si kucing ini. Untuk struktur tulangnya sudah cukup bagus dengan tonjolan tulang yang bisa sedikit terlihat di badannya.

7. ‘From head to toe’; jangan lupa perhatikan kakinya juga, dong

Kaki kucing Anggora via http://www.maniakucing.com

Kucing Anggora memiliki kaki yang lumayan panjang serta terlihat tinggi. Kaki yang memang menarik perhatian ini didukung dengan ukuran tubuh kucing Anggora yang sedang (medium) dan langsing.

8. Kalau ekornya sih unik!

Ekor kucing Anggora via http://www.maniakucing.com

Ekor kucing Anggora terbilang unik! Ekornya yang panjang disertai bulu yang tebal dan lebat dibandingkan bagian tubuh kucing Anggora yang lain. Kalau kamu mengamati kucing Anggora lebih detil, bulu ekornya mengembang seperti ekor musang atau kemoceng (sulak).

9. Nggak cuma itu, keunikan Anggora juga nampak dari bulu-bulunya

Bulu kucing Anggora via http://www.maniakucing.com

Keunikan ciri-ciri fisik kucing Anggora lainya yaitu dari bulunya. Bulu kucing Anggora bisa tumbuh sesuai dengan kondisi cuaca di lingkunganya. Contohnya jika cuaca sedang panas, maka pertumbuhan bulu kucing Anggora akan terlihat lebih pendek dan jika kondisi cuaca sedang dingin, biasanya bulu kucing Anggora ini tumbuh lebih cepat serta halus.

Jangan sampai salah mengartikan kucing ini sebagai jenis kucing Persia, karena memang bulu yang dimiliki kucing Anggora tidak selebat dan sepanjang kucing Persia. Kucing Anggora sendiri bulunya paling lebat berada di leher dan ekornya.

10. Kalau ada yang jual Anggora dengan harga murah, kamu wajib curiga!

Harga ras kucing Anggora yang Asli memang MAHAL! via http://www.maniakucing.com

Kamu tahu tidak kalau harga kucing Anggora Asli itu memang sangat mahal? Kutipan dari Wikipedia, harga untuk mengadopsi kucing Anggora yaitu sekitar 4 – 14 juta rupiah per ekornya. Gilaaa! Harga kucing Anggora Asli ini sangat berbeda dengan kucing Anggora yang sudah dikawinkan dengan ras kucing lainya (darah keturunannya sudah dicampurkan). Harga kucing Anggora campuran bisa turun secara drastis hingga ratusan ribu rupiah saja per ekornya.

11. Kalau soal kepribadian dan tingkah lakunya, sih…

Kepribadian dan Perilaku kucing Anggora via http://www.maniakucing.com

Kucing Anggora adalah kucing yang sangat aktif, senang bermain, energik (tidak loyo) serta penurut. Kucing Anggora lebih senang berada di sekitar manusia atau pemiliknya untuk berinteraksi (sekedar bermain). Kucing Anggora memang ras kucing yang cerdas, rasa ingin tahu yang tinggi, mudah untuk dilatih dan beradaptasi serta ramah.

Anggora sangat tidak suka dikurung di dalam kandang ataupun rumah. Kucing Anggora lebih suka bersama pemiliknya, makanya jangan heran kalau kucing ini selalu nempel sama kalian. Lain dari itu, kucing Anggora juga suka mengawasi keadaan lingkungan sekitar, sangat waspada. Karena kucing Anggora energik, kucing ini suka mencari tempat yang lebih tinggi dan lebih dikenal berisik! Karena keaktifan kucing Anggora kadang membuat kamu naik darah, yang sabar saja!

12. Tentunya kucing ini terbilang cukup langka. Kebanyakan itu sudah dikawin silangkan

Kucing Langka di Indonesia via http://www.maniakucing.com

Kenapa langka? Memang di Indonesia untuk kucing Anggora ras asli bahkan hampir tidak ada; hanya beberapa dan biasanya impor. Sebenarnya pemerintah Turki melarang warga negaranya untuk meluaskan ras kucing Anggora ke negara lain (Eksport). Hal itu dilakukan untuk menjaga keaslian ras kucing asal negara Turki sendiri. Konon kucing ini pun dapat perlindungan hukum, lho.

13. Jadi…

ciri ciri kucing anggora asli via http://www.maniakucing.com

Kucing Anggora adalah kucing yang sangat unik!

Dari bentuk kepalanya, disertai mata yang unik dan bisa berbeda warna, kemudian bulu kucing Anggora hanya pada bagian leher dan ekornya saja yang lebat, cara berjalan kucing Anggora Turki seperti model dan banyak disukai oleh masyarakat.

Kucing Anggora yang super aktif ini sangat cocok bagi kamu yang suka bermain dengan kucing peliharaan kesayangan kamu. Pastinya kamu tidak cepat bosan jika ada kucing Anggora ini di rumah. Kucing Anggora akan selalu menghibur pemiliknya. Pastinya kamu harus lebih bersabar dengan tingkahnya yang 'hyperactive'.