Siapa yang nggak ingin punya tubuh langsing bak model catwalk. Tetapi ketika kita ingin mulai diet, ada saja halangannya mulai dari godaan makan makanan enak sampai godaan dari orang lain.

 

1. Ganti Wallpaper Handphone dan Komputer.

Motivation Quotes

Motivation Quotes via http://m.womensforum.com

Cara ini mungkin terdengar sepele, tapi kamu bisa coba ganti lock screen di handphone kamu dengan gambar dan motivasi yang sesuai. Fungsinya untuk sekedar mengingatkan kamu dan memotivasi diri sendiri untuk memulai diet dengan berolahraga.

2. Diet dengan Teman atau Pacar.

Bagi sebagian orang, teman malah justru penyebab utama kegagalan dalam diet. Ada saja godaan mulai dari makan di luar atau berbagai bujukan lain yang membuat kita gagal diet. Maka dari itu cobalah pintar-pintar memilih teman.

Memilih teman disini bukan dalam artian negatif, yang dimaksud disini adalah kita harus bisa memilih teman yang memiliki motivasi kuat dan punya tujuan yang sama dengan kita.

Kalau perlu, kita bisa bersaing secara sehat. Misalnya siapa di antara kalian yang paling cepat menurunkan berat badan dalam waktu satu bulan dan yang kalah akan mendapat denda dan sebagainya.

3. Download Aplikasi Olahraga.

Jika kamu merasa lebih nyaman jika olahraga sendiri dan tidak sempat jika harus ke pergi ke pusat kebugaran, kamu bisa download aplikasi olahraga seperti runtastic, 7 minute, yoga guru, dan masih banyak aplikasi menarik lainnya. Aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk berolah raga di mana saja.

Jenis olahraga yang disediakan aplikasi ini juga bermacam-macam, mulai dari berenang sampai bersepeda, tergantung olahraga mana yang kita sukai. Selain itu aplikasi ini menyediakan calendar, timer dan alarm reminder yang akan mengingatkan kita setiap hari untuk berolahraga, sehingga tidak ada lagi alasan "lupa olahraga".

Jadi daripada stalkerin gebetan di path atau instagram terus, mending download aplikasi kayak gini! ;)

4. Sering Bercermin dan Menimbang Berat Badan.

Sering-seringlah menimbang berat badan. Biasanya kalau kamu berhasil mengurangi berat badan, kamu akan senang dan merasa lebih semangat untuk melakukan diet. Sering-seringlah juga bercermin.

Misalnya kamu memiliki perut buncit atau lapis 3, lalu ketika bercermin, kamu merasa benci sekali dengan perutmu. Hal ini bisa memotivasi kamu untuk diet.

Maka hal ini optional. Tergantung pribadi setiap orang. Ada yang justru saat menimbang dan bercermin malah jadi frustasi. Jika kamu merasa hal ini bisa memotivasi kamu, lakukanlah!

5. Diet untuk Siapa?

Diet for what?

Diet for what? via http://dietitianlavleen.com

Ini adalah poin yang sangat penting. Diet yang kamu lakukan ini untuk apa? Suatu ketika saat saya sedang makan bersama teman saya, teman saya menawarkan saya untuk pesan makan lagi, saya menolak dengan halus dan bilang bahwa saya sedang diet, kemudian teman saya bertanya, "Yaelah Pam. Lo diet buat apa sih?". Pertanyaan sederhana yang menyebalkan. Kita diet buat apa?

Orang-orang seringkali ingin kurus tanpa tujuan yang jelas. Ada yang cuma ingin ikut tren, ada yang ingin cantik, bahkan ada yang diet tanpa tahu alasan untuk apa dia diet.

Sebelum diet ada baiknya tentukan tujuan yang jelas misalnya sekarang kamu jalan kaki sebentar sudah ngos-ngosan atau merasa capek banget, maka dengan sendirinya kamu akan sadar kalau kamu harus ngurangin berat badan kamu. Alasan lain bisa saja ingin diet karena 15 tahun ke depan kamu nggak mau kena penyakit seperti jantung dan diabetes.

Sebaiknya jangan lakukan diet dengan terpaksa seperti "mau kurus karena takut nggak dapat pacar atau karena disuruh orang lain". Tubuhmu adalah tubuhmu. Kamu sendiri yang tahu apakah kamu nyaman atau tidak dengan bentuk tubuhmu sekarang. Sebaiknya keinginan kurus itu didasari atas keinginan pribadi dengan tujuan yang jelas.

Jadi tujuanmu itu apa?