Tanpa terasa lebaran tinggal menghitung hari. Kamu yang sudah rindu dengan kampung halaman, tentu sudah tidak sabar lagi untuk menjalani tradisi mudik. Sebuah tradisi tahunan di penghujung bulan Ramadhan yang tentunya akan sangat melelahkan. Perjalanan panjang dan kemacetan jelas akan menjadi teman setiamu selama perjalanan. Meskipun demikian, hampir tidak ada orang yang kapok untuk mudik lagi di tahun berikutnya. Sebab satu-satunya obat rindu yang paling mujarab hanyalah pulang.

Apalagi pulang disaat lebaran, tentu rasanya akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan pulang dihari biasa. Saat lebaran biasanya seluruh keluarga akan berkumpul. Selain itu kawan-kawan lama semasa sekolah yang kini sudah susah ditemui karena berbeda tempat perantauan pun akan bertemu lagi. Hal itulah yang membuat perjuangan susah payah melawan kemacetan untuk mudik ke kampung halaman menjadi terbayar lunas.

Salah satu cara untuk mengusir kebosanan di perjalanan adalah dengan mendengarkan musik. Nah, berhubung kamu akan banyak bersinggungan dengan kemacetan, ada baiknya kamu siapkan lagu-lagu berikut ini di playlist gadget kamu.

1. Bila aku pulang-Naff

Bila aku pulang.. via http://debuterbang.com

“Sambut aku dengan senyummu bila aku pulang

Peluk aku usap peluhku ringankan beban dipundakku

Tlah jauh ku berjalan mengarungi sang waktu hanya untukmu”

Gimana, lihat lirik pembuka lagunya saja sudah bikin meleleh bukan? Makanya coba dengerin sampai akhir biar kamu makin semangat buat pulang.

2. Yogyakarta-Kla Project

Advertisement

“Pulang ke kotamu ada setangkup haru dalam rindu

Masih seperti dulu tiap sudut menyapaku bersahabat

Penuh selaksa makna”

Nah, kamu yang mau mudik ke Jogja harus menambahkan lagunya Kla-Project ini kedalam playlist kamu. Nggak lengkap rasanya kalau mau pulang ke Jogja tanpa mendengarkan lagu ini. Dijamin, perjalanan mudikmu ke kota berhati nyaman itu akan semakin syahdu.

3. Aku ingin pulang-Ebiet G Ade

“Dengarkan jeritan dalam jiwa

Aku ingin pulang”

Di tengah kebosananmu menunggu antrian panjang kendaraan, lagunya Ebiet G Ade sepertinya pas untuk didengarkan. Suara merdu Ebiet akan menenteramkan sekaligus mendinginkan suasana hatimu yang panas karena emosi dengan kemacetan yang ada.

4. Rumah Kita-God Bless

“Lebih baik di sini, rumah kita sendiri

Segala nikmat dan anugerah yang kuasa

Semuanya ada di sini”

Ketika mendengar lagu ini di perantauan, di pikiran kita akan langsung terbayangkan kampung halaman. Tempat di mana semuanya serba sederhana, tidak berlebihan, namun penuh kebersamaan. Yah, semuanya ada di “rumah” kita sendiri.

5. Pulang-Float

“Dan lalu sekitarku tak ungkin lagi kini

Bicara tentang rasa, bawa aku pulang”

Tidak afdol rasanya kalau membicarakan “pulang” tanpa membahas lagunya Float yang satu ini. Alunan musik serta liriknya dijamin akan membuat kamu meresapi kejenuhan dikota dan ingin pulang.

6. Perjalanan ini-Padi

Perjalanan ini.. via http://img.uodoo.com

”Kualunkan rinduku selepas aku kembali pulang

Takkan kulepaskan dekapku”

Kalau salah satu tujuan mudikmu adalah untuk bertemu dengan kekasih pujaan hati, maka lagu perjalanan ini-nya Padi tersebut akan cocok kamu dengarkan. Kalau sudah mendengarkan lagu ini, semangatmu untuk pulang yang sebelumnya kendor karena kemacetan pasti akan kembali lagi.

Itulah beberapa lagu yang cocok untuk kamu dengarkan selama perjalanan mudikmu. Meskipun sambil mendengarkan musik, tetep fokus sama kondisi sekitar yaa. Apalagi kalau kamu mengendarai mobil ataupun motor, jangan sampai gara-gara konsentrasi dengan lagu yang diputar membuat perhatianmu ke jalan menjadi berkurang. Dan terakhir, selamat mudik yaa…